10 Desember Adalah Hari HAM Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

10 Desember Adalah Hari HAM Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

10 Desember Adalah Hari HAM Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

10 Desember Hari HAM Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya (Foto: iStock)


Hari HAM Sedunia selalu diperingati setiap tahunnya tepat pada tanggal 10 Desember. Seperti apa ya fakta sejarah dan ulasannya? Simak selengkapnya berikut ini gaes. 

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia diperingati pada 10 Desember oleh seluruh negara di dunia. Hal tersebut resmi dinyatakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai perayaan kaum humanisme. 

Perayaan Hari HAM Sedunia ini berawal dari Majelis Umum PBB yang mengadopsi deklarasi Universal Hak Asasi Manusia atau Universal Declaration of Human Rights (UDHR) pada tahun 1948. 

Sekedar informasi aja nih gaes, UDHR adalah sebuah dokumen yang menjadi tonggak sejarah dunia. Pasalnya, UDHR memaparkan hak-hak yang dimiliki setiap orang sebagai manusia terlepas dari ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, bahasa, politik, atau pendapat lain, asal kebangsaan, atau sosial, properti, kelahiran atau status sosialnya. 

BACA JUGA: 15 Link Twibbon Bingkai Hari HAM Sedunia 10 Desember, Lengkap Tutorial Tanpa Aplikasi

Simak nih gais fakta sejara dan ulasan Hari HAM Sedunia yang jatuh pada 10 Desember 2021 ini. 

Sejarah Hari HAM Sedunia

Sejarah Hari HAM Sedunia berawal dari kekejaman Perang Dunia Ke-II pada tahun 1939-1945 yang memberi pelajaran penting bagi masyarakat dunia. 

Agar menghindari tregedi serupa terjadi lagi, Majelis Umum PBB akhirnya menyepakati Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) atau yang juga dikenal dengan Universal Declaration of HUman Rights (UDHR) pada tahun 1948. 

Pada tahun 1947, Anggota Komisi Umum PBB mulai merumuskan draft awal UDHR. Tepat pada 10 Desember 1948, UDHR diadopsi oleh Majelis Umum PBB. 

Pada 10 Desember 1950 Majelis Umum PBB menerbitkan resolusi 423 yang memuat himbauan kepada semua negara anggota dan organisasi PBB untuk memperingati Hari HAM Sedunia setiap 10 Desember.

Pada momentum itulah pertama kalinya diperingati sebagai Hari HAM Sedunia. Sejak saat itu, masyarakat dunia termasuk Indonesia konsisten memperingati Hari HAM Sedunia pada 10 Desember setiap tahunnya.

BACA JUGA: 3 Desember 2021 Adalah Hari Disabilitas Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Pesan Sekjen PBB di Hari HAM Sedunia 2021

Pada masa Covid-19 ini terdapat berbagai ancaman baru terhadap hak asasi manusia. Beberapa masalah yang dihadapi berbagai negara misalnya kemiskinan dan kelaparan yang makin meningkat. Tak hanya itu, jutaan anak pun kehilangan hak mereka atas pendidikan. 

Karena itulah Sekjen PBB Antonio Guterres mengungap pesan untuk Hari HAM Sedunia 2021 ini. Beberapa diantaranya adalah soal pentingnya pemulihan dari pandemi yang harus menjadi momen untuk memperluas hak asasi manusia dan kebebasan. 

Sekjen PBB juga menegaskan bahwa PBB berdiri untuk hak-hak setiap manusia di dunia. 

BACA JUGA: 2 Desember 2021 Adalah Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan, Ini Fakta Sejarahnya

Nah itu dia fakta sejarah dan ulasan soal Hari HAM Sedunia yang jatuh pada 10 Desember setiap tahunnya.




Hari HAM Sedunia 2021Peringatan Hari HAM SeduniaSejarah Hari HAM SeduniaFakta Hari HAM SeduniaUlasan Hari HAM SeduniaFakta Sejarah Hari HAM SeduniaPeringatan Hari HAM Sedunia 2021Twibbon Hari HAM SeduniaBingkai Hari HAM SeduniaLink Twibbon Hari HAM Sedunia

Share to: