Mengenal Tarian Ratoh Jaroe yang Ditampilkan di Acara Lamaran Ria Ricis dan Ryan

Mengenal Tarian Ratoh Jaroe yang Ditampilkan di Acara Lamaran Ria Ricis dan Ryan

Foto

Mengenal Tarian Ratoh Jaroe (Foto: Asian Games 2018)


Yuk simak ulasan tentang Tarian Ratoh Jaroe yang ditampilkan dalam acara lamaran Ria Ricis dan Teuku Ryan pada 23 September 2021. 

Tarian Ratoh Jaroe merupakan salah satu tari daerah Indonesia yang berasal dari Nagroe Aceh Darussalam. Tarian ini bahkan sudah mendunia lho gaes!

Sering dianggap Tari Saman, Ratoh Jaroe murni berasal dari seniman asal Aceh bernama Yusri Saleh atau Dek Gam. Tarian ini merupakan kreasinya saat datang ke Jakarta tahun 2000-an silam.

Baca Juga: Momen Gemas Ria Ricis Diberikan Cincin Berlian Oleh Teuku Ryan, Kena Prank Gaes

Tarian Ratoh Jaroe juga disebut sebagai tari kreasi karena menggabungkan antara gerakan-gerakan tari daerah lainnya yang berasal dari tradisional Aceh. Beberapa gabungannya adalah tari Rateb Meusekat, Rapai Geleng, Likok Pulo dan juga Ratoh Duek.

Diiringi Oleh Musik Rapai

Tarian kreasi tradisional Ratoh Jaroe asal Aceh ini diiringi oleh musik Rapai. Hal ini dikarenakan Dek Gam yang membawa alat musik tersebut ketika tengah merantau ke Jakarta.

Bukan hanya di acara  lamaran Ria Ricis dan Teuku Ryan, tari tradisional ini juga ditampilkan dalam acara pembukaan Asian Games 2018 yang lalu lho gaes!

Tarian ini juga didominasi dengan penari perempuan dengan gerakan dua tagan.  Untuk kamu ketahui, nama tari Ratoh Jaroe memiliki arti yang indah lho. 

Baca Juga: Biodata Teuku Ryan Lengkap Umur dan Agama, Sosok Calon Suami Ria Ricis yang Ganteng Abis Gaes

Artinya adalah berdzikir atau mengingat Allah SWT melalui gerakan tangan seperti yang dilakukan oleh para penarinya. Menggelengkan kepala baik ke kanan atau ke kiri juga sekilas mirip dengan tari Saman.

Selain musik Rapai, lagu untuk mengiringi tarian Ratoh Jaroe juga diiringi dengan syair yang menggunakan bahasa Aceh. Dalam syairnya, terdapat nasihat Islami.

Bukan lagi tarian yang asing dibawakan dalam berbagai acara besar, tarian tadisional daerah Ratoh Jaroe ini bahkan juga menjadi kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lho!

Baca Juga: Adhitya Alkatiri Mengaku Diselingkuhi Adinda Azani: Selingkuhannya Udah Punya Pacar Lagi

Nah, itu dia ulasan tentang Tarian Ratoh Jaroe yang ditampilkan dalam acara lamaran Ria Ricis dan Teuku Ryan.




Ratoh JaroeTarian Ratoh JaroeTari Tradisional Ratoh JaroeTarian Aceh Ratoh JaroeRatoh Jaroe Asal ManaApa itu Ratoh JaroeTari Ratoh JaroeMengenal Tarian Ratoh JaroePencipta Ratoh JaroeMusik RapaiRia Ricis dan RyanLamaran Ria RicisTarian di Lamaran Ria Ricis

Share to: