2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum Resmi Digelar, Hadirkan 6 Sesi Disuksi Seputar Industri Kreatif hingga AI

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum Resmi Digelar, Hadirkan 6 Sesi Disuksi Seputar Industri Kreatif hingga AI

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum Resmi Digelar, Hadirkan 6 Sesi Disuksi Seputar Industri Kreatif hingga AI

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum Resmi Digelar


2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum telah resmi digelar di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta.

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum menghadirkan enam sesi disuksi yang membahas tentang industri kreatif hingga Artificial Intelligence (AI).

Baca Juga: Presiden KOFICE Kilhwa Jung Buka 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum di Jakarta

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum adalah sebuah forum budaya inovatif yang diselenggarakan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea dan Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE). Dan juga berkolaborasi dengan IndoArtNow, ASEAN Foundation dan Taman Ismail Marzuki.

2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum ini diselenggarakan selama dua hari, yakni 15 dan 16 November 2023 di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta.

ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum merupakan acara tahunan yang selalu digelar setiap tahunnya sejak tahun 2020. Pada penyelenggaraan ketiga ini, 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum mengangkat tema Ketekunan: Kreativitas di Perbatasan.

Penyelenggaraan 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum ini juga bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Korea Selatan.

Hadirkan 6 Sesi Disuksi Seputar Industri Kreatif hingga AI

Dalam 2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum ini, dihadirkan enam sesi diskusi yang menbahas seputar industri kreatif hingga AI yang dibagi ke dalam dua hari.

Di hari pertama dihadirkan tiga sesi diskusi, yakni Perbatasan: Dampak Kolaborasi Lintas Batas pada Industri Kreatif, lalu di sesi kedua ada Kecerdasan Buatan: Penggunaan dan Dampak AI terhadap Industri Kreatif, dan di sesi ketiga Lingkungan: Peran Praktisi Kreatif dalam Mengatasi Masalah Lingkungan Hidup.

Lanjut ke hari kedua dihadirkan tiga sesi selanjutnya, yakni sesi keempat membahas tentang Kolaborasi: Pentingnya Aspek Kolaboratif dalam Upaya Kreatif, sesi kelima membahas tentang Copyright: Kekhawatiran Etis dan Masalah Copyright di Industri Kreatif, dan sesi keenam yang menjadi sesi terakhir membahas tentang Masa Depan: Insights Kreatif dalam Membentuk Masa Depan.

Hadirkan Dua Pameran di Art:1 New Museum dan Art Jakarta

Selain forum, diharikan pula pameran yang bertajuk "2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Exhibition, PERSEVERANCE: ART CROSSING BORDERS" pada 14-25 November 2023.

Pameran ini diadakan di Art:1 New Museum dan menampilkan 21 karya seni dari 14 karya seni kolektor dari ASEAN-Korea, yaitu; Abigil Hakim (IDN), Alvin Tan (MYS), Diaz Parzada (IDN), Disaphol Chansiri (THA), Iwan Kurniawan Lukminto (IDN), Jayoon Na (KOR), Lou Samson (SGP), Natasha Sidharta (IDN), Nathaniel P. Gunawan (SGP), Yayasan Seni Nguyen (VNM), Rudi Lazuardi (IDN), Sunarto Tinor (IDN), Tom Tandio (IDN), Wiyu Wahono (IDN). 

Selain itu, ada pula pameran budaya inovatif yang bertajuk "2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture Exhibition PERSEVERANCE: Art Crossing Borders" yang digelar pada 17-19 November 2023.

Baca Juga: Ditempat yang Lebih Besar, Art Jakarta 2023 Bakal Hadirkan 68 Galeri Seni Indonesia dan Internasional

Pameran ini akan digelar bersamaan dengan penyelenggaran Art Jakarta pada 17-19 November 2023 di JIEXPO Kemayoran, di Jakarta Pusat. Pameran ini menampilkan 20 lebih karya seni dari 10 galeri seni dari ASEAN-Korea; A+ Works oÿ Art (MYS), Andis Gallery (IDN), Art Porters (SGP) Baik Art (KOR), D Gallerie (IDN), Gajah Gallery (SGP), ISA ART (IDN), Srisasanti Gallery (IDN), Vin Gallery (VNM), Warin Lab Contemporary (THA).




2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture ForumArtificial IntelligenceAI2023 ASEAN-KOREA Innovative Culture ExhibitionArt Jakarta

Share to: