Tips Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami, Gampang Banget Gaes

Tips Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami, Gampang Banget Gaes

Tips Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami, Gampang Banget Gaes

Cara menghentikan ketombe secara alami (Foto: Berbagai Sumber)


Beriku ini adalah tips cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami, yang pastinya gampang banget buat kamu coba di rumah gaes. 

Banyak yang bilang kalau ketombe disebabkan oleh kulit kering. Tapi, ternyata hal ini adalah mitos gaes. Pasalnya, ketombe bisa muncul di kulit yang terlalu berminyak, sehingga jamur yang hidup di kulit kepala mulai tumbuh dan memakan minyak dari kulit itu sendiri gaes. 

Buat kamu yang sedang mengalami masalah yang mengganggu ini, nggak perlu khawatir lagi membeli barang mahal untuk menyembuhkannya gaes. 

BACA JUGA: Cara Membuat Deodorant Alami di Rumah, Wajib Banget Dicoba Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa solusi untuk membantu menghentikan ketombe dengan bahan alami tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Penasaran kan? Yuk simak cara menghentikan ketombe dengan bahan alami berikut ini.

1. Menggunakan Pisang dan Cuka Apel

Cara menghentikan ketombe dengan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunakan pisang dan cuka apel. Caranya, kamu harus menyiapkan satu buah pisang dan dua cangkir cuka apel gaes.

Kupas pisangnya, tambahkan cuka sari apel dan aduk semuanya sampai merata. Kemudian oleskan campuran pisang dan cuka tersebut ke rambut kamu dan pijat dengan lembut, pastikan semua bagian diolesi merata ya gaes. Lalu diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan shampo sampai bersih. 

2. Menggunakan Yogurt Dicampur dengan Lemon

Yogurt bekerja efektif untuk semua jenis rambut dan membantu melawan ketombe kalau diaplikasikan sebagai masker rambut. Kamu bisa gunakan youghrt plain dan lemon untuk membuat campuran ini ya gaes.

Caranya gampang banget, cukup campurkan yogurt dan jus lemon, lalu oleskan ke rambut kamu sebagai masker selama 20 menit. Setelah itu, dibilas sampai bersih dengan air hangat untuk mendapatkan hasil yang maksimal gaes.

3. Menggunakan Bawang Putih dan Madu

Selain aroma dan baunya yang bisa bikin mata perih, bawang putih juga dikenal memiliki khasiat antijamur dan antiragi lho gaes.

Jadi, kita bisa pakai bawang putih untuk menghentikan ketombe secara alami. Caranya, pertama siapkan bawang putih, madu dan wadahnya sesuai keinginan kamu.

Lalu, campurkan beberapa siung bawang putih yang sudah dipotong kecil dengan satu sendok makan madu kemudian oleskan pada kulit kepala dengan merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air mengalir dan shampo sampai bersih.  

4. Daun Kemangi Dan Bubuk Amla

Pernahkah kamu mendengar buah amla atau gooseberry India, mungkin namanya terdengar asing, tapi di Indonesia buah ini dikenal dengan nama Malaka gaes.  Buah ini emang kurang populer nggak seperti buah yang sering kita jumpai seperti strawberry, blueberry, atau buah lainnya. Namun, nyatanya buah kecil berwarna hijau muda ini memiliki segudang manfaat lho, salah satunya menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe secara alami gaes. 

BACA JUGA: Wadaw, Ini Fakta Dibalik Viralnya Indomie Rp 1,3 Juta di AS, Bisa Jadi Peluang Mendadak

Selain itu, buah amla juga dianggap sebagai makanan super untuk rambut, amla telah digunakan dalam berbagai bentuk untuk menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. 

Cara menghentikan ketombe dengan buah alma dan daun kemangi, kamu perlu siapkan beberapa daun kemangi, 2 sendok teh bubuk amla, dan 2 sendok teh air. kemudian, campurkan semua bahan itu hingga merata sampai berbentuk pasta. Lalu, oleskan ke kulit kepala dan biarkan mengering selama 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air mengalir sampai benar-benar bersih ya gaes. 

5. Pakai Minyak Kelapa dengan Lemon

Sebelum kamu tahu caranya jangan lupa siapkan minyak kelapa dan lemonnya dulu ya gaes.

Untuk menghentikan ketombe menggunakan minyak kelapa dan lemon, caranya dengan memanaskan dua sendok makan minyak kelapa dan campurkan dengan perasan lemon yang sudah kamu siapkan. Lalu oleskan pada rambut dan berikan pijatan ringan agar meresap lebih cepat. Setelah kering, bilas rambut menggunakan air dan shampo sesuai selera kamu gaes.

6. Mustard Oil Dicampurkan Jojoba Oil

Buat kamu yang belum tahu, mustard oil alias minyak mustard merupakan minyak antimikroba dan antijamur yang terkenal gaes. Selain itu, ada juga minyak jojoba yang kaya akan mineral dan meningkatkan efek pelembab. Kedua bahan alami ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghentikan ketombe secara alami lho. 

Caranya, kamu perlu menyiapkan satu sendok makan minyak mustard dan  satu sendok makan minyak jojoba, lalu campurkan sampai merata. Kemudian, oleskan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Setelah itu, bilas dengan shampo sampai bersih. Konon katanya, setelah dua bahan alami itu dijadikan masker rambut, khasiatnya bagus benget untuk mengatasi ketombe lho gaes.

Tapi, karena minyak mustard dianggap sebagai bahan iritan yang kuat dan bisa menyebabkan iritasi bagi sebagian orang, makanya disarankan banget untuk kamu melakukan uji tempel sebelum mengaplikasikannya ke kulit kepala ya gaes.

7. Menggunakan Shampo yang Dicampurkan dengan Aspirin

Seperti yang diketahui, Aspirin mengandung Asam Salisilat yang juga digunakan dalam shampo anti ketombe. Aspirin diyakini sebagai salah satu bahan paling sukses dalam memerangi ketombe, karena kemampuannya bisa untuk mengelupas serpihan ketombe dan mencegah minyak berlebihan.

Menggunakan aspirin untuk menghilangkan ketombe, bisa dilakukan dengan cara hancurkan beberapa tablet aspirin menjadi bubuk halus dan campurkan dengan sebagian shampo yang biasa kamu gunakan. Lalu, oleskan ke rambut dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih ya gaes. 

Nah, itu dia cara menghentikan ketombe dengan bahan alami gaes. Semoga informasinya bermanfaat ya. Selamat mencoba~ (Olivia Victoria Simanjuntak)

BACA JUGA: Tips Dan Trik Skripsian Ala Dosen Ira Mirawati Viral TikTok, Wajib Banget Dicoba Gaes




Cara Menghentikan Ketombe AlamiTips Menghilangkan Ketombe Bahan AlamiBahan Alami Menghilangkan KetombeBahan AlamiTips dan Trik

Share to: