Heboh! Desainer Malaysia Jaemy Choong Diduga Klaim Wayang Kulit Warisan Negaranya, Panen Hujatan Netizen Gaes

Heboh! Desainer Malaysia Jaemy Choong Diduga Klaim Wayang Kulit Warisan Negaranya, Panen Hujatan Netizen Gaes

Heboh! Desainer Malaysia Jaemy Choong Diduga Klaim Wayang Kulit Warisan Negaranya, Panen Hujatan Netizen Gaes

Kolase foto Desainer Malaysia Jaemy Choong Diduga Klaim Wayang Kulit Warisan Negaranya (Foto: Instagram @adidassg)


Baru-baru ini desainer Malaysia Jaemy Choong menghebohkan publik. Pasalnya, Jaemy Choong diduga mengklaim bahwa wayang kulit merupakan warisan dari negaranya. 

Hal tersebut dilatarbelakangi sebuah produk sneakers kolaborasi antara Adidas dengan desainer grafis Jaemy Choong yang berasal dari Malaysia. 

Netizen pun langsung geram dan meramaikan kolom komentar Instagram Adidas Singapura yang mengunggah sneakers kolaborasi dengan Jaemy Choong tersebut. 

"Rayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @jaemyc, di #UltraBOOSTDNA City Pack kami berikutnya!" tulis Instagram Adidas Singapura.

Sebut Wayang Kulit warisan budaya Malaysia

Pada 11 November 2021, akun Instagram mengunggah sebuah teaser video sneakers yang akan dirilis pada pertengahan November 2021 ini. Sneakers tersebut merupakan kolaborasi antara Adidas dengan desainer grafis Jaemy Choong. 

Uniknya, sneakers terbaru Adidas tersebut mengusung tema budaya wayang kulit. Namun, akun Instagram Adidas menyebut bahwa wayang kulit merupakan warisan budaya Malaysia.

Dalam teaser video tersebut, sepatu yang dominan dengan warna putih tersebut memang memuat desain wayang kulit pada bagian tengah hingga bagian belakang. 

"The design speaks of paying homepage to Wayang Kulit, a significant part of Malaysia's cultural identity and heritage by fusing elements of Wayang Kulit with a modern colour palette, in a 'old-meets-new' approach on the UltraBOOST DNA," tulis @adidassg. 

Ramai dihujat netizen

Akun Instagram @adidassg pun langsung ramai memanen hujatan. Banyak netizen Indonesia yang geram dan tak rela bahwa Wayang Kulit diklaim sebagai warisan budaya Malaysia. 

"Wayang is Indonesian culture," ungkap seorang netizen yang telah disukai oleh 3 ribu lebih akun. 

"WAYANG ITU BUDAYA INDONESIA!!!!" kata netizen lainnnya. 

"Wayang from Indonesia pleasee!! Not Malaysia," tulis netizen lain. 

Adidas pun akhirnya mengganti keterangan unggahan tersebut dengan menyebutkan bahwa Wayang adalah budaya Indonesia yang menginspirasi di Asia Tenggara. 

"Originating from Indonesia, Wayang Kulit has inspired other parts of Southeast Asia," tulis @adidassg.




wayang kulitJaemy ChoongDesainer MalaysiaDesainer Malaysia Jaemy ChoongHeboh klaim Wayang KulitWayang Kulit diklaimAdidas Sebut Wayang KulitWayang Kulit Dari Malaysia

Share to: