Tips Dan Trik Skripsian Ala Dosen Ira Mirawati Viral TikTok, Wajib Banget Dicoba Gaes

Tips Dan Trik Skripsian Ala Dosen Ira Mirawati Viral TikTok, Wajib Banget Dicoba Gaes

Tips Dan Trik Skripsian Ala Dosen Ira Mirawati Viral TikTok, Wajib Banget Dicoba Gaes

Kolase foto dosen Ira Mirawati saat memberikan tips dan trik skripsian (Tiktok: @buiramira)


Berikut ini adalah tips dan trik cara membuat skripsian ala dosen bu Iramira viral TikTok, yang pastinya wajib banget buat kamu coba nih gaes.

Ira Mirawati atau yang akrab dipanggil Iramira merupakan dosen viral yang kerap membagaikan informasi tentang perkuliahan di TikTok miliknya yang bernama @buiramira, termasuk tips cara menyelesaikan skripsi saat kuliah gaes.

BACA JUGA: 8 Tips dan Trik Darurat Ilmu Pertahanan Diri, Meski Konyol Tapi Berfaedah Gaes

Kini akun TikTok miliknya dosen Ira Mirawati sudah punya 395 ribu followers, dan bahkan untuk semua videonya sudah dilikes 5,1 juta orang lho di TikTok. Gak salah dong bu dosen yang satu ini kita sebut sebagai TikTokers viral.

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips dan trick skripsian ala dosen Dosen Ira Mirawati, yang pastinya wajib banget kamu coba gaes. Penasarankan seperti apa? Yuk langsung aja simak ulasannya berikut ini.

Takut Skripsian

Siapa nih yang bentar lagi masuk masa membuat skripsi? Apa sih yang kamu takutkan dalam membuat skripsi gaes? Dosen Ira Mirawati dalam videonya ini mengatakan, utamanya kita harus mengubah pola pikir kita yang menganggap bahwa skripsi adalah hal yang paling sulit untuk dilalui. Selain itu, pikirkanlah skripsi itu menyenangkan dan mudah diselesaikan. 

Dengan mencoba tips ini, kamu pastinya akan bisa mempersiapkan diri untuk skripsian saat kuliah, sehingga kamu tidak perlu takut lagi gaes. Tujuannya agar kamu bisa menyelesaikannya dengan baik ya! 

Tentukan Objek Penelitian

Tips kedua adalah yang paling utama saat kamu memulai skripsi pastinya harus menetukan dulu objek penelitan yang akan kamu jadikan dasar untuk penelitian. 

Disini ada beberapa hal yang bisa membantu kamu saat memilih objek penelitian menurut dosen Ira Mirawati.  Salah satunya, kita bisa mencari objek penelitian saat KKN atau magang gaes. Selain itu, permasalahan yang kamu hadapi saat KKN atau magang bisa benget lho, jadi objek yang baik untuk penelitian kamu. 

Jenis Penelitian 

Gak kalah penting nih gaes, kamu juga harus memlih dulu jenis penelitian yang akan lakukan. Tips dan trick memilih jenis penelitian ala dosen Ira Mirawati yang wajib kamu coba adalah harus melihat kembali tujuan penelitian kamu gaes. 

Baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif pasti punya tantangannya masing-masing gaes. Untuk mudah dan sulitnya pasti berbeda-beda. Kalau kamu suka menghitung pasti akan merasa kuantitatif lebih mudah, tapi sebaliknya kalau kamu tidak suka menghitung pasti kualitatiflah yang menurut kamu lebih mudah.

Peranan Dosen Pembimbing 

 

Gak cuma itu aja gaes, peranan dosen pembimbing juga penting lho. Saat skripsian nanti kamu akan dibimbing oleh dua orang dosen gaes. Kedua dosen kamu sendiri akan punya tugas berbeda dalam cara membimbing. Dosen pembimbing satu (utama) tugasnya membimbing kamu dalam hal-hal yang substansial seperti judul, metode dan hasil penelitianmu.

BACA JUGA: Tips Dan Trik Cara Belanja Cermat Mendapatkan Produk Berkualitas, Anti Boros Gaes!

Sedangkan dosen pembimbing dua (pendamping) bertugas mengarahkan kamu untuk penyelesaian skripsimu secara teknis seperti pola penulisan skripsi gaes. 

Sumber yang Dilarang 

Penting juga buat kamu mengetahui sumber apa saja yang boleh dan dilarang untuk digunakan dalam menulis skripsi, karena kalau kamu sampai salah mengambil sumber bisa jadi kamu dianggap sebagai plagiat gaes. 

Adapun, sumber website yang dilarang contonya seperti wikipedia, blogspot, dan wordpress, kamu harus mencari sumber asli yang dikutip website itu ya.

Menjaga Mood Saat Skripsi 

Menjaga mood dan emosi kamu sebaik mungkin saat mulai mengerjakan skripsi juga penting lho gaes. Hal ini dilakukan agar skripsi yang kamu kerjakan terselesaikan dengan baik.

Caranya mudah banget nih, misalnya dengan merapihkan ruang kerja atau kamar kamu agar bersih sehingga gak bikin suntuk saat berpikir gaes. 

Jangan Bingung Membuat Abstrak

Abstak merupakan bagian penting pada skripsi, karena berisikan rangkuman dari skripsi yang kamu bahas. Cara membuat abstrak juga kamu nggak usah bingung gaes. Abtrak skripsimu cukup berisi sepenggal dari bagian-bagian yang ada di skripsimu sendiri. 

Sepertihalnya latar belakang, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan dari penelitian yang kamu lakukan gaes. 

Perhatikan Isi Kata Pengantar

Ketika kamu sedang mengerjakan skripsi, hal yang dianggap paling mudah untuk dikerjakan adalah membuat kata pengantar.

Kata pengantar ini terlihat simple tapi sebenarnya ada peraturan penulisannya juga lho. Karena yang pertama kamu tulis haruslah dimulai dari yang paling formal dulu gaes. Makanya jangan harus lebih hati-hati dan jangan sampai salah ya! 

Nah, itu dia beberapa tips dan trick skripsian ala dosen Ira Mirawati yang Viral TikTok gaes. Selamat mencoba ya~ (Olivia Victoria Simanjuntak)

BACA JUGA: Tips Dan Trick Menghemat Uang Anti Ribet, Cocok Buat Millenial dan Gen Z Nih!




Tips SkripsianSkripsian Ala Dosen Ira MirawatiTips Skripsian MudahTips Membuat SkripsiTips Membuat Skipsi Anak KuliahTips dan TrikCara Membuat Skripsi Anak KuliahanTips Membuat Skipsi Viral TikTok

Share to: