Fakta Sebenarnya Tentang Makam Upin Ipin Ternyata Hoax, Ini Lokasi Aslinya!

Fakta Sebenarnya Tentang Makam Upin Ipin Ternyata Hoax, Ini Lokasi Aslinya!

Fakta Sebenarnya Tentang Makam Upin Ipin Ternyata Hoax, Ini Lokasi Aslinya!

Kolase dan Fakta Sebenarnya Tentang Makam Upin Ipin Ternyata Hoax, Ini Lokasi Aslinya! (Foto: TikTok @bang_alonk311)


Inilah fakta sebenarnya tentang makam Upin Ipin yang viral beberapa waktu lalu gaes. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata kabar viral tersebut adalah hoax. 

Dalam video yang viral tersebut terdapat narasi terkait kisah Upin Ipin yang cukup tragis. Tak hanya itu, video tersebut juga menampilkan makam Upin dan Ipin yang berdampingan.

Video viral itu pun menuai beragam komentar netizen. Beberapa diantaranya benar-benar mengira bahwa kedua makam tersebut adalah makam asli Upin dan Ipin. 

Netizen juga menduga bahwa kartun Upin Ipin yang kini ditayangkan di TV merupakan kisah nyata yang jalan ceritanya hanyalah khayalan dari sang nenek atau yang kerap disapa Opah. 

Namun beberapa diantaranya justru mengungkap bahwa video tersebut diambil hanya untuk mencari sensasi semata.  

BACA JUGA: Viral di TikTok Kisah Nyata Upin Ipin, Ternyata Sudah Meninggal Dunia?

Video viral Upin Ipin

Video viral tersebut diunggah oleh akun TikTok @bang_alonk3110 pada 15 Januari 2022. Hingga kini video tersebut sudah berhasil meraih 37,5 juta viewers. 

"Pantesan gak pernah gede'.. ternyata cerita berdasarkan Khayalan Opah 10 tahun yang lalu," tulis keterangan dalam video tersebut. 

Dalam video tersebut nampak makam Upin dengan tertulis nama Upin lengkap dengan tanggal meninggalnya pada 6 Agustus 1995. Sementara itu, di makam Ipin tertulis meninggal pada 2 April 1996. 

BACA JUGA: Viral Video Doddy Sudrajat Datangi Rumah Haji Faisal, Ingin Bawa Gala Diam-diam?

Fakta sebenarnya Upin Ipin

Melalui unggahan itu, @bang_alonk3110 mengaku mendapatkan video tersebut dari seorang teman dari Malaysia. Menurutnya, cerita ini merupakan kisah dari nenek yang diungkap ke dalam animasi. 

"Maaf ya gaes jadi rame... Video ini alonk dapat dr temen yang juga orang malaysia.. katanya ini berdasar kisah dr nenek di sana yang diungkap kedalam animasi," katanya. 

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata video tersebut adalah hoax. Fakta sebenarnya soal makam Upin Ipin tersebut diungkap oleh kanal YouTube Sahabat Alstro. 

Dalam kanal YouTube tersebut disebutkan bahwa makam Upin Ipin yang viral itu bukan terletak di Malaysia, melainkan Indonesia. 

Jadi, makam upin ipin tersebut diduga hanya kebetulan saja. Pada sisi lainnya, ada yang beraanggapan bahwa video tersebut hanya dibuat untuk mengambil keuntungan saja.

Lokasi makam Upin Ipin 

Video tersebut sebenarnya diunggah pertama kali oleh akun @stroberyderimilk. Ia bersama teman-temannya datang langsung ke makam yang terletak di Palu, Sulawesi Tengah. 

BACA JUGA: Fakta dan Profil Joshua Wowor, Penyanyi Viral Nyanyikan Lagu Easy on Me di TikTok

Itulah fakta sebenarnya terkait makam Upin Ipin yang viral di TikTok beberapa waktu lalu.




makam Upin IpinViral makam Upin IpinFakta makam Upin IpinFakta Sebenarnya makam Upin IpinLokasi makam Upin Ipinmakam Upin Ipin Hoax

Share to: