Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Terjadi di Cianjur, Ini Penyebab dan Dampaknya

Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Terjadi di Cianjur, Ini Penyebab dan Dampaknya

Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Terjadi di Cianjur, Ini Penyebab dan Dampaknya

Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Terjadi di Cianjur (Foto: Berbagai sumber)


Gempa Bumi berkekuatan Magnitudo 3,0 terjadi di Cianjur, ini penyebab dan dampaknya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru saja memberikan informasi bahwa telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,0 di Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 Desember 2021 pukul 07.41 WIB.

Titik koordinat gempa bumi terjadi pada 6.99 lintang selatan dan 107.16 bujur timur. Gempa ini menyebabkan barang-barang di rumah warga berjatuhan. Pihak BMKG pun memberikan penyebab gempa tersebut bisa terjadi di Cianjur serta dampak yang diakibatkan.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Tsunami Pasca Gempa Magnitudo 7,5 di Laut Flores

Penyebab Gempa Bumi di Cianjur

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Hendro dalam keterangannya dilansir Detik.com.

Dampak Gempa Bumi di Cianjur

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,0 ini memberikan dampak di wilayah Cibeber, Kabupaten Cianjur dengan skala intensitas II MMI. Dimana gempa ini dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyangan.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 08:03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ujar Hendro.

Hendro merekomendasikan agar masyarakat Cianjur dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Hendro.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Viral Video Detik-detik Warga Selamatkan Diri dari Hujan Abu

Nah, itulah penyebab terjadinya gempa bumi di Cianjur beserta dampaknya.




Gempa bumiGempa bumi CianjurGempa bumi di CianjurGempa bumi hari iniKekuatan gempa bumi CianjurGempa bumi 20 Desember 2021Penyebab gempa bumi CianjurDampak gempa bumi Cianjur

Share to: