Unicorn Indonesia Banyak Didanai Asing, Erick Thohir: Itu Salah Kita!

Unicorn Indonesia Banyak Didanai Asing, Erick Thohir: Itu Salah Kita!

Foto

Erick Thohir Sebut Unicorn Banyak Didanai Asing Salah Kita (Foto: Berbagai Sumber)


Menteri Nadan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Indonesia saat ini baru mempunyai lima perusahaan rintisan (unicorn). Namun, para unicorn itu banyak didanai oleh pihak asing gaes. 

Oleh karena itu, ia pun meminta pihak swasta dan BUMN di Indonesia meningkatkan investasinya terhadap perusahaan rintisan atau startup asal Indonesia. 

"Selama ini banyak unicorn itu dananya dari asing semua, kenapa, ya bukan salah asingnya, salah kitanya. Maka kita coba list siapa yang future unicorn, founder-nya orang Indonesia tapi pembiayaan terbesarnyaa juga dari Indonesia. Kita mapping dalam 2 mingguan ini," kata Erick Thohir dalam acara "Bali Digitalpreneur Meetup" di Kampus STMIK Primakara, Denpasar, Bali, Minggu 19 September 2021.

Erick Minta Unicorn Pakai SDM dari Indonesia

Selain itu, ia juga ingin agar unicorn di Indonesia memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) dari dalam negeri gaes.

"Jangan sampai ada unicorn tapi yang kerja bukan orang Indonesia. Jangan terus outsource ke India, Rusia, dan negara lain. Kita tidak mau begitu," lanjutnya.

Ada Lima BUMN yang Berinvestasi

Erick mengatakan, saat ini ada 5 BUMN yang berinvestasi pada unicorn lewat pembentukan venture capital atau modal ventura dengan perusahaan lainnya.

Kelima BUMN tersebut adalah Telkom yang berinvestasi di 57 startup, Telkomsel 15, BRI 15, Mandiri Capital 15, serta BNI yang baru memulai investasi di 5 startup. 

"Sekarang BNI juga mulai masuk. Kemarin direksinya saya panggil. Tetapi cukup 5 saja, karena kebiasaan BUMN kalau dibuka semua pada investasi di startup. Kita akan support besar-besaran startup di Indonesia dengan kekuatan investasi," tambahnya." kata Erick.

Unicorn Indonesia Masih Kalah Jauh dengan Negara Lain

Menurut Erik Tohir, jumlah lima unicorn di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara lain seperti China di angka 100an dan Amerika 250an. Erik Tohir berharap, Indonesia bisa memiliki unicorn paling tidak seperempat dari China, yakni sekitar 25 unicorn gaes.

"Masak kita tidak bisa (mencapai) seperempat China, jadi dari lima potensinya ke 25. Jadi ada 20 (penambahan)," ungkapnya.




Erick ThohirMenteri BUMN Erick ThohirUnicorn Indonesia Didanai AsingUnicorn IndonesiaUnicorn Didanai Asing Salah KitaBUMN Investasi StartupInvestasi StartupStartupUnicorn Banyak Didanai AsingAsing Banyak Danai Unicorn IndonesiaErick Thohir Unicorn IndonesiaFakta fakta Unicorn Indonesia

Share to: