Cara Membuat Deodorant Alami di Rumah, Wajib Banget Dicoba Gaes!

Cara Membuat Deodorant Alami di Rumah, Wajib Banget Dicoba Gaes!

Foto
Kolase foto semprotan dan bunga, cara membuat deodorant dengan bahan alami (Foto: Berbagai Sumber)

Berikut ini adalah cara membuat deodorant alami saat di rumah, yang pastinya gampang banget buat kamu praktekkin gaes.

Selain menggunakan parfum, penggunaan deodorant setiap hari juga termasuk kebutuhan paling penting bagi sebagaian orang, apalagi untuk orang yang kerjanya di luar ruangan.

Gak semua deodorant cocok dipakai oleh wanita dan pria gaes, makanya ada sebagian orang yang lebih memilih untuk mencari cara alternatif yang lebih alami dan tentunya aman untuk merawat tubuh mereka. Gak jarang juga mereka mencoba membuat barang perawatan pribadi sendiri lho di rumah.

BACA JUGA: Cara Membuat Tabungan Viral Di TikTok, Dapat Rp 10 Juta dalam Setahun Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkun beberapa bahan untuk membuat deodorant alami di rumah, dan caranya bisa langsung kamu cobain gaes. Panasaran kan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Deodorant Eucalyptus (Kayu Putih)

Eucalyptus (kayu putih) di kenal memiliki aroma yang harum dan menghangatkan. ternyata selain digunakan sebagai bahan dasar minyak angin, eucalyptus (kayu putih) juga bisa digunakan sebagai bahan deodorant alami yang bisa dibuat di rumah lho gaes.

Caranya gampang banget, pertama kamu siapkan 25 tetes minyak esensial lemon, kemudian 25 tetes minyak esensial kayu putih dan botol semprotan. Lalu campurkan semua bahan dengan baik di dalam botol semprot yang sudah dicuci sebelumnya ya gaes.

Deodorant Clay

Cara kedua adalah membuat Deodorant Clay.  Baking soda bisa membantu menyerap racun dari kulit dan menyembuhkan infeksi, sedangkan minyak esensial calendula digunakan untuk pengobatan kulit dan peradangan gaes.

Cara membuat Deodorant Clay, kamu perlu mencapurkan baking soda dengan minyak kelapa lalu aduk hingga merata geas. Produk alami ini juga bisa tahan lama lho, karena kamu bisa menyimpannya hingga satu tahun kalau menyimpannya di tempat yang sejuk, gelap, dan kering. Penggunaannya cukup gunakan setiap kali kamu selesai mandi ya gaes!

Deodorant Jeruk 

Gak banyak yang tahu, jeruk dan garam ternyata bisa jadi bahan deodorant alami yang aman untuk kulit lho gaes. 

Cara membuatnya, kamu cukup siapkan soda kue, buah lemon, buah jeruk, garam laut dan air. Kemudian potong kulitnya menjadi potongan-potongan kecil dan rebus dalam satu liter air selama 5 menit gaes. 

Setelah selesai, saring airnya dan dinginkan. Kemudian, campurkan dengan semua bahan sampai membentuk pasta yang bisa kamu tuangkan ke dalam wadah. Lalu aplikasikan dengan jari ke ketiak kamu gaes. Gampang banget kan?

Deodorant Lidah Buaya 

Lidah buaya memiliki beragam khasiat yang menjadikannya salah satu pilihan alami terbaik untuk kulit tetap sehat, dan awet muda, dan bahkan memiliki khasiat penyembuhan, antivirus, dan antiseptik lho gaes. 

Cara bikin deodorant lidah buaya, kamu bisa campurkan jus lemon dengan baking soda di atas api,  kemudian tunggu hingga mendidih. Lalu tambahkan air mawar dan angkat dengan perlahan.

Setelah itu, biarkan sampai dingin dan tambahkan lidah buaya yang sudah disiapkan dan simpan campuran bahan di dalam toples kaca gaes. Gimana gampang banget kan gaes?

Deodorant Bunga Mawar

Cara selanjutnya adalah membuat Deodorant Bunga Mawar. Seperti yang kita tahu, air mawar banyak digunakan di dunia kosmetik karena mengandung vitamin C yang mencegah oksidasi. Adapun, biji rami mampu membantu dalam pengobatan jerawat dan mempertahankan hidrasi pada kulit.

BACA JUGA: Tips Dan Trik Cara Belanja Cermat Mendapatkan Produk Berkualitas, Anti Boros Gaes!

Untuk membuatnya kamu perlu merebus biji rami dalam air selama 2 menit. Lalu angkat dan biarkan sampai dingin. Kemudian saring larutan dan tambahkan soda kue dengan air mawar, lalu aduk hingga tercampur sempurna. Setelah itu, simpan dalam toples kaca pada suhu kamar. Deodorant bunga mawar ini bisa benget digunakan sebagai pengganti deodorant kemasan kamu lho gaes.

Deodorant Lavender Dan Cuka 

Lavender dikenal karena aromanya yang menyenangkan. tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Selain itu, cuka juga ternyata memiliki khasiat serupa lho, namun jika dioleskan langsung ke kulit bisa menyebabkan iritasi. Itulah mengapa air sangat penting dalam campuran kedua bahan ini untuk membuat deodorant gaes, karena akan mengencerkan bahan-bahannya.

Caranya, kamu perlu menyiapkan wadah yang sudah dibersihkan sebelumnya, kemudian campur air dengan cuka dan tetesan sari lavender. Cuci tangkai lavender dengan bersih dan tambahkan bunganya ke dalam campuran. Biarkan selama 10 jam sebelum digunakan.

Deodorant Jeruk Bali dan Tepung Jagung

Buat kamu yang belum tahu, ternyata tepung jagung bisa dipakai untuk perawatan tubuh lho gaes. Tepung jagung sendiri bisa menjadi bahan alami membuat deodorant untuk perawatan kulit ketiak agar tidak rusak akibat gesekan dari pakaian atau gerakan alami tubuh. 

Sedangkan esensial dari jeruk bali memberi energi yang menyegarkan. Selain aromanya yang enak, jeruk bali juga memiliki khasiat antibakteri lho gaes. 

Nah, itu dia gaes cara membuat deodorant dengan bahan alami saat di rumah. Dari semua cara di atas, mana nih yang mau kamu cobain lebih dulu gaes? (Olivia Victoria Simanjuntak)

BACA JUGA: Tutorial Cara Bikin Google Translate Nyanyi, Ulasan YouTuber Wiyana Sakti




Cara Membuat Deodorant AlamiTips Membuat Deodorant AlamiBahan Deodorant AlamiDeodorant AlamiDeodorant EucalyptusDeodorant Clay

Share to: