Apa Arti 13 Brevet Militer Milik Jenderal Andika Perkasa? Berikut Daftar Lengkap Maknanya

Apa Arti 13 Brevet Militer Milik Jenderal Andika Perkasa? Berikut Daftar Lengkap Maknanya

Foto

Arti 13 Brevet Militer Milik Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)


Berikut ini daftar lengkap makna dan arti dari 13 Brevet Militer Milik Jenderal Andika Perkasa gaes!

Nama Jenderal Andika Perkasa tengah mencuri perhatian usai dilantik dan ditetapkan sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Rabu 17 November 2021.

Publik dibuat terkesima oleh Jenderal Andika Perkasa, karena memiliki sebanyak 13 brevet militer selama karirnya sebagai TNI.

Diketahui brevet adalah tanda keahlian, kepandaian atau kemampuan anggota TNI dalam bidang tertentu.

Apa arti 13 brevet militer milik Jenderal Andika Perkasa? Simak daftar lengkap dengan maknanya yang sudah dihimpun Tim KUYOU.id berikut ini.

1. Brevet Komando Pasukan Khusus

Brevet Komando Pasukan Khusus (Kopassus) didapat setelah melakukan latihan 7 bulan nonstop mulai dari latihan baris, gunung, hutan hingga susur rawa dan laut.

2. Brevet Cakra Kostrad (2018)

Brevet Cakra Kostrad didapat usai latihan selama 3 bulan mulai dari materi survival, intelejen pertempuran, patroli, pertempuran jarak dekat, hingga operasi raid.

3. Brevet Free Fall

Brevet Free Fall merupakan keahlian terjun bebas dasar, mulai dari teknik keluar pesawat, teknik melayang, teknik kemudi, mendarat hingga penerjunan.

4. Brevet Jump Master

Brevet Jump Master adalah tanda dan kemampuan yang dimiliki seorang pelatih atau instruktur penerjunan yang memiliki tanggungjawab atas keselamatan para penerjun sampai ke titik penerjunan.

5. Brevet Gultor

Brevet Gultor adalah tanda keahlian prajurit yang tergabung dalam Sat-81 Gultor Kopassus. Prajurit elite yang dimiliki Kopassus khusus untuk penanggulangan terorisme.

6. Brevet Pandu Udara (Pathfinder)

Brevet Pandu Udara adlaah tanda kemampuan prajurit unit kecil yang memiliki tugas sangat penting yaitu akan diterjunkan lebih dulu ke daerah musuh sebelum tim utama.

7. Military Freefall Parachutist Badge (US Army)

Military Freefall Parachutist Badge merupakan tanda keahlian yang didapat usai menjalani pendidikan di sekolah dan pusat peperangan khusus Angkatan Darat AS.

8. Master Parachutist Badge (US Army)

Master Parachutist Badge merupakan tanda yang didapat setelah menjalani 65 kali penerjunan dan 25 kali di antaranya dengan peralatan tempur lengkap selama 3 tahun.

9. Air Assault Badge (US Army)

Air Assault Badge adalah keahlian prajurit dalam menguasai serangan dari helikopter dengan teknik rappeling dan fast rope, rigging operation, dan slingloading operation.

10. Master Explosive Ordnance Disposal Badge (US Army)

Master Explosive Ordnance Disposal Badge adalah tanda prajurit yang mikiki kemampuan menjinakkan bahan peledak, bahkan mampu membuat, pengerahan, pelucutan, dan pembuangan amunisi peledak tinggi.

11. Parachutist Badge (Royal Australian Army)

Parachutist Badge adalah tanda prajurit yang telah memenuhi syarat penerjun Angkatan Darat Australia dan ditempatkan di unit pasukan dengan kualifikasi airbone atau lintas udara.

12. Expert Marksmanship Badge with Pistol tab (US Army)

Expert Marksmanship Badge with Pistol tab merupakan keahlian prajurit dengan kualifikasi penembak tertinggi Angkatan Darat AS bahkan di atas sharpsooter dan marksman)

13. Wing Penerbang TNI AU (2019).

Wing Penerbang TNI AU merupakan Brevet Kehormatan yang diperoleh usai melakukan penerbangan menggunakan jet tempur Sukhoi Su-30MKK.

Nah, itulah daftar lengkap makna dan arti dari 13 Brevet Militer Milik Jenderal Andika Perkasa selama menjadi prajurit TNI gaes.




13 Brevet Jenderal Andika Perkasa13 Brevet Militer Jenderal Andika PerkasaBrevet Jenderal Andika PerkasaTNIPanglima TNIJenderal Andika PerkasaAndika PerkasaBrevet

Share to: