Heboh Video Matahari Terbit dari Utara di Sulawesi Selatan, Ini Penjelasan BMKG

Heboh Video Matahari Terbit dari Utara di Sulawesi Selatan, Ini Penjelasan BMKG

Foto

Rekaman video Matahari Terbit dari Utara (Foto: Twitter.com)


Belakangan ini netizen tengah dihebohkan dengan rekaman video viral yang disebut-sebut menunjukan matahari terbit dari Utara gaes!

Video tersebut ramai beredar di sosial media sejak Kamis, 17 Juni 2021 kemarin.

Fenomena ini memang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Bahkan hal ini menjadi perbincangan yang cukup serius hingga menyinggung tentang kiamat.

Baca Juga: Fantastis! Sisca Kohl Jual Es Boba Rp 300 Juta Gaes

Diketahui bahwa video ini awalnya diunggah oleh Madrasah Aliah Negeri Binamu yang diketahui mengambil lokasi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Rekam Matahari yang Disebut Terbit dari Utara

Dalam video berdurasi 3 menit 23 detik itu, seorang pria mengungkapkan bahwa pagi hari matahari terbit dari Utara dan bukan dari Timur. Terlihat juga sejumlah warga lainnya berkumpul untuk menyaksikan fenomena tersebut.

Untuk membuktikan rekamannya, dia menjalaskan tengah berdiri di posisi Selatan, menghadap ke Utara dimana matahari terbit.

Baca Juga: Fakta-fakta Perseteruan Jerinx SID dan BCL Terkait Covid-19

"Ini matahari ada di posisi Utara. Ini adalah fakta dan kenyataan. Ini ada Masjid disini, ini (Masjid) adalah posisi Timur. Dan matahari berada pada posisi Utara," ujar si perekam.

Tak hanya itu, dia jua menjelaskan bahwa fenomena aneh ini adalah salah satu tanda Kiamat.

"Sepertinya dengan situasi yang kita lihat pada hari ini adalah merupakan satu syarat bahwa suatu waktu nanti matahari ini akan terbit di sebelah Barat. Karena sekarang sudah berada di sebelah Utara," ungkapnya.

BMKG Angkat Bicara Soal Matahari Terbit dari Utara

Karena unggahan tersebut viral dan banyak dibagikan di sejumlah sosial media, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar pun memberikan tanggapan.

Meski begitu BMKG tidak menyangkal fenomena terbitnya Matahari dari Utara gaes!

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Agusmin H menjelaskan bahwa fenomena yang menghebohkan ini disebut sebagai Gerakan Matahari Semu atau GSM. 

Nah, GSM ini bisa terjadi karena miring sekitar 23 derajat. Jadi, kondisi ini merupakan hal yang normal dan lumrah terjadi karena merupakan tanda pergantian musim.

Waktu Terjadinya Fenomena Matahari Terbit dari Utara

Gerakan Matahari Semu atau GSM seharusnya bukan hal baru di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, hal ini masuk kedalam pembelajaran di masa sekolah.

Baca Juga: Gaji Pekerja Bangunan Sebulan Bisa Melebihi UMR Daerah Gaes, Masih Malu Punya Pacar Kuli?

Akun Twitter @DaryonoBMKG pun menjelaskan bahwa GSM ini biasa terjadi sekitar bulan Maret hingga Juni.

Oleh karena itu, dia meminta netizen untuk tidak mengaitkan fenomena ini dengan hari kiamat.

"Sedih, hal spt ini sampai viral, sampai-sampai nyinggung kiamat segala," tulisnya pada 18 Juni 2021 melalui Twitter.

Nah, itu dia sejumlah fakta dan penjelasan BMKG tentang hebohnya rekaman video yang disebut-sebut menunjukan matahari terbit dari Utara. Jangan sampai salah ya!




MatahariMatahari Terbit dari UtaraTerbit di UtaraVideo Matahari Terbit dari UataraRekaman VideoViralVideo ViralBMKGGerakan Matahari Semu

Share to: