Biodata dan Profil Firli Bahuri: Umur, Agama dan Jejak Karier, Ketua KPK Dilaporkan Terkait SMS Blast

Biodata dan Profil Firli Bahuri: Umur, Agama dan Jejak Karier, Ketua KPK Dilaporkan Terkait SMS Blast

Biodata dan Profil Firli Bahuri: Umur, Agama dan Jejak Karier, Ketua KPK Dilaporkan Terkait SMS Blast

Profil lengkap Umur dan Agama Firli Bahuri (Foto: Instagram @firlibahuriofficial)


Berikut adalah biodata dan profil lengkap Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilaporkan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dengan SMS masking atau SMS blast.

Firli Bahuri adalah seorang Purnawirawan Polri yang tengah menjabat sebagai Ketua KPK kelahiran Sumatra Selatan, 8 November 1963. Umur Firli Bahuri adalah 58 tahun dan memeluk agama Islam.

Dia dilaporkan atas dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku karena menggunakan anggaran negara terkait SMS blast yang tidak ada hubungannya dengan tugas dan juga tanggung jawabnya sebagai ketua KPK.

Baca Juga: Biodata dan Profil Jovanka Mardova: Umur, Karier dan Keluarga, Pemeran Bajaj Bajuri Mantap Pindah Agama

Bagaimana dengan sosoknya? Yuk simak biodata lengkap umur dan agama Firli Bahuri berdasarkan penelusuran KUYOU.id berikut ini.

1. Riwayat Pendidikan Firli Bahuri

Firli Bahuri diketahui lulus dari SMAN 3 PALEMBANG  pada tahun 1982. Dia kemudian melanjutkan pendidikan kepolisian AKABRI pada tahun 1990 dan PTIK pada tahun 199.

Pada tahun 2000, dia melanjutkan pendidikan S2 di KIK UNIVERSITAS INDONESIA kembali ke pendidikan kepolisian SESPIM pada tahun 2004. 

Pada tahun 1990 hingga 1993, Firli Bahuri meraih pangkat Letnan Dua Polisi. Hingga saat ini, dia terus menaiki pangkat hingga menjadi Komisaris Jenderal Polisi.

2. Pernah Menjabat Beberapa Jabatan Penting

Firli Bahuri diketahui pernah menjabat beberapa jabatan penting seperti salah satunya adalah ajudan Wakil Presiden RI Boediono.

Jabatan lain yang pernah didudukinya adalah  Wakil Kepala Kepolisian Daerah Banten, Karopaminal Divpropam Polri, Kepala Kepolisian Daerah Banten, Karodalops Sops Polri, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, Deputi Penindakan KPK, Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Selatan hingga sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri.

Baca Juga: Biodata dan Profil Dokter Sunardi: Umur, Agama dan Profesi, Terduga Teroris Ditembak Mati Densus 88

Lulusan AKABRI tahun 1990 ini bahkan menerima sejumlah tanda jasa seperti Satyalancana Shanti Dharma, Satyalancana Seroja Bintang Bhayangkara Pratama, Bintang Bhayangkara Nararya dan banyak lagi gaes!

 

3. Miliki Gaya Hidup Mewah?

Firli Bahuri juga dikenal karena memiliki gaya hidup yang mewah. Hal ini pernah menjadi persoalan pada tahun 2020 silam karena diketahui menggunakan helikopter perusahaan swasta untuk perjalanan pribadinya ke Baturaja.

Melewati sidang dugaan pelanggaran kode etik yang digelar Dewan Pengawas KPK, dia mengklarifikasi bahwa penyewaan helikopter tersebut bukan bermaksud untuk menunjukkan gaya hidup mewah. Dia mengungkapkan bahwa hal tersebut digunakan untuk kebutuhan dan tuntutan kecepatan tugas.

Firli juga mengatakan bahwa helikopter tersebut disewa dan dibayar menggunakan gajinya dan membantah gratifikasi.

"Gaji saya cukup untuk itu membayar sewa heli dan ini bukan hidup mewah, semua biaya saya bayar sendiri," ungkapnya.

4. Kembali Dilaporkan ke Dewas KPK Terkait SMS Blast

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Firli Bahuri dilaporkan atas dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku karena menggunakan anggaran negara terkait SMS blast yang tidak ada hubungannya dengan tugas dan juga tanggung jawabnya sebagai ketua KPK.

Dia dilaporkan oleh Indonesia Memanggil (IM57+) Institute yang menganggap Ketua KPK menggunakan fasilitas KPK dengan sewenang-wenang.

"Laporan disampaikan berkaitan dengan dugaan Ketua KPK telah sewenang-wenang menggunakan fasilitas KPK yang dibiayai oleh anggaran negara untuk kepentingan pribadinya berupa menyampaikan pesan SMS yang tidak terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya selaku Ketua KPK," kata Senior Investigator IM57+ Institute, Rizka Anungnata. 

Menurutnya, isi SMS yang diterima oleh masyarakat tidak ada kaitannya dengan nilai-nilai antikorupsi dan justru cenderung bersifat personal.

Pesan tersebut berisi: Manusia sempurna, bukanlah manusia yang tidak pernah berbuat salah, tetapi manusia yang selalu belajar dari kesalahan. Ketua KPK RI.

Oleh karena itu, mereka mempertanyakan sumbar anggaran terkait SMS Blast dari KPK tersebut.

5. Biodata dan Profil Firli Bahuri

Nama Lengkap: Purn. Drs. Firli Bahur
Kota Asal: Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
Tanggal Lahir:8 November 1963
Umur:58 Tahun
Agama:Islam
Jabatan:Ketua KPK 2019–2023
Pendidikan:Akademi Kepolisian (1990)
Pangkat: Komisaris Jenderal Polisi
Partai Politik;-

Baca Juga: Biodata dan Profil Okky Bagus Asmara aka Zasmara: Umur, Agama dan Asal, TikToker Ganteng Fanboy BTS

Nah, itu dia biodata dan profil lengkap Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilaporkan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dengan SMS masking atau SMS blast.




Firli BahuriBiodata Firli BahuriProfil Firli BahuriBiografi Firli BahuriFakta Firli BahuriKarier Firli BahuriPendidikan Firli BahuriKekayaan Firli BahuriFirli Bahuri SMS BlastFirli Bahuri Kode EtikKetua KPKKetua KPK Firli Bahuri

Share to: