Keren! BNI Seoul Pertemukan UMKM Indonesia dengan Buyer Korea Selatan

Keren! BNI Seoul Pertemukan UMKM Indonesia dengan Buyer Korea Selatan

Foto

Keren! BNI Seoul Pertemukan UMKM Indonesia dengan Buyer Korea Selatan (Foto: BNI)


PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar global. 

Kali ini BNI menjembatani para eksportir UMKM Indonesia untuk bertemu buyer dari Korea Selatan melalui acara Imported Goods Fair (IGF) 2021 yang diselenggarakan pada 22-24 Juli 2021 lalu di Coex Seoul.

Hal tersebut tentu sejalan dengan misi BNI untuk mendorong transaksi ekspor dari UMKM Indonesia ke luar negeri melalui program UMKM Go Global.

Korea Selatan merupakan salah satu mitra dagang terbesar Indonesia dengan nilai transaksi dagang mencapai US$ 13,356 juta di sepanjang tahun 2020. 

Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan IK-CEPA yang ditujukan untuk mengeliminasi tarif di ratusan sektor industri dan barang sehingga mampu meningkatkan transaksi dagang kedua negara.

Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan mengungkap sebagai satu-satunya perbankan Indonesia di Korea Selatan, kantor cabang BNI Seoul memanfaatkan momentum tersebut untuk memperkenalkan produk-produk ekspor unggulan nasabah BNI kepada pembeli di Seoul.

Hal tersebut dilakukan dengan mendatangkan dan memamerkan contoh produk-produk di acara acara IGF 2021. Tak cuma itu BNI juga memfasilitasi pelaksanaan business matching secara virtual antara Buyer dan Seller.

"Salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 adalah para pelaku UMKM, oleh karena itu BNI fokus untuk membantu UMKM terutama yang export oriented agar bisa menembus dan menjelajahi market Korea Selatan. Meskipun mereka tidak bisa hadir di Seoul, kami ajak produk-produk tersebut untuk dipamerkan dan mengikuti business matchmaking antara seller dan buyer, seluruhnya dilakukan secara virtual," jelasnya dalam keterangan tertulis pada Rabu 28 Juli 2021.

Sekadar informasi aja nih, IGF 2021 merupakan expo tahunan yang diadakan oleh Korea Importer Association (KOIMA). Mereka  mengundang seluruh perwakilan negara-negara sahabat yang ada di Korea Selatan untuk memperkenalkan komoditas ekspor unggulan dari negara-negara tersebut kepada member-member Korea maupun masyarakat luas. 

IGF 2021 diadakan kembali setelah tahun 2020 ditiadakan karena pandemi COVID-19. 




BNIKorea SelatanBNI Korea SelatanBNI pertemukan UMKM IndonesiaUMKM IndonesiaPertemukan UMKM Indonesia dengan Buyer Korea SelatanBNI Seoul

Share to: