Pelatihan Kreatif Membangun Mindset Jiwa Entrepreneur dan Penguatan Produksi

Pelatihan Kreatif Membangun Mindset Jiwa Entrepreneur dan Penguatan Produksi

Pelatihan Kreatif Membangun Mindset Jiwa Entrepreneur dan Penguatan Produksi

Pelatihan Periklanan Kreatif (PART) (Foto Instagram: @)


Sebanyak 34 pelaku ekonomi kreatif mengikuti pelatihan periklanan kreatif (PART) gaes. Dalam pelatihan itu, para pelaku ekonomi kreatif mempelajari cara beriklan untuk menarik masyarakat.

Acara tersebut diselenggarakan selama 3 hari oleh Direktorat Industri Kreatif Film Televisi dan Animasi Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif di Hotel Paragon Solo. 

Dalam penutupan acara tersebut, hadir sejumlah pembicara untuk menambah pengetahuan para pelaku ekonomi kreatif. Pembicara yang hadir diantaranya Janoe Arijanto, Presiden Direktur Dentsu One sekaligus Ketua Umum P3I.

Pada kesempatan itu, Janoe memberikan materi tentang product and brand creation. Ada pula Herry Margono yang menjabat sebagai Direktur Utama Kharisma Advertising sekaligus Sekjen P3I. Herry memberikan materi tentang Teknik Penjualan Efektif mengunakan metode hypno selling.

BACA JUGA: Perusahaan Dalam Genggaman Milenial

Selain itu ada juga ada Wahyu Aji dari GNFI yang membicarakan materi tentang Digital Advertising. Kemudian ada pula Rustono Farady Marta yang memberikan materi tengang Era Digital Indonesia. Serta Joko Purwono yang memberikan pandangan umum tentang UMKM di Solo. 

Sementara itu salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut Budi Lestari Sulistyo (41), mengungkapkan kalau dirinya sangat mengapresiasi acara itu karena materi yang diberikan sangat aplikatif dan berbobot.

"Saya dan teman-teman juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif yang telah memfasilitasi pelatihan ini. Materinya berbobot dan aplikatif, pembicaranya kompeten dan berkualitas," katanya saat penutupan acara di Hotel Paragon Solo, Senin 3 Mei 2021.

Budi merupakan pedagang ayam ingkung dengan branding "Ayam Mak'e". Dia menjadi salah satu peserta dari 43 pelaku ekonomi kreatif yang mendapatkan pelatihan tersebut. 

Sementara itu Syaifullah,S.E.,M.Ec.,Ph.D, Direktur Industri Kreatif Film Televisi dan Animasi Kementerian Pariwisata kepada wartawan mengatakan pelatihan tersebut berguna untuk membangun mindset, menguatkan jiwa entrepreneur, dan penguatan produksi.

"Yang terpenting dari pelatihan ini tidak hanya melatih para peserta para pelaku usaha bisa beriklan, promosi dan berjualan, tapi bagaimana membangun mindset, menguatkan jiwa entrepreneur, dan penguatan produksi," kata Syaifullah.

Untuk itu, pihaknya menghadirkan pembicara profesional dan mampu membangun semangat serta mentalitas para peserta. Syaifullah juga mengingatkan para pelaku usaha yang ikut dalam pelatihan tersbeut untuk meyakini bahwa bisnis yang ditekuni itu adalah yang cocok dan terbaik untuk mereka sendiri gaes. 

Selain itu yang terpenting menurut Syaifullah dalam berbisnis tidak boleh hanya ikut-ikutan atau merambah bisnis orang lain yang sudah sukses, sebab menurutnya mengikuti bisnis orang lain yang sukses itu belum tentu ikut sukses.

Syaifullah juga mengingatkan terkait strategi pemasaran dan penjualan yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu karena perilaku masyarakat.

BACA JUGA: Survei: Kinerja Menteri BUMN Erick Thohir Disukai Milenial dan Gen Z, Ini Faktanya

"Perilaku konsumen juga selalu berubah-ubah. Karena itu, strategi masa silam tak bisa dipertahankan dan terus dipakai. Strategi sekarang juga belum tentu cocok untuk masa yang akan datang," katanya.




pelatihan periklanan kreatif (PART)ekonomi kreatifKementerian Pariwisata Ekonomi KreatifDirektorat Industri Kreatif Film Televisi dan AnimasiPelatihan KreatifEntrepreneur

Share to: