Arti Kata dan Makna Doxing, Kegiatan yang Dikaitkan Sayembara Rp 15 Juta Rachel Vennya

Arti Kata dan Makna Doxing, Kegiatan yang Dikaitkan Sayembara Rp 15 Juta Rachel Vennya

Foto
Apa itu Doxing? Foto: Instagram @rachelvennya)

Yuk simak arti kata dan makna doxing yang tengah viral karena sayembara seharga Rp 15 juta oleh Rachel Vennya berikut ini!

Baru-baru ini, sosial media tengah diramaikan dengan unggahan Rachel Vennya yang meminta netizen untuk mencari seseorang yang menghinanya melalui sosial media. Targetnya adalah seorang perempuan bernama Fathin yang menghina ibu 2 anak ini secara terus menerus.

Alhasil Rachel menggelar sayembara terbuka demi menemukan biodata lengkap Fathin. Nggak main-main, Rachel rela memberi hadiah Rp15 juta untuk sayembara tersebut. 

Baca Juga: Netizen Buru Biodata Hingga Hobi Fathin Demi 15 Juta dari Rachel Vennya Gaes

Hal ini pun membuat banyak orang berlomba-lomba mencari identitas Fathin hingga banyak email yang masuk demi uang Rp 15 juta tersebut.

Jadi perbincangan netizen di sosial media, banyak yang mengatakan bahwa hal ini terkait dengan kegiatan doxing yang sebenarnya gak boleh dilakukan.

Nah, penasaran dengan arti dan cara kerja doxing? Simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Doxing?

Istilah 'Doxing' adalah singkatan dari dropping dox. Sementara dox merupakan bahasa slang yang digunakan untuk menyebut dokumen.

Nah, doxing ini biasanya adalah tindakan jahat yang digunakan kepada orang-orang yang tidak disukai oleh hecker atau peretas.

Dalam kata lain, Doxing adalah tindakan mengungkapkan informasi identitas tentang seseorang secara online, seperti nama asli, alamat rumah, tempat kerja, telepon, keuangan, dan informasi pribadi lainnya. Informasi ini kemudian diserahkan kepada orang lain atau ke publik, tanpa seizin korban.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna dari Bounty, Digunakan Untuk Mencari Orang Bermasalah di Sosmed Gaes!

Dalam beberapa kasus, biasanya seseorang melakukan doxing atau disebut doxer terhadap target yang menggunakan nama anonim di dunia maya. Nah, seseorang akan mencari identitas pribadi sang target dan mengungkapkannya ke publik.

Apa Saja Data yang Diungkap Oleh Doxer?

Baru-baru ini, doxing telah menjadi alat dalam perang budaya, dengan hacker saingannya doxing mereka yang memiliki pandangan yang berlawanan dari sisi yang berlawanan.

Doxer bertujuan untuk meningkatkan konflik mereka dengan target dari online ke dunia nyata, dengan mengungkapkan informasi yang meliputi:

- Alamat rumah

- Detail tempat kerja

- Nomor telepon pribadi

- Nomor jaminan sosial

- Informasi rekening bank atau kartu kredit

- Korespondensi pribadi

- Sejarah kriminal

- Foto pribadi

- Detail pribadi yang memalukan

Untuk apa data-data tersebut? Nah, orang yang menwrima data dari doxer ini akan melakukan serangan mulai dari hal sepele hingga berbahaya.

Serangan Doxing sepele meliputi; pendaftaran email palsu atau pengiriman makanan online kepada korban tanpa dia membelinya. Sampai dengan hal berbahaya seperti melecehkan keluarga atau atasan seseorang, pencurian identitas, ancaman, atau bentuk penindasan secara online.

Untuk Apa Mereka Melakukan Doxing?

Motivasi di balik doxing berbeda-beda gaes. Orang-orang merasa bahwa mereka telah diserang atau dihina oleh target mereka dan sebagai akibatnya mereka dapat membalas dendam.

Mengungkapkan informasi pribadi secara online dengan sengaja biasanya dilakukan dengan maksud untuk menghukum, mengintimidasi, atau mempermalukan korban yang bersangkutan.

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Vice Versa, Anak Muda Wajib Tahu Nih!

Meskipun demikian, pelaku juga dapat melihat tindakan mereka sebagai cara untuk memperbaiki kesalahan yang dirasakan, membawa seseorang ke pengadilan di depan umum, atau mengungkapkan agenda yang sebelumnya tidak diungkapkan kepada publik.

Terlepas dari motivasinya, tujuan inti dari doxing adalah untuk melanggar privasi, dan dapat menempatkan orang dalam situasi yang tidak nyaman - terkadang dengan konsekuensi yang mengerikan.

Nah, itu dia arti kata dan makna doxing yang tengah viral karena sayembara seharga Rp 15 juta oleh Rachel Vennya.




Rachel VennyaDoxingApa itu DoxingArti Kata DoxingDoxing AdalahRachel Vennya DoxingSayembaraMakna Doxing

Share to: