Viral, Ridwan Kamil Rancang Masjid Seperti PS5, Begini Cerita Lengkapnya

Viral, Ridwan Kamil Rancang Masjid Seperti PS5, Begini Cerita Lengkapnya

Foto

Kolase Foto Ridwan Kamil Rancang Masjid Seperti PS5 (Foto: Twitter @ridwankamil)


Masjid Syaikh Ajlin yang dirancang Gubernur Jawa Barat sekaligus seorang arsitek, Ridwan Kamil belum lama ini jadi perbincangan netizen. 

Pasalnya masjid yang berada di daerah Gaza, Palestina tersebut dinilai mirip dengan bentuk PlayStation 55 (PS5). Masjid tersebut pun sempat viral di Twitter karena keunikan designnya. 

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat yang kerap disapa Emil tersebut ikut menghadiri acara peresmian peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid tersebut yang digelar secara daring pada Rabu, 7 April 2021. 

Kehadirannya dalam peresmian pembangunan masjid tersebut ia ungkap melalui cuitan yang diunggah di akun media sosial Twitter miliknya.

"Bismillahirrahmanirrahim, Peletakan batu pertama Masjid Syeikh Ajlin di Gaza Palestina dimulai tadi siang. Diacarakan di Gaza dan secara virtual dari Gedung Pakuan Bandung," tulis Ridwan Kamil, di akun Twitter @ridwankamil, pada Kamis, 8 April 2021.

Lalu gimana sih cerita di balik pembangunan masjid Syaikh Ajlin di Gaza, Palestina ini? 

Dibangun ulang karena hancur

Sebelumnya, masjid tersebut hancur akibat serangan dan perang dengan Israel. Hampir semua bangunan mesjid itupun hancur lebur. 

"Selama perang berlangsung, 74 masjid bom (dirusak), 140 masjid hancur sebagian. Kami bertekad untuk membantu membangun kembali masjid yang hancur," kata Emil. 

Padaa 2017, Emil lalu bertemu dengan Direktur Aman Palestin, Miftahuddin Kamil. Dari situlah, Emil diminta untuk membuat design Masjid di Palestin. 

Emil pun menyanggupi permintaan tersebut. Ia pun membuat design dengan nilai Rp5 miliar-Rp15 miliar. 

BACA JUGA: Seks Edukasi Gen Z ala Amalthe Kezia: Tips & Trik Aman Orgasme Pakai Love Toys~

Design mirip PS5

Emil mengungkap, terdapat 4 design yang ditawarkan kepada masyarakat Gaza. 

Para ulama dan masyarakat Gaza pun memilih desain masjid yang tak ada kubahnya. Mereka memilih design yang futuristik untuk memberi kesan ada kemajuan zaman. 

Dari situlah mereka memilih design masjid yang dinilai mirip PS5 tersebut. Dalam desain itu, masjid terbagi menjadi dua bangunan dan satu menara. 

BACA JUGA: Twitter Dikabarkan Ingin Beli Clubhouse, Begini Fakta Selengkapnya!

Bukan tanpa alasan, desiain tersebut ternyata punya makna filosofis lho. Menurut emil, menara menunjukkan hubungan dengan Allah, sementara itu kedua bangunan mencirikan hubungan dengan manusia dan alam. 

Selain menjadi tempat ibadah, masjid tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pusat pendidikan bagi mereka yang ingin menghapal AlQuran.

Desain yang unik tersebut mengundang perhatian netizen. Beragam reaksi netizen pun ikut mewarnai kolom komentar unggahan tersebut. 

Anggaran dana masjid Gaza

Untuk membangun masjid dengan desain seperti PS5 tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp20 miliar. Pemprov Jawa Barat sendiri telang menyumbangkan dananya untuk pembangunan masjid di Gaza ini.

BACA JUGA: Fakta-fakta Elon Musk Pasang Chip ke Otak Monyet, Bisa Main Game Lewat Pikiran Gaes!

Emil juga sempat mengajak followersnya dan warga Jawa Barat untuk mendukung program 'udunan masyarakat'. Ia mengajak warga untuk menyumbang demi kelancaran pembangunan. 




Masjid GazaDesain Masjid Ridwan kamilRidwan Kamil desain masjidDesign masjid mirip PS5Masjid berbentuk PS5

Share to: