15 Januari 2022 Adalah Hari Peringatan Dharma Samudera, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

15 Januari 2022 Adalah Hari Peringatan Dharma Samudera, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Foto

Fakta Sejarah Hari Dharma Samudera (Foto Istimewa)


Berikut adalah fakta sejarah dan ulasan hari peringatan Dharma Samudera 15 Januari yang diperingati oleh seluruh warga negara Indonesia.

Hari Dharma Samudera adalah peringatan untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru antara tentara Indonesia melawan Belanda.

Selain itu, Dharma Samudera merupakan persitiwa penting dalam sejarah Indonesia sehingga wajib untuk diketahui sejarahnya.

BACA JUGA: 25 Desember 2021 Adalah Hari Natal, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Bagaimana penjelasannya? Berikut fakta sejarah dan ulasan Hari Dharma Samudera yang sudah dihimpun Tim KUYOU.id untuk kamu.

Sejarah Hari Dharma Samudera

Hari Dharma Samudera adalah peringatan untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru antara tentara Indonesia melawan Belanda pada tanggal 15 Januari 1962 silam.

Dalam pertempuran tersebut, Angkatan Laut Indonesia di bawah kepemimpinan Yos Sudarso berusaha mempertahankan Irian Barat agar ta jatuh ke tangan kolonoal Belanda.

Di tahun itulah tiga kapal cepat RI memiliki tugas infiltrasi mendaratkan pasukan di Kaimana, Papua Barat untuk merebut Irian Barat dari Belanda.

Tiga kapal cepat Ri yang bertugas tersbeut adalah Kapal RI Macan Tutul, Kapal RI Macan Kumbang dan Kapal RI Harimau.

Namun saat perjalanan tiba-tiba, tiga kapal tersebut diikuti dan diserang oleh dua pesawat terbang Belanda. Karena kalah persenjataan pertempuran tak seinbang sehingga mengakibatkan tenggelamnya kapal RI Macan tutul dan gugurnya Komodor Yos Sudarso beserta sekitar 25 ABK-nya.

Hari Dharma Samudera Tahun 2022

Peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2022 ini sedikit berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Jika biasanya Hari Dharma Samudera diperingati dengan nernagai kegiatan seperti lomba dan upacara, kini kegitaan tersebut terpaksa tak dilakukan karena adanya pemberlakuan PPKM di berbagai daerah.

Tahun ini, Hari Dharma Samudera akan diperingati dengan mengadakan bakti sosial berupa donor darah di Pulau Morotai bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Morotai dan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mencukupi stok darah di wilayah Pulau Morotai.

BACA JUGA: 15 Desember 2021 Adalah Hari Juang Kartika TNI-AD, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah, itulah sedikit informasi tentang fakta sejarah dan ulasan hari peringatan Dharma Samudera 15 Januari 2022 gaes. Selamat Hari Dharma Samudera gaes!




Hari Dharma SamuderaSejarah Hari Dharma SamuderaDharma SamuderaDharma Samudera 15 JanuariFakta Hari Dharma SamuderaAwal Mula Hari Dharma SamuderaPenatapan Hari Dharma SamuderaUlasan Hari Dharma SamuderaPeringatan Dharma Samudera

Share to: