Resmi! Ini Dia Nomor Urut Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

Resmi! Ini Dia Nomor Urut Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

Resmi! Ini Dia Nomor Urut Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

Pilpres 2024


KPU melakukan pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024. Pasangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1 pada Pilpres 2024. Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut 2 dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3 pada Pilpres 2024.

Pengundian nomor urut digelar di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023). Pengundian nomor urut dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Pengundian nomor urut dihadiri oleh pasangan capres dan cawapres serta pimpinan dan jajaran partai politik pengusung. Selain itu, hadir pula Bawaslu, DKPP, dan stakeholder terkait lainnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Aparat Tetap Netral Meski Gibran Anak Jokowi Maju Cawapres di Pilpres 2024

Pengambilan undian nomor urut peserta Pilpres 2024 dilakukan dua tahap. Tahap pertama ialah pengambilan antrean undian nomor urut, dimulai dari pasangan calon yang mendaftar lebih dulu ke KPU.

Setelah antrean nomor urut itu dibuka, barulah dilanjutkan dengan tahap kedua, yakni pengambilan undian nomor urut. Pasangan capres-cawapres yang mendapat antrean pertama diberi kesempatan untuk mengambil undian lebih awal.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Amerika Serikat Meredakan Konflik di Gaza

Selanjutnya, pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden secara bersamaan membuka undian nomor urut tersebut. Pasangan capres dan cawapres selanjutnya diberi kesempatan untuk memberikan sambutannya.




pilpres2024prabowogibrananiesmuhaiminganjarmahfudkpunomorurutpilpresberitapilprespilpresindonesia

Share to: