Sederet Dampak Perang Rusia vs Ukraina Bagi Indonesia, Ini Kata Pengamat!

Sederet Dampak Perang Rusia vs Ukraina Bagi Indonesia, Ini Kata Pengamat!

Sederet Dampak Perang Rusia vs Ukraina Bagi Indonesia, Ini Kata Pengamat!

Dampak Perang Rusia vs Ukraina Bagi Indonesia dalam kolase (Foto Istimewa)


Berikut ini sederet dampak yang ditimbulkan dari perang antara Rusia vs Ukraina bagi Indonesia berdasarkan pandangan pengamat gaes.

Diketahui, perang antara Rusia dengan Ukraina berpengaruh terhadap stabilitas geopolitik global dan ekonomi salah satunya, Indonesia.

Secara tak langsung Indonesia terlibat dalam konfrontasi antara Rusia dan Ukraina yang bisa menimbulkan distabilitas politik, ekonomi dan keamanan.

Apalagi, banyak pengamat yang meramalkan jika konflik kedua negara tersebut memuncak, maka bisa saja akan timbul perang dunia ketiga.

BACA JUGA: Ukraina dan Putin Trending, Ledakan Terdengar Usai Presiden Rusia Umumkan Operasi Militer Gaes!

Harga Minyak Melambung

Akibat perang antara Rusia vs Ukraina, harga minyak mentah Brent di pasar komoditas global melambung, mencapai level tertinggi di 101,34 dolar AS per barel di awal perdagangan Asia.

Begitu juga dengan minyak mentah jenis WTI AS yang melonjak sampai 4,59 persen ke 96,33 dolar AS per barel untuk pertama kalinya sejak 2014.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan memastikan harga migas dan komodmitas energi lainnya akan meningkat.

“Secara otomatis ke depan PNBP [pendapatan negara bukan pajak] akan meningkat. Kemudian juga dari sisi pajak akan mengalami kenaikan,” katannya.

Ekonomi Anjlok

Dampak lain dari perang antara Rusia vs Ukraina adalah ekonomi Indonesia bisa anjlok karena terganggu perdagangan internasionalnya.

"Secara fisik, dampaknya mungkin tidak terasa, tapi secara ekonomi ini bisa mengganggu perdagangan internasional, terutama sektor energi dan minyak," ucap pakar hubungan internasional dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Riza Noer Arfani.

Kondisi ini juga akan berdampak pada peningkatan Indonesian crude price (ICP).

Pengaruh kepemimpinan Indonesia di G20

Selain itu, dampak dari Rusia-Ukraina bisa menjadi tantangan kepemimpinan Indonesia di G20, menurut pengamat hubungan internasional lainnya dari UGM, Muhadi Sugiono."Pengaruh ke kita (Indonesia) bakal ada, konflik pecah di Ukraina akan berpengaruh pada ekonomi global. Dan bagi Indonesia, pengaruh besar ada pada pemimpin Indonesia di G20," ujar Muhadi.

G20 atau kelompok 20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa. Indonesia menjadi ketua G20 selama 2022.

BACA JUGA: Apa Itu NATO? Organisasi Diperbincangkan dalam Konflik Rusia-Ukraina, ini Sejarah dan Anggotanya

Nah, itulah sederet dampak yang ditimbulkan dari perang antara Rusia vs Ukraina bagi Indonesia berdasarkan pandangan pengamat.




UkrainaRusiaVladimir PutinVolodymyr Zelenskyserangan Rusia ke UkrainaPerang Ukraina RusiaDonbassLuhanskLedakan di Kyiv Ukrainainvasi Rusia ke Ukrainadampak Rusia vs Ukrainadampak perang Rusia Ukrainadampak Rusia Ukraina bagi Indonesia

Share to: