Apakah Mencicipi Makanan Bikin Puasa Batal? Ini Hukum dan Penjelasan dari Buya Yahya

Apakah Mencicipi Makanan Bikin Puasa Batal? Ini Hukum dan Penjelasan dari Buya Yahya

Apakah Mencicipi Makanan Bikin Puasa Batal? Ini Hukum dan Penjelasan dari Buya Yahya

Penjelasan Buya Yahya tentang mencicipi makanan ketika berpuasa


Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika bulan Ramadhan, yaitu tentang mencicipi makanan ketika sedang melakukan ibadah puasa. Apakah hal tersebut dapat membatalkan puasa atau tidak?

Sebagaimana kita ketahui, ibadah puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim di seluruh dunia. Puasa yang kita lakukan sebulan penuh ini  merupakan salah satu ritual keagamaan yang mestinya dilakukan apabila tidak sedang dalam kondisi yang dikecualikan untuk menggugurkan kewajiban tersebut.

Baca Juga: Apakah Menelan Ludah dan Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Lengkapnya Gaes!

kali ini tim kuyou.id akan membahas tentang penjelasan terkait salah satu hukum fiqih terkait seseorang yang sedang melakukan ibadah puasa, kemudian mencicipi masakan apakah puasanya akan batal?

Nah buat kamu yang ingin tahu, berikut ini penjelasan yang berikan oleh buya yahya terkait hal tersebut.

Hukum Mencicipi Makanan Ketika Berpuasa

Menyajikan hidangan berbuka tentunya menjadi salah satu rutinitas yang biasa dilakukan, khususnya bagi para ibu rumah tangga yang akan menyiapkan hidangan berbuka untuk keluarganya.

Nah, lantas apakah mencicipi makanan untuk hidangan puasa dapat membatalkan ibadah puasa?

Terkait hal ini Buya Yahya sudah memberikan penjelasannya dalam unggahan video yang banyak beredar. 

Buya Yahya memberikan penjelasan bahwa mencicipi makanan untuk memastikan makanan itu memiliki cita rasa yang pas tidak akan membatalkan puasa, tentunya dengan catatan tidak menelannya.

"Ibu cicipi sayur biar pun satu timba tidak batal. Asalkan jangan ditelan," Ungkap Buya Yahya dalam salah satu video yang tersebar luas.

Buya juga menjelaskan, bahwa hal tersebut sudah ada aturannya dalam hukum fiqih Islam. Sedangkan, adanya ilmu fiqih yaitu untuk memberikan penjelasan soal ibadah ritual yang kita lakukan.

"Jangan pusing, belajar fiqih itu yang gampang. Jangan susah-susah, pokoknya jangan ditelan," tegasnya. 

Cara Mencicipi Makanan Ketika Berpuasa

Adapun dalam ilmu fiqih yang turut diterangkan oleh Buya, ia juga memberikan contoh tata cara mencicipi masakan ketika sedang berpuasa.

"Mencicipi itu maksudnya itu hanya dirasakan di lidahnya. Setelah itu dilepeh, dibuang. Jangan ditelan, baik, selesai," lanjutnya.

Selain itu Buya Yahya juga menjelaskan untuk mengantisipasi agar makanan tersebut tidak tertelan ada baiknya langsung berkumur dengan air bersih sehingga tidak meninggalkan sisa rasa yang tertinggal di  lidah.

Jadi, pada intinya mencicipi masakan ketika sedang melakukan ibadah puasa tidak dapat membatalkan ibadah puasa. Tentunya dengan catatan tidak sampai tertelan dan masuk tenggorokan.

Video Penjelasan Buya Yahya

adapun buat kamu yang mau simak langsung berikut ini video penjelasan dari Buya Yahya.

Penjelasan Buya Bahya 




Buya YahyaMencicipi MakananBikin Puasa BatalPenjelasan Buya YahyaRamadhanPuasa

Share to: