15 Desember 2021 Adalah Hari Juang Kartika TNI-AD, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

15 Desember 2021 Adalah Hari Juang Kartika TNI-AD, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

15 Desember 2021 Adalah Hari Juang Kartika TNI-AD, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Kolase Foto 15 Desember 2021 Adalah Hari Juang Kartika TNI-AD, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya (Foto: Berbagai sumber)


15 Desember 2021 adalah Hari Juang Kartika TNI-AD. Berikut fakta sejarah Hari Juang Kartika TNI-AD lengkap dengan ulasannya.

Hari Juang Kartika TNI-AD adalah tanggal khusus bagi Korps Infanteri TNI AD untuk mengenang peristiwa pertempuran Ambarawa. 

Sebelumnya, Hari Juang Kartika TNI-AD ini juga disebut Hari Infanteri. Tahun ini, Hari Juang Kartika TNI-AD jatuh pada hari Rabu, 15 Desember 2021.

BACA JUGA: 15 LINK Twibbon Bingkai Hari Hari Juang Kartika TNI-AD 15 Desember, Lengkap Tutorial Tanpa Aplikasi

Berikut fakta sejarah dan ulasan Hari Juang Kartika TNI-AD yang perlu kamu ketahui.

Fakta sejarah Hari Juang Kartika TNI-AD

Tentara Keamana Rakyat (TKR) yang dipimpin oleh Jenderal Soedirman berjuang untuk membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang.

Pertempuran Ambarrawa ini terjadi akibat pihak serikat yang tak mampu menghargai Kemerdekaan Indonesia pada masa itu.

Serangan pembebeasan Ambarawa ini berlangsung selama empat hari empat malam, tepatnya pada 12 Desember 1945 hingga 15 Desember 1945. Pada 14 Desember 1945 pasukan musuh mulai mundur, lalu pada 15 Desember 1945 pasukan sekutu mundur dari bumi Ambarawa sambil melancarkan aksi bumi hangus. 

Pada 15 Desember 1945 itulah, pasukan TKR berhasil memenangkan pertempuran Ambarawa tersebut.  Benteng pertahanan sekutu berhasil runtuh dan direbut pasukan TKR.

Kemenangan besar pasukan TKR yang dipimpin oleh Jenderal Soedirman ini diabadikan dalam bentuk monimen Palagan Ambarawa. 

Berawal dari situlah, TNI AD menjadikan 15 Desember sebagai Hari Infanteri. Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 163/1999, Hari Infanteri kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika. 

BACA JUGA: 11 Desember 2021 Adalah Peringatan Hari Gunung Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Peringatan Hari Juang Kartika TNI-AD

Biasanya TNI AD memperingati Hari Juang Kartika TNI-AD dengan berbagai macam kegiatan. Seperti misalnya Peleton Beranting Yuda Wastu Pramuka Jaya yang sudah menjadi tradisi setiap tahun menjelang peringatan Hari Juang Kartika TNI-AD.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk kembali menggambarkan dan mengingat momen perjalanan gerilya Panglima Besar Tentara Nasional Jenderal Soedirman yang juga dikenal sebagai Bapak TNI.

Momen peringatan Hari Juang Kartika TNI-AD ini juga memberikan pesan penting bahwa dengan berbekal tekad, semangat, senjata serta perlengkapan sederhana, TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang melawan sekutu. 

BACA JUGA: 10 Desember Adalah Hari HAM Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Itu dia gaes fakta sejarah dan ulasan Hari Juang Kartika TNI-AD yang jatuh pada 15 Desember setiap tahunnya. 




Hari Hari Juang KartikaHari Hari Juang Kartika TNI-AD15 Desember Hari apa15 Desember Adalah HariTwibbon Hari Hari Juang KartikaBingkai Hari Hari Juang KartikaLink Twibbon Hari Hari Juang KartikaLink Bingkai Hari Hari Juang KartikaTwibbon Bingkai Hari Hari Juang KartikaSejarah Hari Hari Juang KartikaHari Juang Kartika TNI ADSejarah Hari Juang Kartika TNI ADPeristiwa AmbarawaHari Infanteri

Share to: