11 Maret 2022 Adalah Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

11 Maret 2022 Adalah Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

11 Maret 2022 Adalah Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Kolase Foto dan Supersemar (Foto: Berbagai Sumber)


11 Maret 2022 adalah hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar. Simak yuk fakta sejarah hingga ulasannya. 

Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar selalu diperingati pada 11 Maret untuk mengingat sejarah penting Negara Republik Indonesia. 

Dalam peristiwa tersebut, Soekarno menandatangani sebuah surat perintah yang berisi instruksi kepada Soeharto untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi negara Indonesia pada masa itu. 

Berbekal surat perintah Soekarno tersebut, Soeharto pun mulai mengubah beberapa komposisi Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) yang pada akhirnya MPRS mencabut kekusaan Soekarno dan menunjuk Soeharto menjadi Presiden. 

BACA JUGA: 15 Link Twibbon Bingkai Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar 2022, Lengkap Tutorial Tanpa Aplikasi Untuk Profil WA dan Facebook

Ini dia fakta sejarah dan ulasan lengkap Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar. 

Latar belakang terjadinya Sebelas Maret Supersemar

Supersemar sendiri berawal dari kejadian G30S yang membunuh 6 jenderal senior angkatan darat pada 30 September 1065. Saat itu, Soeharto dan pasukannya berhasil mengalahkan kelompok G30S. 

Posisi formal Soekarno sebagai presiden pun mulai surut. Angkatan bersenjata menuduh saingan lamanya dari Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah dalang dari upaya kudetayang ada. Pembersihan anti komunis pun terjadi dan dilakukan oleh Soeharto. 

Suatu ketika saat Soekarno tengah rapat kabinet, pasukan tanpa lencana mengepung istrana presiden. Saat itu Soekarno disarankan untuk meninggalkan pertmuan, ia pun pergi dan terbang ke Istana Bogor. 

BACA JUGA: 20 Februari 2022 Adalah Hari Keadilan Sosial Sedunia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Pada sore harinya, tiga Jenderal TNI beserta beberapa menteri mengunjungi soekarno di Bogor dan pergi dengan Supersemar yang sudah ditandatangani. Supersemar tersebut  diberikan kepada Seoharto. 

Soeharto menggunakan kekuasaan yang diberikan Soekarno untuk melarang PKI. Pada 18 Maret, 15 belas menteri loyalis Soekarno ditangkap. Soeharto juga merupah komposisi MPRS.

Setahun kemudian, tepatnya pada Maret 1967 MPRS mencabut kekuasaan Soekarno dan menunjuk Soeharto menjadi presiden. Soeharto menjadi presiden sampai ia mengundurkan diri pada tahu 1998. 

Untuk itulah 11 Maret diperingati sebagai hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar lantaran dan memiliki makna sejarah penting di baliknya. 

Surat Perintah Sebelas Maret Supersemar

Surat Perintah Sebelas Maret Supersemar ini adalah versi yang dikeluarkan oleh Markas Besar Angkatan Darat (AD) dan tercatat di berbagai buku sejarah. 

Namun sebagian kalangan sejarawan meyakini bahwa Supersemar memiliki berbagai versi. Naskah asli supersemar yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno tersebut juga masih ditelusuri. 

BACA JUGA: Apa Tujuan Dibentuknya Pemuda Pancasila? Simak Ulasan Lengkap Sejarah dan Awal Mula

Itulah fakta sejarah dan ulasan Hari Peringatan Sebelas Maret Supersemar yang jatuh pada Jumat, 11 Maret 2022 ini.




Peringatan Sebelas Maret SupersemarPeringatan SupersemarHari Peringaan Sebelas MaretFakta Sejarah SupersemarUlasan Hari SupersemarTwibbon SupersemarBingkai Supersemar11 Maret 2022 hari apa11 maret hari apa

Share to: