Tips Dan Trick Menghemat Uang Anti Ribet, Cocok Buat Millenial dan Gen Z Nih!

Tips Dan Trick Menghemat Uang Anti Ribet, Cocok Buat Millenial dan Gen Z Nih!

Tips Dan Trick Menghemat Uang Anti Ribet, Cocok Buat Millenial dan Gen Z Nih!

Kolase Foto Uang Koin, Ilustrasi Menabung Untuk Milenial (Foto: Pixabay)


 Upah tetap dan kenaikan biaya hidup terutama fasilitas kesehatan sekarang ini, telah membuat menabung dan menyimpan uang menjadi lebih sulit daripada sebelumnya bagi banyak orang. Menabung bisa tampak seperti mimpi bagi para kaum Milenials.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peluang agar berhasil menabung

Yuk intip tips dan trick menghemat uang super sederhana, anti ribet yang sudah KUYOU.id rangkum buat kamu!

1. Siapkan Anggaran Keuangan

Penganggaran bisa sangat membantu lho Milenials, dengan memprioritaskan pengeluaran kamu akan menemukan keseimbangan antara pengeluaran dan tabungan.

Kamu juga bisa memeriksa laporan kartu kredit, tagihan, dan tanda terima bank. Untuk menghitung semua pengeluaran rutin yang kamu habiskan setiap bualnya. 

Nah, dari situ kamu bisa berhemat dengan hanya mengeluarkan uang sesuai kebutuhan tanpa berlebihan pastinya gaess.

BACA JUGA: Tips Dan Trik Cara Belanja Cermat Mendapatkan Produk Berkualitas, Anti Boros Gaes!

2. Lacak Pengeluaran

Gaes sadar gak sih terkadang yang bikin uang kita cepat habis bukanlah pengeluaran besar yang kita bayar tapi pengeluaran-pengeluaran kecil yang kita gunakan untuk membeli barang yang tidak diperlukan lhooo. Itulah mengapa penting untuk melacak pengeluaran kamu sehari-hari, sehingga kamu nggak hidup di luar kemampuan.

Kemudian kamu juga bisa membandingkannya dengan anggaran yang sudah kamu buat gaes, untuk melihat apakah kamu mematuhinya atau nggak.

3. Lunasi kartu kredit kamu gaes

Membayar kartu kredit secara penuh dan tepat waktu adalah cara terbaik untuk menghindari biaya bunga dan biaya keterlambatan pembayaran bagi kamu para Milenials.

Salah satu cara kreatif yang bisa kamu pakai untuk menghemat uang adalah dengan lebih jarang menggunakan kartu kredit.

4. Buka Rekening Khusus Untuk Tabungan 

Rekening khusus tabungan  adalah suatu tempat di mana kamu bisa menympan sebagian penghasilan dengan jumlah yang tersisa setelah membayar kebutuhan pribadi dan pajak – dan biaya tak terduga mu gaes. 

Kamu bisa menangkal godaan untuk membelanjakan uang pilihan ini dengan mengatur transfer otomatis dan terjadwal dari rekening utama (rekening transaksi) ke rekening tabungan mu, jadi gaada alasan lupa menabung lagi tuh Milenials.

Nah, kamu sepertinya sangat disarankan mencoba cara ini agar penghasialmu tidak habis sia-sia membeli barang yang gak kamu butuhkan.

5. Kendalikan Hasratmu Berbelanja

Jika kamu melihat sesuatu yang hanya kamu inginkan, cobalah  tunggu setidaknya sehari sebelum kamu membelinya. Apabila kamu masih memikirkannya berarti kamu memang perlu untuk membelinya, begitu pula sebaliknya ya gaes!

Sejauh mana kita menyerah pada godaan biasanya bermuara pada kemauan kita. Pengendalian diri adalah yang paling penting dalam car aini. Milenials, usahakan untuk berpikir ulang ya saat kamu membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan itu.

6. Rencanakan Juga Untuk Makanan 

Gaes, sadar gak sih kamu menghabiskan berapa banyak uang untuk makanan hanya karena sekedar menginginkannya bukan karena kamu membutuhkannya.

Tanpa sadar kamu sering kali menghamburkan uangmu untuk makan ditempat-tempat mahal, yang sebenarnya kamu bisa saja makan di tempat yang lebih sesuai dengan keuanganmu gaes. Nah, perencanaan makan adalah salah satu cara termudah untuk menghemat uang mu lho! 

7. Jangan Gila Promo

 

Gaes, siapa sih yang gak suka denger promo? Nah buat kamu yang sangat mencintai promo harus mulai berhati-hati nih gaes. Karena saat membeli barang promo sering kali yang kamu beli bukanlah barang yang kamu butuhkan, kamu hanya membelinya agar nggak melewatkan promo yang di sediakan oleh penjual. Boleh membeli barang promo, tapi pastikan barang itu akan berguna untuk kamu ya gaes!

8. Jangan Membeli Hanya Karena Mengenal Penjualnya

Nggak jauh berbeda dengan membeli hanya karena promo, membeli hanya karena mengenal penjualnya juga dapat merugikan diri kamu sendiri lho gaes. Seseorang yang berulang kali membeli produk atau layanan - berhati-hatilah. Para vendor bisa saja memanfaatkan kesetiaan kamu atau, lebih buruk lagi, meremehkan kamu dengan mengenakan harga yang nggak kompetitif. Jangan biarkan hubungan emosional kamu dengan vendor menghalangi, mulailah mencari kesepakatan yang lebih baik di tempat lain.

9. Rapihkan Tagihan Yang Ada 

Hal ini memungkinkan kamu menghemat uang dari waktu ke waktu untuk membayar tagihan tertentu.  Kamu bisa menjumlahkan total biaya tagihan besar dalam satu tahun. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui berapa banyak yang harus disisihkan untuk setiap pembayaran di awal.

BACA JUGA: 8 Tips Kelola Uang Pasca Nikah dari Ahli, Karena Makan Cinta Gak Kenyang Gaes

Nah gaes, sekarang kamu bisa memulai menjalankan tips dan trick menghemat uang super sederhana, anti ribet ini untuk membantu mu menabung. 




tips hemat uangmenghemat uang anti ribethemat uang ala kuyouhemat uang untuk milenialmilenialTips dan Trickcara hemat uanghemat uang ala milenial

Share to: