12 November Adalah Father's Day atau Hari Ayah Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

12 November Adalah Father's Day atau Hari Ayah Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Foto

12 November Adalah Father's Day atau Hari Ayah Sedunia (Foto Berbagai Sumber)


12 November adalah tanggal dimana masyarakat merayakan Father's Day atau Hari Ayah Sedunia, berikut fakta sejarah dan ulasannya gaes.

Father's Day atau Hari Ayah sendiri dirayakan setiap tanggal 12 November dan tak masuk dalam hari libur nasional.

Peringatan Hari Ayah ini sebenarnya bertujuan untuk menghormati dan menghargai seluruh ikatan ayah yang berpengaruh bagi masyarakat.

Meski diperingati oleh lebih dari 111 negara namun ternyata perayaannya berbeda-beda di setiap negara.

BACA JUGA: 11 November 2021 Adalah Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day, Berikut Fakta Sejarahnya

Nah, daripada penasan mending simak yuk fakta sejarah dan ulasan Father's Day atau Hari Ayah yang sudah dihimpun Tim KUYOU.id berikut ini.

Fakta sejarah Father's Day atau Hari Ayah

Father's Day atau Hari Ayah pertama kali dirayakan di Indonesia pada 12 November 2006 lalu di Balai Kota Solo dengan dihadiri ratusan orang dari berbagai kelompok.

Sementara itu, di Amerika dan 75 negara lainnya seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong Father's Day dirayakan sejak abad ke-12 setiap Hari Minggu di bulan Juni pekan ketiga.

Dalam perayaan hari ayah biasanya anggota keluarga memberikan hadiah pada ayah yang sudah menjadi pelindung dan tulang punggung kelurga.

Hari Ayah di Indonesia

Hari Ayah di Indonesia lahir dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) yang berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga melakukan audiensi ke DPRD kota Surakarta.

Mereka menanyakan kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan hari Ayah, bolehkah seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah.

Namun karena tak mendapt jawaban yang memuaskan, mereka pun mendeklarasikan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah Indonesia dengan semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.

BACA JUGA: 10 November 2021 Adalah Hari Pahlawan, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan Lengkapnya

Nah, itulah fakta sejarah dan ulasan soal Father's Day atau Hari Ayah yang dirayakan pada 12 November di Indonesia gaes.




Fathers DayHari AyahHari Ayah Nasionalsejarah Hari Ayahfakta Hari Ayahulasan Hari AyahHari Ayah 12 NovemberFathers Day 12 November12 November

Share to: