Tips Mengembangkan Karir, Wajib Kamu Pahami Gaes!

Tips Mengembangkan Karir, Wajib Kamu Pahami Gaes!

Tips Mengembangkan Karir, Wajib Kamu Pahami Gaes!

Ilustrasi Orang Sukses, Tips Mengembangkan Karir (Foto: Pixabay.com)


Apa saja tips-tips untuk mengembangkan karir? yuk simak tipsnya dibawah sini, yang wajib kamu pahami gaes.

Semua orang jika sudah bekerja pasti ingin mengembangkan karir, namun belum tahu caranya. Nah di satu kesempatan, MatchKerja, salah satu platform mencari kerja di Indonesia mengadakan sebuah webinar bersama QuBisa dan Kuyou.id sebagai media partner. Webinar itu dinamakan "How to Develop Your Carrer & Excel ini Media Industry".

Dalam webinar ini, Chintya Sri Kiswandini yang merupakan seorang Business Operations Manager of MatchKerja dan Prayogo P.H., CEO Kuyou.id hadir sebagai pemateri. Serta ada pula Ahmad Habibie Salam, host dan produser QuBisa yang menjadi host sekaligus moderator dalam webinar ini.

Baca Juga: Apa Itu Digital Persona? Adalah Hal yang Harus Kamu Pahami Gaes

Chintya Sri Kiswandini membagikan tips-tips bagaimana caranya mengembangkan karir. Dan berikut adalah tips-tipsnya.

Tips Mengembangkan Karir dari Chintya Sri Kiswandini

1. Membiasakan diri membawa Notebook

Dengan membawa notebook, kamu bisa mencatat apa yang kamu alami dan kamu lihat, dan hal tersebut bisa dijadikan pembelajaran untuk kamu agar bisa mengembangkan karir kamu.

2. Membuat Update Mingguan

Chintya menjelaskan kamu harus membiasakan diri untuk membuat update mingguan kamu. Update mingguan kamu tersebut, meliputi apa saja yang sudah kamu lakukan dalam seminggu ini? Pencapaian apa saja yang sudah kamu dapat selama seminggu ini? Apa saja yang harus kamu perbaiki di minggu depan?. Sehingga hal-hal tersebut bisa kamu jadikan pembelajaran dan kamu tahu harus melakukan apa di minggu berikutnya.

3. Optimalisasi Waktu Kamu

Dalam kesempatan ini, Chintya menjelaskan bahwa kamu harus bisa mengoptimalisasi waktu kerja kamu. Sehingga kamu akan ada waktu, dimana kamu bisa bersantai-santai, karena pekerjaan kamu sudah selesai. Namun, jika waktunya bekerja, kamu harus fokus. Hal ini sangat berguna untuk kamu bisa mengembangkan karir kamu kedepannya.

4. Jangan Mengirimkan Email Saat Kamu Senang ataupun Marah

Chintya mengingatkan kamu untuk jangan pernah mengirimkan email ketika kamu sedang senang ataupun marah. Karena dikhawatirkan, suasana hati kamu tersebut bisa tersalurkan ke email yang kamu kirim.

5. Membuat Strategi 2-3 Langkah Kedepan

Untuk bisa mengembangkan karir kamu, kamu harus membuat rencana atau strategi mengenai langkah kamu kedepannya. Kamu bisa membuat 2 sampai 3 rencana atau strategi dalam karir kamu kedepannya.

6. Jangan Ikutan Politik Perusahaan

Chintya kembali mengingatkan jangan ikut-ikutan politik perusahaan, misalnya gosip atau hal lain sebagainya. Lebih baik fokus untuk mengembangkan karir.

7. Jangan Menjadi "Penjilat"

Jika kamu ingin mengembangkan karir, pakailah atau gunakanlah cara-cara yang semestinya. Jangan sampai menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya, seperti menjadi seorang "penjilat" di perusahaan.

8. Akui Kesalahan

Jika kamu melakukan kesalahan, akuilah kesalahan kamu tersebut. 

9. Fokus Pada Kemampuan yang Kamu Miliki

Fokuslah pada kemampuan yang kamu miliki, kembangkan kemampuan itu agar bisa membawamu ke karir yang lebih baik.

10. Jadikan Kesalahan Sebagai Pengalaman

Kembali ke poin ke 8, jika kamu berbuat kesalahan, akuilah kesalahan tersebut. Dan jadikan kesalahan itu sebagai sebuah pengalaman dan pembelajaran.

Selain itu, dalam webinar ini, Prayogo P.H. juga memberikan materi tips-tips jika ingin bekerja di industri media. Dan berikut tips-tipsnya.

Tips Bekerja di Industri Media dari Prayogo P.H

1. Harus Menjadi Seorang yang Kreatif.

2. Harus Tahan akan Segala Situasi.

3. Perhatikan sikap kamu, jika berbicara dengan atasan.

4. Tumbuhkan rasa keinginan untuk belajar.

5. Pendidikan menjadi faktor pendukung bagaimana perusahaan menilai kamu.

6. Kuasai kemampuan komunikasi.

7. Jangan menjadi orang yang mudah menyerah.

Selain itu, dalam sesi pertanyaan, ada beberapa pertanyaan yang ditujukan untuk kedua pemateri. Untuk Chintya, ada pertanyaan mengenai, cara mengatasi jika mendapatkan atasan yang suka membanding-bandingkan kinerja karyawan satu dengan yang lain? Tipsnya adalah jadikan perbandingan itu menjadi sebuah penyemangat untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Lalu ada pula pertanyaan untuk Prayogo, cara memperbaiki kesalahan saat bekerja di dunia pertelevisian? Tipsnya adalah intropeksi diri dan jadikan kesalahan tersebut menjadi sebuah pembelajaran. Lalu, Ahmad Habibie Salam yang pernah bekerja di media televisi, mengatakan bahwa bekerja di media televisi itu harus kuat mental, jika salah dan ditegur jangan mudah marah, menyerah, dan baper.

Nah itulah tips mengembangkan karir yang wajib kamu pahami gaes. Semoga bermanfaat ya.




Tips mengembangkan karirTips bekerja di industri mediaCara mengembangkan karirCara masuk ke industri mediaWebinar MatchKerjaMatchKerjaQubisaKuyou

Share to: