Fakta dan Potret Hamli, Bocah Viral yang Dulu Bertanya ke Soeharto Kenapa Presiden Cuma Satu

Fakta dan Potret Hamli, Bocah Viral yang Dulu Bertanya ke Soeharto Kenapa Presiden Cuma Satu

Fakta dan Potret Hamli, Bocah Viral yang Dulu Bertanya ke Soeharto Kenapa Presiden Cuma Satu

Fakta dan Potret Hamli, Bocah Viral yang Dulu Bertanya ke Soeharto Kenapa Presiden Cuma Satu (Foto: Berbagai Sumber)


Sosok Hamli sempat viral pada tahun 1994 karena bertanya ke Soeharto kenapa Presiden Indonesia hanya ada satu. Banyak yang mengira bahwa Hamli telah 'diculik' karena melayangkan pertanyaan tersebut. 

Ternyata faktanya Hamli hinga kini masih hidup dan masih sehat gaes. Seperti apa ya potret terkininya?

Hamli saat itu terpilih menjadi salah satu siswa yang diberi kesempatan untuk bertanya kepada Seoharto. Momen tersebut terjadi saat Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 1994. 

Video Hamli bertanya pada Seoharto

Video Hamli saat bertanya kepada Soeharto pun tersebar luas pada tahun 2016 silam. Dalam video tersebut, Hamli nampak sama sekali tak gentar dan tak takut untuk bertanya soal presiden yang hanya satu. 

"Nama saya Hamli, dari Propinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai. Saya mau tanya, mengapa presiden di Indonesa cuma satu padahal Indonesia sangat luas?" tanya Hamli. 

Pertanyaan tersebut pun dijawab dengan lugas dan tegas oleh Soeharto yang saat itu masih menjabat sebagai orang nomor satu di Tanah Air. 

"Ya terang itu. Nanti kalau... presiden tiu hanya satu, untuk memimpin bangsa dan negara. Kalau sampai dua-tiga, itu nanti lantas tidak bisa berjalan dengan baik. Banyak pemimpin, banyak kapten, kemudian lantas ya negara menjadi rusak, gitu. Tapi terang bahwasanya presiden yang satu ini hanya melaksanaken yang jadi diputuskan oleh rakyat, melewati MPR, menentukan Garis Besar Haluan Negara," ungkap Soeharto. 

Banyak yang menilai, bahkan Soeharto sendiri mengira bahwa pertanyaan Hamli tersebut disuruh oleh pihak tertentu. Pasalnya, saat itu, Presiden Soeharto masih menjadi sosok yang otoriter dan ditakuti rakyatnya. 

"Kenapa kamu tanya begitu? Siapa yang suruh siapa?" tanya Soeharto. 

Pertanyaan Soeharto itupun terdengar sangat intimidatif. Banyak yang mengira sosok Hamli sudah tak ada karena pertanyaannya yang dinilai terlalu berani. 

Sosok Hamli Ngadani

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Hamli ternyata masih hidup dan sehat. Ia kini berusia 41 tahun dan sudah berkeluarga. 

Hamli sendiri sudah memiliki 3 anak yang kini mulai beranjak dewasa. Ia kini tinggal di Desa Tataba, Banggai Kepulauan. 

Untuk menghidupi keluarganya, Hamli bekerja sebagai juru servis elektronik. Hamli membuka kios di Salakan, Ibu Kota Banggai Kepulauan yang jaraknya kurang lebih 150 km dari rumahnya.

Sempat sekolah hingga SMA

Hamli sendiri merupakan sosok anak yang berprestasi saat kecil. Ia selalu berhasil menjadi juara kelas saat duduk di Sekolah Dasar, tepatnya di SD Muhammadiyah Luwuk. 

Hal itu pula lah yang membuatnya berhasil bertemu dengan Presiden Soekarno. Pasalnya, Hamli harus melewati beragam kejuaraan Cerdas Cermat. Dari mulai di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Propinsi, hingga tingkat nasional. 

Meski begitu, lantaran ekonomi yang tak mampu Hamli hanya menempuh pendidikan hingga jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Itu dia gaes fakta dan potret Hamli, sempat viral pada tahun 1994 karena bertanya ke Soeharto kenapa Presiden Indonesia hanya ada satu. 




HamliHamli NgadaniHamli Bertanya ke SoehartoSoehartoHamli SoehartoViral sosok HamliTanya kenapa presiden cuma satuHari Anak Nasional 1994

Share to: