Menteri Parekraf Sandiaga Uno Ngobrol Bareng Pengusaha Muda Asal Banjarnegara, Produk Desa Tembus Pasar Internasional!

Menteri Parekraf Sandiaga Uno Ngobrol Bareng Pengusaha Muda Asal Banjarnegara, Produk Desa Tembus Pasar Internasional!

Menteri Parekraf Sandiaga Uno Ngobrol Bareng Pengusaha Muda Asal Banjarnegara, Produk Desa Tembus Pasar Internasional!

Kajian Ekonomi Series 2 - Kolaborasi (Foto: Zoom)


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno baru saja melangsungkan seminar online bertajuk Kajian Ekonomi Series 2 - Kolaborasi bersama dengan Rumah Mocaf Indonesia hingga para persatuan petani muda Indonesia lho gaes!

Rumah Mocaf Indonesia adalah produsen dan eksportir tepung terigu serba guna bebas gluten yang dirintis sejak 2014 di Banjarnegara, Indonesia. Perusahaan ini dibuat sebagai program pemberdayaan petani singkong di kota tersebut yang kemudian berkembang menjadi industri berbasis sociopreneur sejak tahun 2017.

Kini Rumah Mocaf Indonesia telah bekerja sama dengan lebih dari 452 petani yang terbagi dalam 11 Kelompok Tani Singkong binaan lho gaes!

Nah, bersama Menteri Sandiaga Uno, Riza Azyumarridha Azra selaku Founder Mocafine, Rumah Mocaf Indonesia ini membagikan tentang suksesnya produk desa yang kini go internasional. Bahkan berhasil menembus pasa Eropa dan Amerika Serikat.

Produk Hasil Petani Singkong Indonesia yang Sukses Mendunia

Rumah Mocaf Indonesia diketahui memiliki salah satu produk andalan berupa tepung terigu serba guna yang dihasilkan oleh para petani singkong di Banjarnegara. Produk ini merupakan salah satu UKM Ekonomi Kreatif yang memiliki banyak dampak dari hasil kolaborasi para petani lokal dan pengusaha muda Tanah Air.

Banjarnegara yang dikenal sebagai penghasil singkong terbesar kedua di Jawa Tengah ini pun berhasil menjadi peluang yang sangat rugi untuk di sia-siakan bagi Riza Azyumarridha Azra, founder Mocafine, Rumah Mocaf Indonesia.

Pengusaha muda lulusan Teknik Elektro ini berhasil merintis usahanya dengan mengolah singkong menjadi tepung Mocaf. Hal ini dilaluinya dengan melakukan sejumlah memberikan edukasi dan bekal kepada para petani.

Sehingga kini mereka bisa memproduksi dan memasarkan Mocaf secara mandiri ke seluruh wilayah di Indonesia. 

"Produk kami asli dari Banjarnegara, produk asli lokal, pangan lokal dan terbuat dari singkong yang di tanam di Banjarnegara," jelas Riza Azyumarridha Azra dalam KKajian Ekonomi Series 2 pada 8 Maret 2022.

Bukan hanya itu, Rumah Mocaf Indonesia juga mengutamakan hasil produk yang sehat dan aman dengan keunggulan mereka yang bebas gluten.

Keunggulan tersebut juga yang berhasil membawa Mocafine menembus pasar global gaes!

"Kami memberdayakan petani singkong karena kami, Rumah Mocaf ini merupakan ekosistem berbasis sociopreneur yang harapan kami bisa bersaing menjadi ekonomi kreatif di bidang kuliner tidak hanya di Indonesia tetapi juga Internasional," lanjutnya.

Bagaimana tidak, meskipun singkong di Indonesia terkenal sebagai makanan sederhana. Padahal jika diolah oleh anak muda bisa menjadi makanan premium bahkan sampai ke luar negeri.

"Kemarin ikut pameran di beberapa negara Eropa dan Amerika ternyata malah justru menjadi primadona. Bahkan Mocaf yang gluten free ini  banyak dicari di negara-negara Eropa dan Amerika."

Riza Azyumarridha Azra juga mengungkapkan pengalamannya saat pergi ke Italia dan Berlgia yang kebanyakan restoran mereka menggunakan tagline "healthy food" dan "gluten free."

Hal ini pun menarik perhatian Sandiaga Uno yang berharap agar produk desa yang mendunia tersebut bisa menjadi sama populernya di Indonesia.

"Ini berarti luar negeri saja sudah sangat mengapresiasi gluten free, healthy food. Kita harusnya bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri ya?" sambut Sandiaga Uno.




Sandiaga UnoKajian Ekonomi Series 2MocafineMocafine IndonesiaRumah Mocaf IndonesiaRiza Azyumarridha Azra

Share to: