Bacaan Takbiran Idul Fitri 2022/1443 H Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Takbiran Idul Fitri 2022/1443 H Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Takbiran Idul Fitri 2022/1443 H Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Ilustrasi Takbiran Idul Fitri 2022/1443 H (Foto: Pixabay)


Ini dia bacaan takbiran Idul Fitri 2022/1443 H yang disajikan lengkap dengan Arab, Latin, dan artinya. 

Bacaan takbir adalah seruan atas kebesaran Allah SWT yang biasa diucapkan umat muslim. Bacaan takbir juga sering terdengar saat malam takbiran atau malam sebelum Idul Fitri 2022/1443 H. 

Umat muslim memang dianjurkan untuk membacakan lantunan takbir untuk menyambur Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut juga sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW seperti dalam hadis berikut. 

"Nabi SAW keluar rumah menuju lapangan kemudian beliau bertakbir hingga tiba di lapangan. Beliau tetap bertakbir sampai sholat selesai. Setelah menyelesaikan shalat, beliau menghentikan takbir" (HR Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf). 

Ini dia bacaan takbiran Idul Fitri 2022/1443 H. 

Bacaan takbir

اللهُ اكبَرْ, اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُوَِللهِ الحَمْد

Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil-hamd.

Arti bacaan takbir:

Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah.

Bacaan takbiran panjang

اللهُ اكبَرْ كبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا, لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه, مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن, وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون, وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن, وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن, لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه, صَدَق ُوَعْدَه, وَنَصَرَ عبْدَه, وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه, لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْ

Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. allaahu akbar wa lillaahilhamd.allaahu akbar kabiiraw wal hamdu lillaahi katsiiraa wasubhaanallaahibukrataw wa ashiilaa. laa ilaaha illallaahu walaa na'budu illaa iyyaahu mukhlishiina lahud-diina walau karihal kaafiruun. laa ilaaha illallaahu wahdahu shadaqa wa'dahu wa nashara abdahu wa a'azza jundahu wa hazamalahzaaba wahdah. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. allaahu akbar wa lillaahil-hamd.

Arti bacaan takbir:

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah. Allah Maha Besar dan aku mengagungkan Allah dengan besar-besar keagungan. Segala puji bagi Allah dan kami memuji Allah sebanyak-banyaknya. Maha Suci Allah pada pagi dan petang, tidak ada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang kami sembah kecuali hanya Allah, dengan ikhlas kami beragama kepadanya, walaupun orang-orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan melainkan allah sendirinya, benar janjinya, dan dia menolong hambanya, dan dia mengusir musuh nabinya dengan sendirinya, tidak ada tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan bagi-Nya segala puji."

Itulah bacaan takbiran Idul Fitri 2022/1443 H yang disajikan lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya.




Idul Fitri 2022Bacaan Takbir Idul Fitri 2022Takbiran Idul Fitri 2022Bacaan Takbiran Idul Fitri 2022Bacaan Arab TakbiranArti dan Terjemahan takbiran

Share to: