Fakta-fakta Elon Musk Pasang Chip ke Otak Monyet, Bisa Main Game Lewat Pikiran Gaes!

Fakta-fakta Elon Musk Pasang Chip ke Otak Monyet, Bisa Main Game Lewat Pikiran Gaes!

Fakta-fakta Elon Musk Pasang Chip ke Otak Monyet, Bisa Main Game Lewat Pikiran Gaes!

Kolase Foto dan Fakta-fakta Elon Musk Pasang Chip ke Otak Monyet (Foto: YouTube Neuralinks)


Elon Musk merilis sebuah video yang memperlihatkan seekor monyet dipasangi chip ke otaknya pada Jumat, 9 April 2021. Monyet tersebut nampak sedag memainkan video game sederhana dengan pikirannya. Simak fakta-fakta lengkapnya berikut ini. 

Video berdurasi lebih dari 3 menit tersebut diunggah oleh Neuralink, perusahaan start up Elon Musk.

Dalam video bertajuk 'Monkey MindPong' tersebut, seorang monyet jantan bernama Pager, sudah ditanami chip di setiap sisi otaknya. Ia mampu memainkan 'Mind Pong' dan mengontrol joystik dengan pikirannya melalui gerakkan tangan ke atas atau ke bawah. 

"Produk @Neuralink pertama akan memungkinkan seseorang dengan kelumpuhan untuk menggunakan smartphone dengan pikiran mereka lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan jempol," tulis Musk dalam Twitternya, pada Kamis, 8 April 2021. 

Monyet dipasangi chip canggih

Narator dalam video tersebut menjelaskan bahwa otak monyet beruia 9 tahun itu telah dipasangai perangkat atau chip bernama link. Perangkat canggih ini memiliki lebih dari 2000 kabel kecil yang tersambung dengan korteks motorik otak, merekam aktivitas otak monyet tersebut saat ia bermain game. 

Dengan data itu, Neuralink mengkalibrasi dekoder dengan secara matematis memodelkan hubungan antara pola aktivitas saraf dan berbagai gerakan joystik yang mereka hasilkan.

Sebelum chip canggih itu dipasang pada otak seekor monyet, sebelumnya Neuralink sudah menguji teknologinya pada tiga ekor babi pada Agustus 2020 lalu. 

Mimpi besar Neuralink

Neuralinks sendiri berharap agar teknologinya suatu saat bisa digunakan pada manusia. Dengan begitu teknologi terbaru Neuralink ini bisa membantu mereka yang lumpuh untuk mengoperasikan komputer atau mesin menggunakan otak secara langsung. 

Nah itudia beberapa fakta terkait otak monyet yang dipasang chip canggih oleh milyarder dunia, Elon Musk. 




Elon MuskChip di otak monyetElon Musk Pasang ChipChip monyetNeuralinkMonyet main game

Share to: