Kisah Musa Izzanardi Wijanarko, Mahasiswa Lulusan Termuda ITB Gaes

Kisah Musa Izzanardi Wijanarko, Mahasiswa Lulusan Termuda ITB Gaes

Kisah Musa Izzanardi Wijanarko, Mahasiswa Lulusan Termuda ITB Gaes

Kisah Musa Izzanardi Wijanarko, Mahasiswa Lulusan Termuda ITB (Foto: Berbagai sumber)


Inilah kisah Musa Izzanardi Wijanarko, mahasiswa lulusan termuda ITB dari fakultas FMIPA gaes. 

Musa Izzanardi Wijanarko merupakan pemuda asal Bandung yang berhasil lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada usianya yang masih menginjak 18 tahun gaes. 

Kisal unik Musa Izzanardi Wijanarko pun menjadi sorotan publik. Pasalnya, pria yang kerap disapa Izzan ini tak pernah mengenyam pendidikan secara formal lho. 

BACA JUGA: Fakta dan Profil Musa Izzanardi Wijanarko, Mahasiswa FMIPA ITB yang Lulus Usia 18 Tahun

Izzan juga diketahui memiliki kondisi unik dan didiagnosa Autism Spectrum Disorder (ASD), hyperaktif, gangguan sensori integrasi, gangguan mobilitas. Ia juga tergolong pada gifted child  aatau anak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dnegan IQ-nya yang juga di atas rata-rata. Meski begitu, kedua orang tua Izzan secara konsisten sangat aktif memberikan pengetahuan kepada Izzan di rumah. 

Simak yuk kisah inspiratif Musa Izzanardi Wijanarko atau Izzan selengkapnya berikut ini gaes. 

Sejak kecil memiliki keunikan

Pria yang kerap disapa Izzan ini sejak kecil sudah terlihat unik. Pada usia 3 tahun, Izzan sudah sering membaca buku-buku soal tokoh fisika dan matematika. 

Saat muali memasuki usia sekolah, Izzan sempat bersekolah di Sekolah Alam Bandung. Namun, ia kesulitan mengikuti aktivitas di sekolah tersebut. Akhirnya ia pun tak naik kelas. 

Saat dilakukan psikotes terhadap Izzan, psikolog menemukan bahwa Izzan memiliki taraf kecerdasa jauh di atas superior dengan ketertarikan atau kemampuan lebih pada bidang sains terutama matematika.  

Tak pernah sekolah formal

Melihat keunikan Izzan, kedua orang tuanya yakni Yanti Herawati dan Mursid Wijanarko akhirnya memutuskan untuk mengajarinya di rumah atau homeschooling.

Izzan juga termasuk anak yang hyperaktif. Ia mengaku hanya bisa belajar selama 30 menit saja, setelah itu ia harus kembali aktif bergerak. Sehingga sekolah formal biasa dinilai tak cocok untuknya.  

Kemampuan Izzan semakin bertamah dari hari ke hari. Pada usianya yang ke 6, ia mulai mengenal hukum gravitasi dalam aktivitasnya sehari-hari. 

Uniknya lagi, saat usia 6 tahun, Izzan juga berhasil menyelesaikan soal matematika yang biasanya diselesaikan oleh anak usia 15 tahun. 

Nggak cuma itu aja, saat usia Izzan 8 tahun, sang ibu juga sempat kewalahan mengajari Izzan yang mulai bertanya soal matematika pojok bola. Ibunya pun menanyakan hal tersebut kepada rekannya yang seorang lulusan astrnomi. Menurut rekannya, pojok bola yang ditanyakan oleh Izzan merupakan pelajaran di tingkat 3 kuliah astronomi gaes. 

BACA JUGA: 70+ Kata Bahasa Inggris Awalan Huruf A, Dijamin Perkaya Vocab Kamu Gaes

Mencari legalitas pendidikan untuk Izzan

Kedua orang tua Izzan berusaha untuk tetap mendapatkan legalitas pendidikan untuk Izzan dengan mendaftarnya ujian paket A hingga C. 

Namun, mereka sempat menerima kendala karena umur Izzan yang dinilai masih terlalu kecil. Meski begitu sang ibunda tetap terus berusaha hingga akhirnya Izzan berhasil menyelesaikan ujian paket C pada usianya yang masih 13,5 tahun. 

Berhasil masuk ITB jalur SBMPTN

Selepas mendapatkan ijazah paket C, Izzan pun mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun 2016. Sayangnya, Izzan tak berhasil lolos dari seleksi tersebut. 

Pada tahun 2017 Izzan kembali mencoba SBMPTN tersebut. Pada tahun tersebutlah Izzan berhasil masuk ke Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia berhasil menjadi mahasiswa termuda di FMIPA ITB. 

Nggak cuma itu aja, Izzan juga berhasil diterima di Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia lho gaes. Meski begitu ia tetap memutuskan untuk kuliah di ITB. 

Jadi lulusan termuda dari ITB

Pada tahun 2021, Musa Izzanardi Wijanarko resmi lulus dari FMIPA ITB dan mendapat gelar sarjana. Ia adalah mahasiswa termuda yang berhasil lulus dari FMIPA ITB karena umurnya masih 18 tahun saat lulus. 

BACA JUGA: Daftar Kata Gaul yang Masuk dalam KBBI, Ada Mager dan Bucin Lho

Nah itulah kisah Musa Izzanardi Wijanarko  atau Izzan yang merupakan lulusan ITB termuda yaitu 18 tahun gaes. 




Musa Izzanardi WijanarkoKisah Musa Izzanardi WijanarkoKisah inspiratif Musa Izzanardi WijanarkoProfil Musa Izzanardi WijanarkoFakta Musa Izzanardi WijanarkoSosok Musa Izzanardi Wijanarko

Share to: