Apa Itu Metode Cuci Otak Dokter Terawan? Prabowo Subianto dan 5 Tokoh Ini Pernah Jadi Pasien

Apa Itu Metode Cuci Otak Dokter Terawan? Prabowo Subianto dan 5 Tokoh Ini Pernah Jadi Pasien

Foto

Apa Itu Metode Cuci Otak Dokter Terawan? (Foto: Berbagai sumber)


Prabowo Subianto dan lima tokoh ini pernah menjadi pasien metode cuci otak, lalu sebenarnya apa itu metode cuci otak yang dikembangkan dokter Terawan?

Metode cuci otak yang dikembangkan dokter Terawan saat ini sedang viral dan menjadi bahan perbincangan. Akibat metode cuci otak ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencabut izin praktek dan keanggotaan dokter Terawan.

Diketahui bahwa terdapat lima tokoh yang pernah menjadi pasien metode cuci otak dokter Terawan, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Biodata Terawan Agus Putranto, Lengkap Umur dan Agama, Menteri Kesehatan RI yang Dari TNI

Lalu, apa itu metode cuci otak dokter Terawan? Yuk simak penjelasannya dibawah sini beserta kelima tokoh yang pernah memakai metode tersebut.

Apa Itu Metode Cuci Otak Dokter Terawan?

Metode cuci otak ini memiliki nama lain yakni metode digital subtraction angiography (DSA). Metode DSA atau metode cuci otak adalah metode yang digunakan untuk memberikan gambaran pembuluh darah di otak untuk mendeteksi penyakit stroke. 

Dalam pelaksanaannya, seorang dokter akan memasukkan kateter melalui arteri di kaki dan mengalirkannya ke pembuluh darah di otak. Kemudian menyuntikkan cairan kontras yang mampu memberikan gambaran utuh mengenai pembuluh darah di organ dalam tubuh.

Namun, dokter Terawan mengembangkan metode DSA atau metode cuci otak tersebut dengan tidak hanya menyuntikkan cairan kontras, dokter Terawan juga memasukkan heparin ke dalam pembuluh darah. Ini merupakan obat khusus yang berfungsi mengencerkan darah.

Namun sayangnya penelitian dokter Terawan ini dianggap telah menyalahi kode etik kedokteran, sehingga izin praktek dan keanggotannya dari IDI pun dicabut.

5 Tokoh yang Pernah Menjadi Pasien Metode Cuci Otak Dokter Terawan

1. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto mengaku pernah menjadi pasien metode cuci otak dokter Terawan pada tahun 2018.

Prabowo mengaku ia mengalami penyakit vertigo selama bertahun-tahun dan membuatnya sulit untuk berdiri terlalu lama ketika melakukan pidato kunjungan.

Setelah berdiskusi dengan dokter Terawan, Prabowo menjalani terapi cuci otak sebanyak 4 kali. Setelah melakukan terapi, Prabowo mengaku bahwa ia sudah bisa pidato selama 3 jam hingga 5 jam tanpa merasakan vertigo tersebut menyerang kembali.

2. Dahlan Iskan

Mantan Menteri BUMN 2011-2013, ini pernah menuliskan sebuah tulisan berjudul "Membersihkan Gorong-Gorong Buntu di Otak".

Tulisan tersebut diketahui Dahlan Iskan tuliskan untuk menceritakan kronologi metode cuci otak yang dilakukan oleh dokter Terawan kepadanya pada tahun 2013.

Dahlan menceritakan bahwa ia penasaran dengan metode tersebut walau pada saat itu Terawan sudah dilanda kontroversi.

Setelah berdiskusi dengan dokter Terawan, Dahlan melakukan metode cuci otak di ruang operasi RSPAD Gatot Subroto.

Setelah melakukan metode tersebut, Dahlan mengaku otaknya merasa lebih fresh dan sehat.

3. Aburizal Bakrie

Kedeketan Aburizal Bakrie dengan dokter Terawan sudah terjalin sejak Aburizal menjadi pasien metode cuci otak dokter Terawan.

Aburizal mengatakan bahwa ia berhutang nyawa dengan Terawan yang telah menyelamatkan hidupnya dari serangan stroke.

Bahkan Aburizal menjadi salah satu penerima vaksin nusantara yang dikembangkan dokter Terawan pada tahun 2021.

4. Ani Yudhoyono

Mendiang Ani Yudhoyono juga pernah menjadi pasien dokter Terawan yang sempat dirawat di rumah sakit Singapura.

Semasa hidupnya, Istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut diketahui mengalami penyakit kanker darah harus dilarikan ke rumah sakit National University Hospital, Singapura untuk mendapatkan perawatan intensif.

Terawan yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala RSPAD diutus oleh Jokowi untuk menangani langsung dan melakukan pendampingan terhadap Ibu Ani di Singapura.

Namun belum diketahui apakah Ani Yudhoyono sempat menerima metode cuci otak dari dokter Terawan atau belum.

5. Mahfud MD

Mahfud MD juga mengaku pernah menjadi pasien metode cuci otak dokter Terawan pada tahun 2018. Mahfud MD mengatakan saat itu ia mengalami gejala stroke, setelah menerima terapi cuci otak dokter Terawan, Mahfud mengatakan bahwa kondisinya semakin membaik.

Nah, itulah penjelasan mengenai metode cuci otak dokter Terawan beserta kelima tokoh yang pernah memakai metode tersebut.




Dokter TerawanMetode cuci otakTerapi cuci otakMetode cuci otak dokter TerawanTerapi cuci otak dokter terawanApa itu Metode cuci otakMetode cuci otak adalahTokoh metode cuci otakPasien metode cuci otak

Share to: