Biodata Capt Abdul Rozak, Lengkap Umur dan Agama, Pilot Pesawat Garuda Mendarat di Sungai

Biodata Capt Abdul Rozak, Lengkap Umur dan Agama, Pilot Pesawat Garuda Mendarat di Sungai

Foto

Kolase foto Capt Abdul Rozak Garuda Indonesia informasi biodata lengkap umur dan agama di KUYOU.id (Foto: Berbagai Sumber)


Nama Kapten Abdul Rozak kembali menjadi perbincangan menyusul insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 tujuan Jakarta-Pontianak.

Abdul Rozak merupakan pilot atau kapten maskapai Garuda Indonesia yang sempat menuai pujian selangit karena aksi heroiknya melakukan pendaratan di air beberapa waktu yang lalu.

Seperti yang kita ketahui, dalam keadaan mendesak di penerbangan, sangat sulit untuk bisa melakukan pendaratan di air. 

Ada banyak kasus kecelakaan pesawat yang berakhir jatuh dan menghilang di perairan seperti halnya Sriwijaya Air SJ182 pada Sabtu 9 Januari 2021 kemarin.

Baca Juga: Biodata Haji Afwan, Lengkap Umur dan Agama, Pilot Sriwijaya Air SJ182 Kecelakaan

Namun, pada tahun 2002, pendaratan darurat Garuda Indonesia GA421 berhasil dilakukan di Sungai Bengawan Solo oleh Capt Abdul Rozak lho gaes!

Penasaran dengan sosoknya? Berikut biodata Capt Abdul Rozak lengkap dengan umur dan agama berdasarkan data yang dihimpun oleh tim KUYOU.id melalui dunia digital.

1. Profil dan Biodata  Capt Abdul Rozak

- Nama: Abdul Rozak

- Tempat asal: Kudus, Jawa Tengah

- Tempat tinggl: Tangerang, Banten

- Umur: 56 Tahun

- Agama: Islam

- Pasangan: Istiqomah

- Pendidikan: Sekolah Penerbangan

- Pekerjaan: Pilot Garuda Indonesia Boeing 737-300

2. Capt Abdul Rozak Mencetak Sejarah

Kisah Capt Abdul Rozak ini memang menjadi salah satu yang gak bisa terlupakan sepanjang sejarah penerbangan Indonesia.

Sejauh ini, hanya ada 2 pendaratan darurat pesawat di air yang berhasil lho gaes. Pertama oleh US Airways 1549 di Sungai Hudson, Amerika Serikat pada tahun 2019 silam. Kedua, Garuda Indonesia GA421 pada 16 Januari 2002.

Baca Juga: Viral Suara 'Oh Tubuhku' Dalam Laut Diduga Penumpang Sriwijaya Air SJ 182, Hoaks atau Fakta?

Bukan hanya berhasil melakukan pendaratan daurat di air, bahkan tak ada penumpang yang menjadi korban dalam pendaratan yang hebat tersebut lho gaes!

3. Kisah Pendaratan Darurat di Air oleh Capt Abdul Rozak

Mengapa Garuda Indonesia GA421 kala itu harus melakukan pendaratan darurat? Berikut penggalan ceritanya dilansir dari berbagai sumber.

Sehari sebelum kejadian, Capt Abdul Rozak baru saja selesai mendaratkan pesawat rute Jakarta-Yogyakarta-Surabaya-Mataram. Dia kemudian bermalam di Mataram karena ada penerbangan lainnya esok hari.

Tiba lah hari dimana dia harus melanjutkan tugasnya melakukan penerbangan Mataram-Surabaya-Yogyakarta-Jakarta. Pesawat tersebut membawa 54 penumpang dan 6 kru.

Sayangnya, kala itu cuaca sedang tidak bersahabat. Hujan deras datang. Pesawat  B737-300 tersebut kemudian melaju dan kemudian tiba-tiba mesin mati di ketinggian 18 ribu kaki gaes!

Pilot 56 tahun tersebut kemudian berusaha untuk menyalakan mesin pesawat dengan berbagai cara ditengah badai hujan. Karena upayanya tak berhasil, dia kemudian memilih untuk melakukan pendaratan darurat.

Pendaratan tersebut dilakukan tanpa mengeluarkan roda pesawat maupun menjulurkan sayap. Akhirnya, Capt Abdul Rozak bersama dengan semua penumpang berhasil selamat kecuali seorang kru yang dikabarkan terbentur saat pesawat mendarat dengan keras.

4. Menerima penghargaan

Atas aksi heroiknya tersebut, Capt Abdul Rozak dianugerahi dengan sebuah penghargaan oleh asosiasi penerbang dunia lho gaes.

Hal ini diberikan kepadanya atas kemampuannya dalam mengatasi keadaan darurat di udara sebagai kapten atau pilot gaes!

5. Kembali Viral Karena Selamat dari Gempa Palu

Pada tahun 2018, Capt Abdul Rozak kembali menjadi perbincangan karena mengalami sebuah kejadian yang gak kalah bikin merinding.

Bukan kejadian saat berada di udara, kali ini Pilot Garuda Indonesia ini berhasil selamat dari kejadian gempa Palu Donggala pada 2018 silam.

Setelah melakukan penerbangan dari Makssar, dia sempat terjebak di hotel tempatnya beristirahat. Saat gempa terjadi dia bahkan terpental kesana kemari.

Beruntung, Capt Abdul Rozak menjadi salah  satu yang selamat meskipun hotel tempatnya menginap mengalami kerusakan yang cukup parah lho gaes!

Baca Juga: Analisa Jatuh Sriwijaya Air SJ-182 oleh Astronacci Internasional, Jatuh Vertikal dan Berputar

Nah, itu dia lengkap informasi lengkap dari Capt Abdul Rozak pilot Garuda Indonesia, mulai dari biodata agama umur hingga keluarganya gaes.

Jangan sampai ketinggalan info terbaru tentang artis dan idola kamu hanya di KUYOU.id dan Instagram @kuyou_id ya!




Capt Abdul RozakKisah Capt Abdul RozakBiodata Capt Abdul RozakUmur Capt Abdul RozakGaruda IndonesiaPendaratan daruratPendaratan di AirSriwijaya Air SJ182Sriwijaya Air

Share to: