Apa Tujuan Dibentuknya Pemuda Pancasila? Simak Ulasan Lengkap Sejarah dan Awal Mula

Apa Tujuan Dibentuknya Pemuda Pancasila? Simak Ulasan Lengkap Sejarah dan Awal Mula

Apa Tujuan Dibentuknya Pemuda Pancasila? Simak Ulasan Lengkap Sejarah dan Awal Mula

Kolase Foto Apa Tujuan Dibentuknya Pemuda Pancasila? Simak Ulasan Lengkap Sejarah dan Awal Mula


Banyak yang bertanya apa tujuan dibentuknya Pemuda Pancasila? Simak yuk ulasan lengkap sejarah dan awal mula dibentuknya Pemuda Pancasila berikut ini. 

Pemuda Pancasila merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959. Organisasi paramiliter Indonesia ini diketuai oleh Japto Soerjosoemarno.

Hingga kini, organisasi Pemuda Pancasila masih aktif dan memiliki banyak anggota. Saat awal mula dibentuk, Pemuda Pancasila diketahui mendukung pemerintah Orde Baru Soeharto.

BACA JUGA: Biodata dan Profil Japto Soerjosoemarno: Umur, Agama dan Karier, Ketua Umum Pemuda Pancasila Gaes!

Ini dia ulasan lengkap sejarah dan awal mula dibentuknya Pemuda Pancasila.

Sejarah dan Awal Mula Dibentuk Pemuda Pancasila

Pemuda Pancasila pertama kali berdiri pada 28 Oktober 1959. Awalnya Pemuda Pancasila didirikan sebagai sayap dari Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) saat orde lama. 

Saat awal pendiriannya, Pemuda Pancasila beranggotakan anak-anak tentara. Pemuda Pancasila ini adalah besutan Jenderal Besar TNI AH Nasution dan sejumlah koleganya. 

Pemuda Pancasila ini diambil dari dasar Negara Indonesia 'Pancasila' yang memiliki lima prinsip resmi negara Indonesia. Saat masa orde baru, Pemuda Pancasila memegang peran penting dalam mendukung kudeta militer Suharto pada 1965.

Dilansir dari berbagai sumber, Pemuda Pancasila menjadi pasukan yang menewaskan satu juta atau lebih yang dituduh komunis di berbagai lokasi. Kini, organisasi tersebut memiliki lebih dari 10 juta anggota lebih yang tersebar di berbagai daerah. 

Tujuan dibangunnya Pemuda Pancasila

Pemuda Pancasila saat awal dibentuknya adalah melindungi NKRI dari dorongan bahaya komunis yang saat itu dikendalikan PKI. 

Pemuda Pancasila saat itu dikenal sebagai organisasi yang memiliki gerakan menjaga dan melestarikan kelima nilai pancasila sebagai dasar negara. 

sejak tahun 1981, Pemuda Pancasila diketuai oleh Japto Soelistyo Soerjosoemarno. Ia juga terpilih menjadi ketua Pemuda Pancasila untuk periode 2019-2024 pada Mubes X, 27 Oktober 2019 di Jakarta. 

Nah itu dia tujuan dibentuknya Pemuda Pancasila yang disajikan lengkap dengan sejarah dan awal mulanya.




Pemuda PancasilaTujuan Pemuda PancasilaApa tujuan Pemuda PancasilaDibentuknya Pemuda PancasilaAwal mula Pemuda Pancasila dibentuksejarah Pemuda Pancasila

Share to: