3 Desember 2021 Adalah Hari Disabilitas Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

3 Desember 2021 Adalah Hari Disabilitas Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

3 Desember 2021 Adalah Hari Disabilitas Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Ilustrasi 3 Desember 2021 Adalah Hari Disabilitas Internasional, (Foto: IStock)


3 Desember 2021 adalah Hari Disabilitas Internasional. Simak yuk fakta sejarah dan ulasannya berikut ini gaes. 

Mengutip dari laman WHO, Hari Disabilitas Internasional (HDI) adalah sebuah momentum untuk mendukung hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di seluruh dunia. 

Peringatan Hari Disabilitas Internasional ini juga bertujuan untuk menjawab tantanan dan permasalahan yang dihadapi para penyandang disabilitas. 

Seperti diketahui, para penyandang disabilitas kerap kali mendapat perlakuan diskriminasi hinga dikucilkan oleh masyarakat sekitarnya. 

Berikut fakta sejarah dan ulasan Hari Disabilitas Internasional yang perlu kamu ketahui gaes. 

BACA JUGA: 2 Desember 2021 Adalah Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan, Ini Fakta Sejarahnya

Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Sebelumnya, pada tahun 1990-an orang ang mengalami kesulitan belajad dikategorikan dalam Undang-undang Internasional sebagai idiot, bodoh, dan lemah pikiran. 

Pada 1970, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menakui hak-hak penyandang disabilitas, dari mulai kesejahteraan, perumahan serta persamaan hak atas fasilitas rekreasi dan pendidikan. 

Pada 1971 akhirnya terjadi konvensi PBB terkait hak-hak orang terbelakan mental. Lalu pada 1975 terjadi konvensi terkait hak-hak para penyandang disabilitas. 

Pada 1992, PBB akhirnya memproklamasikan Hari Penyandang Disabilitas Internasional melalui Resolusi Majelis Umum PBB 47/3 tahun 1992 silam. 

Dari situlah PBB menjadi organisasi yang terus kesetaraan dan kesejateraan para penyandang disabilitas melalui Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember setiap tahunnya. 

BACA JUGA: 16 November Adalah Hari Toleransi Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Tema Hari Disabilitas Internasional 2021

Tahun ini, Hari Disabilitas Internasional mengusun tema 'Building Back Better: Toward a Disability-Inclusive, Accessible, and Sustaunable Covid-19 World' atau 'Membangun Kembali Kehidupan yang Lebih Baik, Lebih Inklusif, Lebih Berkelanjutan di Masa Pandemi Covid-19'.

Tak hanya menjadi momentum untuk memberikan dukungan dan mendorong kesejahteraan penyandang disabilitas, melalui peringatan Hari Disabilitas Internasional inilah diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat soal disabilitas dan menghilangkan stigma terhadap penyandan disabilitas. 

BACA JUGA: 1 Desember 2021 Adalah Hari Peringatan AIDS Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah itulah fakta sejarah dan ulasan terkait Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember 2021 besok gaes.




Hari Disabilitas InternasionalFakta Hari Disabilitas InternasionalSejarah Hari Disabilitas InternasionalUlasan Hari Disabilitas InternasionalFakta Sejarah Hari Disabilitas Internasional3 Desember Hari Apa3 Desember 20213 Desember 2021 Hari ApaPeringatan Hari Disabilitas InternasionalSejarah Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Share to: