Mengenal Arti dan Makna dari Non-Biner, Gender Bukan Lelaki dan Perempuan Seperti Demi Lovato

Mengenal Arti dan Makna dari Non-Biner, Gender Bukan Lelaki dan Perempuan Seperti Demi Lovato

Foto

Apa itu Gender Non-Biner atau Non-binary (Foto: Instagram @ddlovato)


Siapa yang penasaran dengan arti dari istilah gener Non-Biner atau Non-binary? Kata ini banyak digunakan di sosial media dan para selebriti Hollywood, salah satunya adalah Demi Lovato.

Demi Lovato baru-baru ini mengubah pronouns atau kata gantinya menjadi she/her menjadi I. Pelantun "I Love Me" juga mengumumkan bahwa saat ini dia merupakan seorang non-binary atau non biner.

"Saya bangga memberi tahu Anda bahwa saya mengidentifikasi diri sebagai non-biner & secara resmi akan mengubah kata ganti saya menjadi they/them di masa mendatang."

Baca Juga: Arti Kata dan Makna dari Bounty, Digunakan Untuk Mencari Orang Bermasalah di Sosmed Gaes!

Nah, apa sebenarnya arti dari istilah ini? Pasalnya, di Indonesia sebenarnya hal ini sudah mulai diberlakukan oleh beberapa orang, namun belum marak terjadi.

Berikut ulasan arti, makna dan juga cotoh dari istilah gender Non Biner atau Non binary yang wajib kamu ketahui!

Apa itu gener Non-Biner atau Non-binary?

Non-Biner atau Non-binary adalah gender yang diidentifikasikan sebagai bukan lelaki atau juga perempuan. 

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang, termasuk trasgender, mengidentifikasi diri mereka sebagai pria atau wanita. Namun, beberapa orang tidak cocok dengan kategori "pria" atau "wanita" tersebut.

Hal ini mungkin masih agak aneh di telinga masyarakat Indonesia ya gaes. Padahal, mereka ada dan mungkin adalah orang-orang di sekitar kita.

Sayangnya, lingkungan yang belum terbuka dan kurangnya pengetahuan tentang hal ini membuat mereka yang 'kebingungan' sulit untuk membuka suara. Oleh karena itu, KUYOU.id berikan contoh dari kasus di luar negeri, dimana hal tentang Non-Biner atau Non-binary sudah lumrah.

Misalnya, beberapa orang memiliki jenis kelamin yang memadukan unsur-unsur menjadi laki-laki atau perempuan, atau jenis kelamin yang berbeda dari laki-laki atau perempuan. Mereka gak nyaman disebut sebagai perempuan atau juga lelaki.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Vice Versa, Anak Muda Wajib Tahu Nih!

Nah, mereka tidak akan mengidentifikasi diri mereka kepada jenis kelamin apa pun. Alasan lainnya adalah karena gender ini mungkin berubah seiring waktu.

Mengapa Bernama Non-Binary?

Beberapa orang, termasuk di Indonesia. cenderung hanya mengenal dua jenis kelamin yakni pria dan wanita.

Gagasan bahwa hanya ada dua jenis kelamin kadang-kadang disebut “jenis kelamin biner”, karena biner memiliki arti “memiliki dua bagian” (laki-laki dan perempuan).

Oleh karena itu, "non-biner" adalah satu istilah yang digunakan orang untuk menggambarkan jenis kelamin yang tidak termasuk dalam salah satu dari dua kategori ini, pria atau wanita.

Apa Pentingnya Mengetahui Biner dan Non Biner?

Di Indonesia, pembahasan tentang biner dan non biner ini kurang mencuri perhatian. Kenapa? Karena ini ada hubungannya dengan bahasa dan budaya yang berbeda.

Di luar negeri, khususnya mereka yang kesehariannya menggunakan bahasa Inggris, istilah biner dan non biner ini cukup penting. Karena ini berhubungan dengan pronouns atau kata ganti yang merajuk kepada gender tertentu.

Contohnya adalah ketika kita berbicara tentang perempuan menggunakan pronouns "she" atau "her" dan "he" atau "him" untuk lelaki. Nah, mereka yang bergender Non Biner ini enggan disebut "she" atau "he" melainkan "they" atau "them" seperti apa yang dilakukan Demi Lovato.

Penting gak sih? Jawabannya, ya, penting banget! Pasalnya mereka gak mau terjadi misgendering satu sama lain.

Inilah yang menjadi perbedaan mengapa di Indonesia istilah non-binary gak begitu populer. Alasannya adalah karena kita hanya menggunakan satu pronouns atau kata ganti, yakni "dia" baik untuk pria atau wanita.

Namun hal ini sudah mulai diedukasikan kepada banyak orang melalui sosial media. Di Twitter, banyak netizen Indonesia yang menyelipkan pronouns di bio, terutama mereka yang kerap berinteraksi dengan orang-orang dari luar negeri.

Non-Binary Bukan Hal Baru lho!

Banyak yang mengira istilah ini terjadi karena perkembangan teknologi, hal-hal kekinian, gaul dan lain sebagainya.

Faktanya, orang non-biner telah diakui selama ribuan tahun oleh budaya dan masyarakat di seluruh dunia. 

Fakta lainnya, Kebanyakan transgender bukanlah non-biner. Sebagian besar transgender memiliki identitas gender baik pria atau wanita, dan harus diperlakukan seperti pria atau wanita lainnya.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna No Cap Saat Membuat Jokes, Slang Bahasa Inggris Wajib Kamu Tahu Nih

Orang non-biner biasanya bukan interseks: mereka biasanya dilahirkan dengan tubuh yang mungkin sesuai dengan definisi umum pria dan wanita, tetapi identitas gender bawaan mereka adalah 'sesuatu' selain pria atau wanita.

Artis yang Mengakui Dirinya Non-Biner

Bukan hanya Demi Lovato yang baru-baru ini mengumumkan bahwa dirinya mengidentifikasi gender sebagai non biner, ternyata banyak lho artis lainnya yang sudah lebih dulu memberikan pengumuman ini.

Mereka adalah Elliot Page, Sam Smith, Janelle Monáe, Brigette Lundy-Pain, Asia Kate Dillon dan masih banyak lagi!

Nah, itu dia ulasan arti, makna dan juga contoh dari istilah gender Non-Biner atau Non-binary seperti yang diumumkan oleh Demi Lovato.




Non BinerApa itu Non BinerNon Biner AdalahArti Non BinerNon binaryApa itu Non binaryNon binary AdalahArti Non binaryDemi Lovatopronouns

Share to: