Arti Kata dan Makna Melukat, Ritual Upacara Pembersihan di Bali Wajib Kamu Ketahui

Arti Kata dan Makna Melukat, Ritual Upacara Pembersihan di Bali Wajib Kamu Ketahui

Arti Kata dan Makna Melukat, Ritual Upacara Pembersihan di Bali Wajib Kamu Ketahui

Kolase Foto dan ilustrasi Melukat, Ritual Upacara Pembersihan di Bali Wajib Kamu Ketahui (Foto: Instagram @golivebali)


Inilah arti kata dan makna Melukat, ritual upacara pembersihan di Bali yang wajib kamu ketahui. 

Melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri seseorang. Upacara Melukat ini dilakukan oleh umat Hindu secara turun temurun hingga saat ini. 

Upacara Melukat ini juga pernah dilakukan oleh artis cantik Pevita Pearce beberapa waktu lalu. Melalui akun Instagramnya, Pevita membagikan momen dirinya mengikuti prosesi Melukat pada Februari 2022 lalu. 

Pevita mengaku melakukan upacara Melukat untuk menyembuhkan trauma dan membersihkan jiwanya. Tak hanya pevita, beberapa artis terkenal lainnya pun pernah melakukan upacara Melukat. 

BACA JUGA: Fakta dan Profil Rara Istiati Wulandari, Pawang Hujan MotoGP Mandalika yang Curi Perhatian

Ini dia arti kata dan makna Melukat, ritual upacara pembersihan di Bali yang wajib kamu ketahui. 

Arti kata dan makna Melukat

Melukat adalah sebuah upacara turun temurun yang dilakukan oleh umat Hindu. Upacara ini dipercaya sebagai sebuah pensucian secara rohani untuk menghilangkan pengaruh kotor atau klesa dalam diri. 

Melukat sendiri berasal dari akta Sulukat yang terdiri dari suku kata Su yang berarti baik dan lukat yang berarti pensucian. 

Upacara Melukat dilakukan di Pura Tirtha Empul, Tampaksiring, Bali, Indonesia. Melukat ini biasanya dipimpin oleh seorang pemangku. 

Untuk melakukan upacara Melukat ini, terdapat sesajian seperti prascita dan bayuan yang disiapkan dengan memberi mantra-mantra. Selain itu, orang yang melakukan melukat ini juga dimantrai terlebih dulu oleh pemangku. Orang tersebut juga disiram dengan air kelapa gading. 

BACA JUGA: Viral Video Fabio Quartararo Tirukan Aksi Pawang Hujan MotoGP, Kocak Abis Gaes!

Ritual melukat

Selain diberikan mantra dan disiram air kelapa gading, orang yang melakukan upacara ini juga melakukan serangkaian ritula lainnya. Beberapa diantaranya seperti pemandian di danau, sungai, atau laut, atau tempat pemandian yang diyakini membawa berkah. 

Ritual Melukat ii dilakukan saaat bulan purnama, tilem, Kajeng Kliwon. Biasanya, upacara ini dilakuakan secara ramai-ramai, seperti jawatan ,pemerintahan, sekolah, dan masyarakat setempat. 

BACA JUGA: Fakta dan Profil Ratna Listy, Penyanyi Cantik yang Dalami Ilmu Spiritual

Nah itu dia arti kata dan makna Melukat, upacara pembersihan di Bali yang wajib kamu ketahui. 




MelukatArti kata Melukatmelukat Melukatarti kata dan makna Melukatritual Melukatapa itu Melukatupacara Melukatmengenal upacara Melukat

Share to: