Ditempat yang Lebih Besar, Art Jakarta 2023 Bakal Hadirkan 68 Galeri Seni Indonesia dan Internasional

Ditempat yang Lebih Besar, Art Jakarta 2023 Bakal Hadirkan 68 Galeri Seni Indonesia dan Internasional

Ditempat yang Lebih Besar, Art Jakarta 2023 Bakal Hadirkan 68 Galeri Seni Indonesia dan Internasional

Art Jakarta 2023 (Foto: Istimewa)


Art Jakarta 2023 akan segera digelar pada 17-19 November 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Hadir ditempat yang lebih besar, Art  Jakarta 2023 akan menghadirkan 68 galeri seni dari Indonesia dan internasional.

Baca Juga: Art Jakarta Gardens 2023 Sukses Digelar di Hutan Kota by Plataran, Hadirkan Kolaborasi Seni dan Teknologi Gaes!

Tentang Art Jakarta 2023

Art Jakarta 2023 adalah pekan seni rupa kontemporer internasional yang setiap tahunnya digelar di Jakarta. Art Jakarta 2023 dijadwalkan berlangsung pada 17–19 November 2023 di lokasi konvensi terkemuka, JIEXPO Kemayoran, di Jakarta Pusat.

JIEXPO Kemayoran sendiri merupakan venue baru dari Art Jakarta. Dalam penyelenggaraan sebelumnya, Art Jakarta sendiri menempati venue di Jakarta Convention Center (JCC).

Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta 2023 mengatakan alasan utama kepindahan venue dari JCC ke JIEXPO adalah karena jadwal yang bertepatan dengan KTT ASEAN yang kebetulan akan diselenggarakan di JCC. Hal ini membuat JCC harus melakukan renovasi untuk menyambut para petinggi Negara di ASEAN.

"Kenapa Art jakarta pindah tempat dari JCC ke JIEXPO? Alasannya adalah JCC harus direnovasi untuk KTT ASEAN sehingga jadwal di Agustus bertabrakan dengan masa renovasi," ucap Enin Supriyanto dalam acara Media Gathering Art Jakarta di The Lounge BIMASENA, Jakarta (31/10).

Menempati area gabungan Hall B3 dan C3, dengan luas sekitar 10.000 m2, Art Jakarta 2023 akan menghadirkan pameran lebih besar yang mencakup lebih banyak ekshibitor dibanding tahun lalu. Hal ini juga semakin memudahkan pengunjung untuk bisa menikmati sajian seni yang ada di Art Jakarta 2023 dalam satu tempat.

"Ada keberuntungan dengan lokasi baru dengan adanya satu hall untuk pameran utuh, dari dua arena jadi satu, akan sangat memudahkan pengunjung untuk navigasi untuk eksplor Art Jakarta," sambung Enin.

Untuk tiket Art Jakarta 2023 akan mulai dijual mulai 1 November 2023, di artjakarta.com. 

Hadirkan 68 Galeri Seni dari Indonesia hingga Internasional

Hadir ditempat yang lebih besar, Art Jakarta 2023 akan membawa total 68 galeri dari Indonesia, sebanyak 40 galeri dan internasional dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia sebanyak 28.

Venue yang lebih besar memungkinkan Art Jakarta untuk menggandeng lebih banyak Mitra. Tiga Mitra Utama Art Jakarta 2023 adalah Julius Baer, institusi terdepan dalam sektor wealth management di dunia dengan tradisi panjang sebagai patron seni.

Lalu ada UOB Indonesia, institusi perbankan regional sekaligus pendukung seni rupa yang konsisten mewujudkan komitmennya di Asia Tenggara. Serta Bibit, aplikasi investasi digital pemenang penghargaan yang mendorong literasi finansial di seluruh Indonesia.

Tiga mitra ini seluruhnya berkolaborasi dengan seniman-seniman berbakat, antara lain menghadirkan karya pemenang penghargaan dan karya komisi yang akan tampil perdana. 

Dalam Art Jakarta 2023, para mitra akan menghadirkan karya yang barubaru ini menjadi pemenang penghargaan. Julius Baer meluncurkan karya-karya baru dari para pemenang Julius Baer Next Generation Art Prize in Asia 2023 di area khusus, yaitu Julius Baer VIP Lounge.

UOB Art Space yang memamerkan karya-karya pemenang UOB Painting of the Year dari Indonesia hingga Asia Tenggara. Sementara itu, Treasury, aplikasi perdagangan emas fisik secara digital, memamerkan karya pemenang Treasury Art Prize 2023, Eldwin Pradipta, yang berjudul Is “This Artwork” in the Room with Us Right Now?.

Ada pula SUPERLIVE yang menyajikan karya tiga pemenang kompetisi SUPERMUSIC-SUPERSTAR dalam sebuah instalasi multimedia bertema “Reconstruction The Deconstruction” untuk menyoroti proses kreatif seniman. 

Hadirkan Kembali Program Unggulan Art Jakarta

Selain itu, Art Jakarta juga akan menghadirkan kembali beberapa program unggulan Art Jakarta setiap tahunnya yakni, Gallery, dengan menghadirkan 68 galeri seni dari Indonesia dan internasional.

Kemudian ada Art Jakarta Spot, Platform untuk presentasi istimewa berupa instalasi seni yang telah disesuaikan khusus untuk pekan seni ini. Untuk itu, Spot dalam Art Jakarta 2023 akan memasang sembilan karya seni yang telah terkurasi untuk dipamerkan di area publik pekan seni ini.

Kemudian PLAY by UOB Indonesia. Dirancang khusus untuk menyediakan area bermain bagi anak-anak, mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan. Dipersembahkan oleh UOB Indonesia, PLAY tahun ini dikomisikan kepada Farhan Siki, pemenang UOB Indonesia Painting of the Year 2022, agar menggagas ruang interaktif “Plant a Tree, Plant a Life” yang dinamis di mana anak-anak dapat mengenal seni rupa dengan bermain-main dan berimajinasi. 

Lalu ada SCENE, segmen khusus bagi kolektif seniman dan nirlaba untuk menggalang dana dalam upaya mereka. Art Jakarta mendukung prakarsa yang membutuhkan format kreatif dalam penggalangan ini, khususnya dari mereka yang berada di luar kawasan Jakarta, untuk ikut memperkuat semangat komunitas di kancah seni rupa.

Baca Juga: Art Jakarta 2023 Siap Digelar November, Hadirkan Puluhan Galeri Seni dari Indonesia hingga Rusia

Lalu ada AJ TALK, platfom bagi para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbincang serta berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung.




Art Jakarta 2023SeniArt JakartaGaleri seniPameran seni

Share to: