5 Makanan Khas Lebaran yang Paling Populer, Dari Ketupat Hingga Sambal Goreng Ati

5 Makanan Khas Lebaran yang Paling Populer, Dari Ketupat Hingga Sambal Goreng Ati

5 Makanan Khas Lebaran yang Paling Populer, Dari Ketupat Hingga Sambal Goreng Ati

Kolase Foto Makanan Khas Lebaran yang Paling Populer (Foto: iStock)


Ini dia makanan khas lebaran yang paling populer di Indonesia. Dari mulai ketupat hingga sambal goreng ati gaes. 

Momen lebaran selalu menjadi momen menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh umat muslim Indonesia. Pada momen inilah umat muslim berkumpul dengan keluarganya untuk saling bermaaf-maafan. 

Momen lebaran juga makin spesial dengan adanya makanan-makanan khas dan ikonik yang sering dihidangkan oleh tiap rumah. Beberapa makanan pun terbilang wajib ada saat lebaran. 

Ini dia 5 makanan khas lebaran yang paling populer di kalangan masyarakat, dari mulai ketupat hingga sambal goreng ati.

1. Ketupat

Ketupat adalah salah satu makanan khas yang selalu ditemui saat lebaran. Lebaran sendiri sangat identik dengan ketupat, tak heran ketupat juga menjadi ikon atau ornamen yang menandai hadirnya Hari Raya Idul Fitri.

Ketupat adalah beras yang dimasak dalam bungkusan daun kelapa muda. Ketupat salah satu hidangan yang wajib ada saat momen lebaran gaes. 

2. Opor Ayam

Tak hanya ketupat, opor ayam juga menjadi hidangan khas lebaran yang nggak boleh terlewat. Biasanya, ketupat dihidangkan bersama opor ayam dan menu lainnya. 

BACA JUGA: Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Kreni Daging, Hidangan Pelengkap Untuk Menu Lebaran

3. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati atau sambal goreng kentang ati juga nggak kalah enak nih. Serupa dengan opor ayam, sambal goreng ati juga kerap disajikan bersama ketupat sebagai lauk. 

4. Kue-kue kering

Nah ini nih salah satu makanan yang pasti ditemui saat lebara, apalagi kalau bukan kue-kue kering. Beberapa Kue-kue kering yang selalu ada di tiap rumah adalah nastar, kastengel, kue putri salju, dan masih banyak lagi gaes. Kue-kue kering ini cocok disajikan bersama teh hangat nih.

5. Rendang

Terakhir, hidangan yang hadir di momen lebaran adalah rendang. Rendang sendiri adalah makanan khas Padang yang sangat populer dan kerap disajikan di momen lebaran lho. 

BACA JUGA: Resep dan Cara Membuat Ayam Woku Khas Manado, Menu Hidangan yang Wajib Ada saat Lebaran

Nah itulah 5 makanan khas lebaran yang paling populer di kalangan masyarakat, dari mulai ketupat hingga sambal goreng ati.




makanan khas lebaran5 makanan khas lebaranmakanan lebaran paling populerrendangketupatopor ayamsambal goreng atikue kue lebaran

Share to: