Heboh Presiden Jokowi Promosi Bipang Ambawang Jadi Kuliner Lebaran, Dihujat Netizen Gaes

Heboh Presiden Jokowi Promosi Bipang Ambawang Jadi Kuliner Lebaran, Dihujat Netizen Gaes

Heboh Presiden Jokowi Promosi Bipang Ambawang Jadi Kuliner Lebaran, Dihujat Netizen Gaes

Presiden Jokowi Promosikan Bipang Ambawang sebagai Kuliner Lebaran (Foto: berbagai sumber)


Potongan pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) bikin heboh sosial media setelah mempromosikan kuliner Lebaran dari Kalimantan Barat yakni Bipang Ambawang gaes!

Diketahui bahwa video tersebut merupakan potongan pidato yang diunggah ke YouTube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021 kemarin.

Dalam video yang bertajuk '05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia' tersebut, Presiden Jokowi dan beberapa menteri menyampaikan pidato untuk mempromosikan produk-produk lokal. Di awal pidatonya, Jokowi mengingatkan pelarangan mudik Lebaran yang tengah diberlakukan saat ini.

Baca Juga: Apa Itu Badai Sitokin, Gejala dan Cara Mencegah dari Pasien Corona yang Bisa Sebabkan Kematian

Oleh karena itu, dia  menghimbau warga untuk membeli kuliner khas daerah secara daring. Salah satu kulianer yang dipromosikannya adalah Bipang Ambawang.

"Untuk Bapak, Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh. Tidak perlu ragu untuk memesannya secara online," ujar Jokowi.

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan," lanjutnya.

Apa itu Bipang Ambawang?

Dilansir dari penelusuran KUYOU.id, bipang merupakan singkatan dari babi panggang, makanan khas Kalimantan. Meski begitu, ada juga makanan bernama bipang atau jipang yang merupakan camilan yang terbuat dari beras.

Sayangnya, dalam narasi pidato Presiden Jokowi, bipang ini dinarasikan kepada babi panggang karena menyebutnya sebagai Bipang Ambawang, yang tentu saja haram bagi umat muslim.

Baca Juga: Tahilalats Komikus Indonesia Kolaborasi Bareng Coldplay Gaes

Sementara itu, akun Instagram @bipangambawang juga mengunggah cuplikan video Presiden Jokowi yang mempromosikan makanan khas Kalimantan tersebut.

"Sebuah kebanggaan kami dapat disebut oleh bapak Presiden @jokowi dalam pidato tadi malam di Kompas TV," tulis akun Instagram Bipang Ambawang.

Netizen Heboh hingga Bipang jadi Trending

Dengan konteks Lebaran yang merupakan hari raya besar bagi umat Muslim, narasi Presiden Jokowi yang mempromosikan babi panggang ini pun menjadi perbincangan di sosial media.

Setelah diunggah oleh akun Twitter @BossTemlen pada 7 Mei 2021 kemarin, kata Bipang gak ada habisnya menjadi perbincangan hingga menjadi trending di Twitter Indonesia.

Sementara itu, netizen heboh memperdebatkan bipang sebagai babi panggang atau bipang sebagai jalanan oleh-oleh yang terbuat dari beras.

Baca Juga: Fakta Suara Desahan Video Skandal BTR Branz, Diduga Rekaman Video Porno Gaes

Bertemakan tentang Lebaran di awal, narasi Bipang Ambawang yang mengacu kepada babi panggang pun tuai respon negatif dari netizen. Tak jarang juga yang menyalahkan pembuat teks pidato untuk presiden yang diketahui kerap melakukan kesalahan.

Fadjroel Rachman Sebut Bipang Adalah Kue Beras

Stelah heboh dan menjadi perbincangan netizen, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengunggah foto bipang snack kue beras melalui akun Instagram pribadinya.

Dia mengungkapkan bahwa bipang adalah salah satu makanan kesukaannya. 

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini hit sampai sekarang. Terimakasih," tulisnya pada 8 Mei 2021.




Joko WidodoJokowiBipang AmbawangApa itu BipangApa itu Bipang AmbawangBabi Panggang AmbawangBipang Kue BErasKuliner Khas LebaranVideo Pidato JokowiBipangJokowi Promosikan Bipang

Share to: