10 November 2021 Adalah Hari Pahlawan, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan Lengkapnya

10 November 2021 Adalah Hari Pahlawan, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan Lengkapnya

Foto

Ilustrasi Hari Pahlawan (Foto: Freepik)


Yuk simak fakta sejarah dan juga ulasan tentang Hari Pahlawan yang jatuh di tanggal 10 November 2021 ini.

Di Indonesia, setiap tahunnya di tanggal 10 November, akan diperingati Hari Pahlawan. Diperingatinya Hari Pahlawan ini, untuk mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan Indonesia untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ada peristiwa bersejarah yang akhirnya menjadi cikal bakal diperingatinya Hari Pahlawan ini di tanggal 10 November. Peristiwa bersejarah tersebut pun menggambarkan bagaimana rakyat Indonesia yang ingin merdeka dan bebas dari penjajahan.

Baca Juga: 31 Oktober 2021 Adalah Peringatan Halloween, Berikut Fakta Sejarah Trick Or Treat

Nah, buat kamu yang penasaran dengan peristiwa bersejarah itu, yuk simak fakta sejarah dan juga ulasan tentang Hari Pahlawan yang jatuh di tanggal 10 November 2021 ini.

Fakta Sejarah Hari Pahlawan

Peristiwa bersejarah yang menjadi cikal bakal diperingatinya Hari Pahlawan adalah Pertempuran Surabaya yang puncaknya terjadi pada 10 November 1945. Saat itu, terdapat pertempuran besar antara pemuda-pemuda Surabaya yang ingin mempertahankan kemerdekaan dengan tentara Belanda yang ingin kembali merebut Indonesia, khususnya Surabaya.

Peristiwa itu bermula ketika kedatangan tentara sekutu ke Surabaya pada Oktober 1945 yang dipimpin Jenderal Mallaby. Mereka melakukan aksi seremonial dengan berjalan ke berbagai sudut kota untuk melihat situasi.

Pada 30 Oktober 1945, Jenderal Mallaby meninggal akibat mobil yang ditumpanginya hangus terbakar. Belum ada penyebab pasti mengapa perwira kerajaan Inggris itu meninggal dunia.

Meninggalnya Jenderal Mallaby itu pun memicu kemarahan dari tentara Sekutu. Pada 9 November 1945, tentara Sekutu mengeluarkan peringatan kepada warga Surabaya melalui selebaran kertas.

Peringatan tersebut berisi tuntutan agar warga Surabaya menyerahkan semua senjata kepada tentara Sekutu sebelum pukul 06.00 pagi hari berikutnya, 10 November 1945.

Namun, berkat pidato dari Bung Tomo yang sangat berapi-api, warga Surabaya pun menolak tuntutan itu. Dan menghendaki pertempuran tersebut. Pertempuran itu berlangsung lebih dari tiga minggu itu membuat ribuan orang meninggal dunia.

Momen bersejarah yang akan selalu diingat dari pertempuran di Surabaya ini adalah perobekan bendera Belanda (merah-putih-biru) menjadi bendera Indonesia (merah-putih), dipuncak hotel Yamato.

Untuk mengenang perjuangan dan jasa warga Surabaya yang berjuang habis-habisan untuk memaksa mundur tentara Sekutu. Serta perjuangan rakyat Indonesia lainnya untuk mempertahankan kemerdekaan, Pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, menetepkan tanggal 10 November akan selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan Indonesia.

Baca Juga: 30 Oktober 2021 Adalah National Text Your Ex Day, Berikut Fakta Sejarah dan Cara Merayakan

Itulah fakta sejarah dan juga ulasan tentang Hari Pahlawan yang jatuh di tanggal 10 November 2021.




10 November10 November 194510 November 2021Hari PahlawanSejarah Hari PahlawanUlasan Hari PahlawanFakta Hari PahlawanPertempuran SurabayaSejarah Pertempuran Surabaya

Share to: