1 Desember 2021 Adalah Hari Peringatan AIDS Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

1 Desember 2021 Adalah Hari Peringatan AIDS Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Foto

Kolase Foto 1 Desember 2021 Adalah Hari Peringatan AIDS Sedunia, (Foto: iStock)


1 Desember 2021 adalah Hari Peringatan AIDS Sedunia. Simak yuk fakta sejarah dan ulasan Hari AIDS Sedunia berikut ini. 

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 1 Desember dengan maksud agar masyarakat bisa mengerti dan memahami bahaya dari penyakit HIV-AIDS.

Tak cuma itu, Hari AIDS Sedunia juga diharapkan agar masyarakat bisa memiliki akses yang cukup untuk mencegah dan mengerti terkait pengobatannya jika terjangkit. 

Hari AIDS Sedunia ini ternyata memiliki fakta sejarah yang perlu kamu diketahui gaes. Ini dia fakta sejarah dan ulasan Hari AIDS Sedunia. 

BACA JUGA: 15 Link Twibbon Bingkai Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2021, Lengkap Tutorial Tanpa Aplikasi

Sejarah Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia pertama kali diperingati pada 1 Desember 1988 dan ditetapkan oleh WHO. Pada hari tersebut digunakan sebagai sarana untuk memanfaatkan kesenjangan media yang ada antara pemilihan Presiden AS tahun 1988 dan natal.

Saat itu, diperkirakan terdapat 90.000 hingga 150.000 orang terinfeksi HIV yang lalu menyebabkan AIDS.

Pada dua dekade sejak 1981, setidaknya terdapat 33 juta orang hidup dengan HIV. Sementara itu, 25 juta meninggal karena HIV-AIDS.

Pada 1996, Operasi Hari AIDS Sedunia diambil alih oleh UNAIDS dan memperluas cakupan proyek menjadi kampanye pencegahan dan pendidikan sepanjang tahun.

Pada 2004, kampanye AIDS sedunia akhirnya bisa terdaftar sebagai organisasi nirlaba yang berbasis di Belanda. 

Setiap tahunnya, Hari AIDS Sedunia selalu membawa kampanye dan tema berbeda soal AIDS. Pada 2018 misalnya, Hari AIDS Sedunia mengusung tema 'Kenali Status Anda'. 

Hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong komunitas global untuk mendiagnosis 90 persen populasi HIV di dunia pada 2030.

Pada 2021, Hari AIDS Sedunia mengusung tema 'Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS'. Hari AIDS Sedunia pada tahun ini berfokus pada menghadapi ketidak setaraaan pada akses layanan AIDS dan HIV, serta menjangkau masyarakat terbelakang yang tak menerima layanan HIV dengan layak.

BACA JUGA: 25 November 2021 Adalah Hari Guru Nasional, Berikut Fakta dan Sejarahnya

Pesan Penting Hari AIDS Sedunia

Pada tanggal 1 Desember selalu membawa pesan penting setiap tahunnya. Pada tahun 2021 ini, Hari AIDS Sedunia membawa pont penting yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Berkomitmen mengakhiri penyebaran HIV-AIDS. 

2. Mengatasi HIV dan COVID19 bersama-sama.

3. Fokus pada kesetaraan, yaitu memastikan bahwa setiap orang memiliki akses yang sama terkait pengujian, pengobatan, perawatan HIV hingga vaksinasi.

4. Fokus kepada mereka yang belum melek akan HIV-AIDS

Itulah fakta sejarah Hari AIDS Sedunia yang selalu diperingati pada 1 Desember setiap tahunnya.




Hari Peringatan AIDS SeduniaHari Peringatan AIDSsejarah Hari Peringatan AIDSFakta Hari Peringatan AIDSFakta Sejarah Hari Peringatan AIDSTwibbon Hari Peringatan AIDSBingkai Hari Peringatan AIDS

Share to: