2 Desember 2021 Adalah Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan, Ini Fakta Sejarahnya

2 Desember 2021 Adalah Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan, Ini Fakta Sejarahnya

Foto

Kolase Foto Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan, Ini Fakta Sejarahnya (Foto: iStock)


2 Desember 2021 adalah Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan. Simak yuk fakta sejarahnya berikut ini. 

Perbudakan didefinisikan sebagai sebuah istilah umum yang mencakup praktik-praktik yang mengarah kepada eksploitasi yang tak dapat ditolak atau ditinggalkan karena adanya ancaman, kekerasan, pemaksaan, penipuan, dan/atau penyalahgunaan kekuasaan. 

Beberapa contoh praktik perbudakan diantaranya seperti kerja paksa, jeratan hutang, kawin paksa, serta perdagangan manusia. 

Menurut data dari Organisasi Buruh Internasional (ILO) menunjukkan bahwa lebih dari 40 juta orang di seluruh dunia menjadi korban perbudakan pada tahun 2016. 25 juta diantaranya dalam kerja paksa, sementara 15 juta dalam pernikahan paksa. 

Tak berhenti sampai di situ aja, ILO mencatat 150 juta anak menjadi pekerja anak atau satu dari sepuluh anak di seluruh dunia termasuk dalam pekerja anak. 

BACA JUGA: 1 Desember 2021 Adalah Hari Peringatan AIDS Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Fakta sejarah Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan

Sejarah peringatan Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan pada 2 Desember menandai tanggal pengadopsian konvensi penindasan terhadap orang-orang yang diperdagangkan dan eksploitasi terhadap orang lain (Convention for the Suppression of the Traffic in Persons and of the Exploitation of the Prostitution of Others) dalam resolusi Majelis Umum PBB Nomor 317 (IV) pada 2 Desember 1949.

Konvensi tersebut adalah salah satu awal perjalanan dalam upaya memberikan perlindungan bagi korban perbudakan, terlebih bagi anak-anak di bawah umur dan perempuan.

Fokus Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan

Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan ini sendiri berfokus pada pemberantasan bentuk perbudakan kontemporer, diantaranya seperti perdagangan manusia, eksploitasi seksual, pekerja anak, kawin paksa, hingga perekrutan anak-anak untuk digunakan di konflik bersenjata. 

BACA JUGA: 16 November Adalah Hari Toleransi Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah itulah beberapa fakta sejarah Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan yang diperingati pada 2 Desember setiap tahunnya.




Hari Internasional untuk Penghapusan PerbudakanPenghapusan PerbudakanHari InternasionalHari Internasional Penghapusan PerbudakanSejarah Hari Internasional Penghapusan PerbudakanFakta Hari Internasional Penghapusan PerbudakanFakta Sejarah Hari Internasional Penghapusan Perbudakan

Share to: