8 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Tahu Gaes!

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Tahu Gaes!

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Tahu Gaes!

Tips menjaga kesehatan mata dengan baik (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau menjaga kesehatan mata, ada beberapa tips nih yang bisa kamu lakukan gaes.

Seperti yang kita tahu, salah satu organ paling berperan penting dalam kehidupan manusia adalah mata. Dengan mata seseorang bisa melihat indahnya dunia dan juga bisa mengetahui banyak hal baru yang ada disekitar. 

Makanya penting benget nih bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan mata gaes. Pasalnya, dengan mata yang sehat kamu bisa menjalankan hidup senyaman mungkin dan nggak perlu bantuan alat penglihatan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. 

BACA JUGA: Tips Cara Obati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kamu Harus Tahu Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips menjaga kesehatan mata dengan baik. Penasaran kan? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Makan Makanan Sehat 

Dengan makan makanan yang sehat akan sangat berpengaruh pada Kesehatan tubuh secara keseluruhan gaes. Penting banget buat kamu selalu makan makanan yang sehat dan bernutisi guna menjaga tubuh agar selalu sehat dan bugar. 

Begitu juga dengan mata gaes, yang punya kebutuhan nutrisinya sendiri. Pilihlah makanan yang kaya antioksidan, seperti Vitamin A dan C, sayuran berdaun hijau dan ikan, karena makanan ini bisa membantu menjaga Kesehatan mata gaes.

2. Selalu Rutin Olahraga 

Olahraga yang rutin juga sangat diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan rutin berolahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah yang akan meningkatkan kadar oksigen ke mata dan membuang racun dari tubuh gaes.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari olahraga sendiri dirumah sampai mengikuti kegiatan olahraga bersama keluarga atau teman seperti futsal, basket dan lainnya. 

3. Tidur yang Nyenyak dan Teratur

Kualitas tidur yang cukup dan baik juga bisa membantu meningkatkan kondisi kesehatan lho gaes. Kamu akan merasakan perbedaan saat memiliki tidur yang nyenyak dan tidak. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Lulus Seleksi Pekerjaan, Wajib Dicoba Buat yang Belum Punya Pengalaman Nih~

Pasalnya, seseorang yang tidur dengan nyenyak akan terlihat jauh lebih segar dan bahagia. Makanya, usahakan buat tidur yang cukup dan nyenyak di waktu istirahat ya gaes. 

4. Rajin Cuci Tangan 

Selain itu, rajin mencuci tangan juga penting banget nih untuk menjaga kesehatan mata lho, khususnya buat kamu yang pengguna lensa kontak gaes. 

Pasalnya, kuman dan bakteri yang berasal dari tangan bisa menyebabkan infeksi mata, kalau kamu tanpa sengaja mememang mata saat tangan dalam keadaam kotor.

Makanya sebelum menyentuh mata dan memasang atau melepas lensa, kamu harus terlebih dulu mencuci tangan pakai sabun dan keringkannya dengan baik ya gaes. 

 

5. Jangan Merokok 

Merokok emang dikenal sebagai kebiasaan tidak baik untuk kesehatan, karena bisa menimbulkan berbagi penyakit. Merokok bisa menyebabkan mata kamu terkena stress oksidatif tingkat tinggi lho gaes. 

Walaupun hubungannya belum diidentifikasi dengan jelas, diketahui bahwa merokok bisa meningkatkan berbagai risiko kondisi kesehatan yang mempengaruhi mata. Makanya, buat kamu yang masih merokok mungkin bisa lebih berhati-hati lagi ya gaes!

6. Memakai Kacamata Hitam 

Untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya, disarankan benget nih menggunakan kacamata hitam dengan perlindungan UVA dan UVB gaes. 

Selain itu, mengenakan topi dengan pinggiran juga akan mengurangi jumlah radiasi UV yang menyelinap di sekitar sisi kacamata hitam. Jadi kamu bisa gunakan proteksi keamanan lebih untuk menjaga Kesehatan mata gaes. 

7. Perhatikan Sinar Layar Gadget 

Kebanyakan orang sekarang sangat ketergantungan dengan gadget, hampir tidak pernah seseorang bisa meninggalkan gadgetnya saat bepergian. 

Tapi kondisi seperti ini justru kurang baik untuk Kesehatan mata lho gaes. Karena mata terus-terusan menghabiskan waktunya dengan menatap layar. 

Oleh karenanya, penting banget nih kamu bisa mengontrol pemakaian gadget agar mata tidak terus menerus dipaksa untuk menatap layer gadget gaes. 

8. Konsumsi Vitamin Mata 

Agar bisa menunjang kesehatan mata dengan baik disarankan banget untuk mengonsumsi vitamin yang cocok untuk kesehatan mata. Mata merupakan aset berharga dalam tubuh kita sehingga kita harus menjaga mata kita dengan sangat baik gaes. Bahkan kalau perlu kamu bisa mengunjugi dokter untuk menjaga kesehatan mata secara rutin. 

BACA JUGA: Tips Cara Alami Menjaga Kulit Wajah Agar Awet Muda Bercahaya, Mau Coba?

Nah, itu dia 8 tips menjaga kesehatan mata dengan baik yang perlu kamu tahu gaes. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Menjaga Kesehatan MataCara Menjaga Kesehatan MataTips Bikin Mata Tetap SehatTrik Menjaga Kesehatan MataTips dan Trik

Share to: