Tips dan Trik Lulus Seleksi Pekerjaan, Wajib Dicoba Buat yang Belum Punya Pengalaman Nih~

Tips dan Trik Lulus Seleksi Pekerjaan, Wajib Dicoba Buat yang Belum Punya Pengalaman Nih~

Foto

Tips lulus seleksi saat melamar pekerjaan (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang baru pertama kali mencari pekerjaan, ada tips dan trik lulus seleksi melamar pekerjaan nih gaes. Penasaran simak ulasaanya berikut ini.

Ketika mau melamar pekerjaan, tak jarang orang akan langsung mudur atau nggak lulus saat tahap seleksi karena kurang mampu memenuhi persyaratan yang harus dilampirkan atau dimintai oleh pihak perusahaan dimana kamu melamar kerja. 

BACA JUGA: Tips Dan Trik Cara Belanja Cermat Mendapatkan Produk Berkualitas, Anti Boros Gaes!

Begitulah resiko kerja yang harus kamu terima gaes. Tapi jangan khawatir, kali ini Tim KUYOU.id akan memberikan tips dan trik lulus seleksi pekerjaan, yang wajib banget dicoba buat kamu yang belum punya pengalaman kerja. Langsung aja yuk, simak tips dan triknya berikut ini.

 

Cantumkan Keahlian Secara Spesifik 

Ketika perusahaan mensyaratkan pengalaman, sebenarnya mereka sedang mencari seseorang dengan skill yang bisa dijadikan jaminan. Oleh karena itu, kamu harus mencantumkan keahlian yang kamu punya di CV yang akan dilampirkan gaes. 

Contohnya nih kamu biasa membuat design untuk kegiatan-kegiatan organisasi, maka cantumkan keahlian itu secara spesifik. Misalnya, software apa yang kamu gunakan untuk membuatnya, ini bisa banget jadi salah satu bahan pertimbangan pihak perusahaan lho gaes. 

Singkirkan Jauh-Jauh Egomu 

Semua orang pasti ingin memiliki pekerjaan yang baik, posisi yang tinggi dan juga gaji yang besar. Beberapa orang mungkin akan menolak bekerja pada posisi yang rendah, terutama yang baru lulus sekolah atau kuliah. Mungkin diantaranya ada yang merasa kalau  baginya mudah untuk langsung mendapatkan pekerjaan yang baik. 

Padahal tidak seperti itu gaes, sebagai lulusan baru dan belum punya pengalaman bekerja, seharusnya bisa mengambil segala kesempatan untuk belajar. Jadi tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba posisi yang diberikan walaupun itu bukan yang kamu inginkan gaes. 

Melamar sebagai management trainee (MT)

Buat orang yang belum punya pengalaman dalam dunia pekerjaan, salah satu posisi pekerjaan yang bisa dicoba adalah management trainee. 

Biasanya posisi ini dibuka oleh perusahaan-perusahaan besar, untuk merekrut lulusan-lulusan baru yang diberikan training sehingga menjadi sumber daya yang berguna bagi perusahaan. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Ampuh Hilangin Medok ala TikToker Ihwan Zaid Nih, Dijamin Ampuh Gaes

Di tahap awal, management traine mungkin akan terasa sangat berat, karena akan ditempatkan di semua posisi untuk mencari tempat yang tepat bagi yang menjalaninya gaes.

Berani Mencoba 

Kamu juga harus berani mencoba gaes. Pasalnya, sikap yang mudah menyerah akan menjadi penghalang utama untuk segera mendapatkan pekerjaan gaes.

Jangan mudah patah semangat. Harus selalu ingat, kalau saingan kamu yang pengalaman kerjanya sudah berderet itu dulu juga mengalami masa-masa yang sama karena semua hasil pasti ada prosesnya gaes.

Berikan yang Terbaik 

Saat kamu dalam seleksi perkerjaan, usuhakan untuk menunjukan versi terbaik pada pihak perusahaan. Lakukan semuanya dengan maksimal. Jangan manjakan diri dengan mudah menyerah saat sedang diseleksi. 

CV yang bagus bukan jaminan utama untuk langsung diterima gaes. Perusahaan juga akan melihat kepribadian seseorang, karena kelak akan bekerja dalam sebuah tim. Makanya, kamu harus menujukan kalau kamu adalah orang yang penuh kepercayaan diri. 

Kuasai Banyak Hal 

Buat kamu yang mau mencari kerja tanpa pengalaman sebelumnya disarankan banget nih punya keahlian dalam banyak hal. 

Terutama, kamu bisa mempelajari hal-hal teknis yang akan menunjang karir saat bekerja nantinya. Terimalah banyak masukan dengan senang hati karena ini juga bisa kamu terapkan dalam mencari pekerjaan gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Cepat Tidur di Malam Hari, Biar Kamu Gak Insomia Lagi Gaes~

Perluas Jaringan Pertemanan

Penting banget buat kamu memiliki banyak kenalan, khususnya orang-orang yang bisa menunjang karir kamu gaes. Selain untuk meminta informasi lowongan pekerjaan, kamu juga bisa menerima banyak masukan baik, agar bisa mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Nah, itu dia gaes tips dan trik lulus seleksi pekerjaan, wajib banget nih dicoba buat kamu yang belum punya pengalaman gaes. (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Lulus Seleksi PekerjaanTrik Cara Lulus Seleksi KerjaCara Lulus Seleksi KerjaTips Dapatkan PekerjaanTips dan Trik

Share to: