Tagar #JkwETMajukanKrakatauSteel Duduki Trending Twitter, Untung Setelah 8 Tahun Rugi

Tagar #JkwETMajukanKrakatauSteel Duduki Trending Twitter, Untung Setelah 8 Tahun Rugi

Foto

Tagar #JkwETMajukanKrakatauSteel Duduki Trending Twitter (Foto:Twitter)


Tagar #JkwETMajukanKrakatauSteel berhasil menjadi Trending Twitter Indonesia pada Rabu, 22 September 2021. Menurut pantauan tim KUYOU, hingga pukul 09.00 WIB, tagar #JkwETMajukanKrakatauSteel sudah menjadi trending nomor 1.

Pasalnya tagar #JkwETMajukanKrakatauSteel ini juga berisi tentang Presiden Joko Widodo, baru-baru ini meresmikan pabrik industri baja lembaran panas (hot strip mill/HSM) milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten. 

Pabrik senilai Rp7,5 triliun tersebut diklaim sebagai pabrik baja yang menggunakan teknologi tercanggih kedua di dunia setelah pabrik yang menggunakan teknologi serupa dibangun di Amerika Serikat.

Baca Juga: Fakta Dibalik Tagar #100JutaVaksinIndonesia Trending Twitter, Ternyata Ini Gaes

“Hari ini kita akan saksikan, peresmian hot strip mill (HSM) 2 dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja dan hanya ada dua di dunia, pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia yaitu di Krakatau Steel. Tadi saya sudah melihat ke dalam proses produksinya dan betul-betul memang teknologi tinggi,” ujar Jokowi.

Selain meningkatkan kapasitas produksi nasional, pabrik ini juga akan mengerek daya saing produk baja Indonesia. Hal itu karena pabrik HSM 2 dapat memangkas biaya operasional hingga 25 persen. Selain itu, pabrik ini juga menerapkan teknologi otomasi 4.0 sehingga baja yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Daya saing baja yang lebih tinggi dan harga yang efisein diharapkan akan mendorong penyerapan produk dalam negeri sehingga akan mengurangi impor baja dan pada akhirnya menghemat devisa nasional.

Tak sampai disitu saja bahkan PT Krakatau Steel juga mengalami keuntungan sebesar Rp800 miliar pada kuartal II 2021. Hasil kinerja positif ini disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, Krakatau Steel mengalami kerugian selama 8 tahun terakhir yang akhirnya dilakukan restrukturisasi utang. Kini KRAS telah memasuki tahap ketiga restrukturisasi. Dimana, sejak awal 2020 lalu manajemen melakukan restrukturisasi utang senilai 2,2 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp31 triliun.

Baca Juga: Erick Thohir Ultah ke-51, Tagar #ChiefErickThohir51 Trending Topic Twitter Gaes!

Berdasarkan informasi pada tahun 2020, KRAS mencatat laba sebesar bersih 23,67 juta dolar AS atau sekitar Rp339 miliar. Lalu, jumlahnya meningkat pada kuartal II tahun ini atau sekitar Rp 800 miliar.

"Sesuai restrukturisasi, mereka harus melakukan tiga tahapan Bapak. Dan tentu, tahapan ini sudah berhasil satu dan dua. Dan kalau kita lihat sekarang performance-nya yang selama ini Krakatau Steel itu rugi 8 tahun terakhir terakhir, ini sudah untung Rp 800 miliar," ujar Erick.




Tagar #JkwETMajukanKrakatauSteel Trending TwitterTrending TwitterKrakatau SteelPresiden JokowiErick ThohirBUMNMenteri BUMN

Share to: