8 Tips Kelola Uang Pasca Nikah dari Ahli, Karena Makan Cinta Gak Kenyang Gaes

8 Tips Kelola Uang Pasca Nikah dari Ahli, Karena Makan Cinta Gak Kenyang Gaes

8 Tips Kelola Uang Pasca Nikah dari Ahli, Karena Makan Cinta Gak Kenyang Gaes

Tips kelola uang setelah menikah (Foto: Istimewa)


Berikut adalah tips mengelola uang pasca menikah menurut ahlinya, yang bisa dijadikan sumber pengetahuan buat kamu dan pasangan nih gaes.

Menikah merupakan sebuah perjalan satu arah yang dilalui orang dua insan, kalau sudah mulai dijalani, nggak bakalan ada jalan buat kembali untuk memutar arah gaes. 

Maka dari itu, merencanakan dengan matang soal persiapan rumah tanggga di awal pernikahan adalah hal yang sangat penting gaes, supaya kamu dan pasangan nggak sampai pusing dan ribut karena masalah finansial. Pasalnya, makan cinta aja nggak bakalan bisa kenyang kan gaes. 

BACA JUGA: 10 Pekerjaan yang Biasa Aja Tapi Gajinya Ternyata Besar, Cek Disini Gaes

Nah, menerapkan strategi jitu untuk mengelola keuangan merupakan salah satu kunci penting keharmonisan hubungan pernikahan lho. Diawal dan tahun pertama pernikahan memang susah-susah gampang untuk mengatur keuangan gaes.

Biar kamu nggak salah langkah, tim KUYOU.id kali ini akan memberikan 8 tips mengelola uang pasca menikah berdasarkan ahlinya. Yuk langsung aja simak ulasannya berikut ini.  

1. Menurut Therese Nicklas seorang certified financial planner asal Amerika Serikat pernah mengatakan, pondasi penting dalam pernikahaan adalah terbuka dan kejujuran soal masalah keuangan. 

Di tips pertama dari Therese Nicklas adalah langkah awal sebelum melangkah jauh ke pernikahaan, yaitu harus saling terbuka dalam segala macam masalah keuangan kamu dan pasangan. Gak mudah sih, tapi mau nggak mau harus tetap dilakukan gaes. Hal ini dilakukan sebelum pernikahan, agar meminimalisir kesalahpahaman di masa depan. Jadi jangan ragu ya untuk jujur soal gol keuangan kamu dan pasangan.

2. Kumpulkan aset milik berdua yang kalian miliki, lalu kalkulasikan nilainya dan lihat berapa nominalnya dengan seksama. 

Kumpulkan segala aset yang kamu miliki bersama pasanganmu, dari mulai tabungan bank, deposito, hingga tanah sampai cicilan gaes. Kemudian kalkulasikan nilainya dan lihat berapa nominal dari harta kekayaan kalian berdua. Dan jangan lupa pastikan berapa jumlah cicilan yang harus kalian lunasi bersama. Tapi ingat, setelah menikah harta sudah jadi milik bersama lho dan bukan lagi miliku dan milikmu ya!

3. Financial goal itu penting banget diterapkan, gunanya agar uang untuk masa depan bisa terkelola dengan baik dan nggak sampai terlalaikan

Buat kamu yang belum tahu, Therese Nicklas menganjurkan buat kalian untuk menetapkan 3 macam gol finansial. Contohnya, pertama membuat uang simpanan darurat untuk 2-5 bulan ke depan. Kedua, membuat simpanan jangka menengah sekitar 5 tahun untuk dana liburan bersama. Yang terakhir, menyisihkan dana simpanan jangka panjang, misalnya untuk persiapan anak sekolah di masa yang akan datang.

4. Di awal pernikahan, menentukan bujet segalanya itu sangat penting, agar keuangan kamu dan pasangan tidak boros.

Harus bisa menentukan bujet untuk segala hal, dari mulai belanja bulanan, anggaran untuk rekreasi hingga ongkos tranformasi. Memang sulit sih, dan butuh tekad yang kuat untuk hal ini gaes.

5. Kamu dan pasangn harus bisa memutuskan mau menerapkan sistem simpanan uang bersama, terpisah dan bersama atau benar-benar terpisah

Mulailah dari awal berdiskusi dengan pasangan soal simpanan keuangan berdua yang ingin dijalankan dengan sistem apa. Komunikasikan semuanya demi kebaikan bersama dan pastikan hasil akhir keputusan merupakan kesepakatan berdua, bukan sepihak ya gaes. Jadi, kalau diajak simpan terpisah jangan baper ya, dan jangan sampai boros kalau uangnya di simpan bersama.   

 

6. Selanjutnya, tentukan siapa yang harus membayar semua pengeluaran mingguan, bulanan ataupun tahunan. Untuk membahas hal ini, kamu dan pasangan harus bisa meluangkan waktu setiap 2 munggu ya.

Tips ini tujuannya berguna untuk mengontol keuangan dengan baik. Untuk membahas soal masalah keuangan dengan pasangan secara profesional harusnya sih nggak sulit ya, kalau kamu dan pasangan sudah berkomitmen dan dewasa untuk mengelola keuangan.

7. Selalu komunikasikan dengan pasangan, tentang jumlah uang yang dikeluarkan kalau mendadak keluarga atau teman meminjamnya. 

Di awal pernikahan, diskusikan bersama pasangan bagaimana bersikap saat orang terdekat kamu mendadak meminjam uang. Tips ini gunanya untuk menghindari kesalahpahaman di masa depan gaes.

8. Agar berhasil survive di awal pernikahan, jangan gengsi untuk belanja barang diskon ataupun memasak di rumah. Tips ini bisa juga mengurangi pengeluaran lho.

Tips yang terakhir, jangan gengsian untuk mencoba berbelanja barang maupun makanan diskon gaes. Karena jika kamu mengikuti langkah ini bisa mengurangi pengeluaran keuangan rumah tangga kamu lho. Apalagi kalau kamu memasak dan makan di rumah, dijamain pengeluaran kamu nggak akan boros deh.

BACA JUGA: 8 Daftar Mouse Gaming Terbaik Harga Murah, Anak Muda Wajib Punya Nih!

Nah, itu dia  8 tips mengelola keuangan pasca menikah dari dari ahlinya gaes.




8 Tips Kelola UangTips Kelola Uang Pasca NikahTips Kelola Uang dari AhliKelola Uang Pasca Nikah

Share to: