Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajud, Lengkap Arab, Latin Hingga Terjemahannya

Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajud, Lengkap Arab, Latin Hingga Terjemahannya

Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajud, Lengkap Arab, Latin Hingga Terjemahannya

Ilustrasi Sholat Tahajud (Foto: iStock)


Simak yuk bacaan niat dan doa Sholat Tahajud yang disajikan lengkap dengan arab, latin, hingga terjemahannya. 

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan sepertiga malam. Kamu bisa melakukan sholat tahajud sebelum sahur gaes. 

Jika kamu melakukan Sholat sunnah Tahajud, maka kamu akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Sholat Tahajud sendiri diyakini sebagai salah satu ibadah yang istimewa di bulan Ramadhan. 

Hal tersebut juga disebutkan dalam Al-Quran, dimana siapapun yang mengerjakan Sholat Tahajud akan disebut sebagai hamba-Nya yang terpuji di mata Allah SWT. 

BACA JUGA: Jadwal Imsakiyah Kota Surabaya Ramadan 2022, Lengkap Dengan Sholat dan Buka Puasa

Ini dia bacaan niat dan doa Sholat Tahajud, lengkap dengan Arab, Latin, dan terjemahannya. 

1. Niat Sholat Tahajud

Membaca niat Sholat Tahajud adalah salah satu hal yang dianjurkan dan ada dalam tata cara Sholat Tahajud. Bacaan niat ini harus diucapkan dengan baik dan benar. 

Usholli Sunnatat-tahajudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alaa. 

Artinya: "Aku niat sholat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta'ala". 

2. Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara Sholat Tahajud tak jauh berbeda dengan sholat 5 waktu pada umumnya. Beberapa hal yang membedakannya adalah bacaan niat, doa setelah sholat tahajud, dan jumlah rakaatnya. 

Pasalnya, Sholat Tahajud bisa dilakukan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat. Inilah tata cara Sholat Tahajud yang perlu kamu ketahui. 

  • Membaca niat Sholat Tahajud
  • Melakukan takbiratul Ihram dan Doa Iftitah
  • Membaca Surat Al-Fatihah
  • Membaca Surat Pendek
  • Rukuk dengan Tumakninah
  • I'tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud
  • Mengulang seperti rakaat pertama
  • Takhiyat akhir
  • Salam

BACA JUGA: Bacaan Zikir Setelah Sholat Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya, Amalan Bulan Ramadan 2022

3. Bacaan doa setelah Sholat Tahajud

Setelah melakukan Sholat Tahajud, kamu bisa berzikir dan membaca doa setelah Sholat Tahajud, seperti berikut ini. 

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Arti dari Doa Sholat Tahajud:

"Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

BACA JUGA: Bacaan Doa Sambut Ramadan 2022 Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, Biar Puasa Lebih Afdhal Gaes!

Itulah bacaan niat dan doa Sholat Tahajud yang disajikan lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya. 




Sholat TahajudRamadan 2022Bacaan Niat Sholat TahajudBacaan Doa Sholat TahajudDoa Sholat TahajudTata Cara Sholat TahajudKeistimewaan Sholat Tahajud

Share to: