3 Manfaat Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong, Pilih Mana Gaes?

3 Manfaat Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong, Pilih Mana Gaes?

Foto

Manfaat Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong (Foto: Berbagai Sumber)


Berikut manfaat Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong yang harus kamu nih gaes. 

Sebelumnya, Riset Bloomberg telah menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk mencapai kekebalan kelompok atau her immunity, yang didasarkan oleh fakta bahwa laju vaksinasi Indonesia saat itu hanya 60.000 vaksin per hari dan hanya mampu meningkat dua kali lipat saja gaes.

Rupanya, pemerintah telah menyadari hal ini dan tidak mau hanya bertindak diam saja. Untuk mempercepat laju vaksinasi, akhirnya Program Vaksin Mandiri dan Vaksin Gotong Royong dibuka gaes.

Program ini sudah diterbitkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi tentang Vaksin Mandiri dan Gotong Royong Melalui Permankes Nomor 10 Tahun 2021, yang tak lain ditujukan kepada individu, karyawan, maupun keluarga yang pendanaannya ditanggung kepada Badan Usaha.

BACA JUGA: Dibalik Hujatan Politikus soal Vaksin Bayar, Toh Nyatanya Kimia Farma Gak Cari Untung

Lalu seperti apa sih manfaat Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong ini? Yuk simak 3 manfaatnya sudah dirangkum oleh Tim KUYOU.id berikut ini.

1. Meringankan Beban Pemerintah

Seperti yang kita tahu, selama ini program Vaksin Gratis hanya menggunakan sumber daya dari pemerintah. Mulai dari pendanaan, fasilitas kesehatan, dan tenaga kesehatannya semua menggunakan badan negara, seperti RSUD dan Puskesmas.

Dengan dibukanya Vaksin Mandiri dan Vaksin Gotong Royong ini, vaksin yang masuk nggak hanya menggunakan fasilitas negara saja, tapi juga lewat lembaga kesehatan lain seperti rumah sakit swasta gaes.

Selain itu, pendanaan yang sebelumnya hanya melalui APBN atau dana pemerintah, kini diperingankan dengan adanya dana dari Vaksin Mandiri dan Gotong Royong. Maka dari itu, tanggung jawab program vaksinasi ini tidak hanya dibebankan kepada badan negara tetapi juga swasta gaes.

2. Vaksin Mandiri dan Gotong Royong Mempercepat Her Community

Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong juga bisa mempercepat her community atau bisa menambah jumlah vaksin yang masuk dan menambah jumlah fasilitas serta tenaga kesehatan penunjang vaskin. Dengan begitu, laju vaksinasi akan meninggkat gaes.

BACA JUGA: Fakta Dibalik Cara Vaksinasi COVID19 di India: Penduduknya 1,3 Miliar, Gimana Caranya?

Kalau sebelumnya laju vaksinasi hanya mencapai 60.000 vaksin per hari melalui lembaga pemerintah, maka dengan dibukanya Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong ini bisa meningkatkan laju vaksinasi gaes. Bahkan, target 75 persen masyarakat tervaskinasi untuk ketahanan masyarakat bisa lebih cepat dicapai lho!

3. Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong Bisa Mempercepat Pemulihan Ekonomi

Seperti yang kita tahu, dampak pandemi Covid-19 ini membuat sebagian perusahaan harus mengencangkan ikat pinggang untuk tetap bertahan. Akibatnya, nggak sedikit karyawan yang mendapat pemotongan gaji, dirumahkan, atau bahkan di PHK lho.

Dengan adanya Program Vaksin Mandiri adan Gotong Royong diharapkan bisa mampu mempercepat laju vaksinasi. Sehingga, program ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi dan perusahaan pun bisa kembali beroperasi seperti normal biasanya tanpa ada kecemasan berlebihan terhadap risiko Covid-19 gaes.

BACA JUGA: Vaksin Gotong Royong Adalah Kebijakan untuk Indonesia Sehat Wal Afiat

Nah, itu dia gaes 3 manfaat Program Vaksin Mandiri dan Gotong Royong yang harus kamu tahu. Kalau kamu pilih yang mana nih gaes?




Program Vaksin MandiriVaksin Gotong RoyongManfaat Program Vaksin Mandiri dan Gotong RoyongVaksin MandiriManfaat Program Vaksin MandiriManfaat Vaksin Gotong Royong

Share to: