20 Mei 2022 Adalah Hari Kebangkitan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

20 Mei 2022 Adalah Hari Kebangkitan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

20 Mei 2022 Adalah Hari Kebangkitan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Foto Mahasiswa Stovia Pendiri Boedi Oetomo (Foto: Kemdikbud.go.id)


20 Mei 2022 adalah Hari Kebangkitan Nasional atau yang dikenal dengan Harkitnas. Simak yuk fakta sejarah dan ulasan lengkapnya berikut ini. 

Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas diperingati bersamaan dengan lahirnya organiasai bernama Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. 

Organisasi tersebut adalah organisasi perjuangan dalam melawan penjajah Belanda dan menjadi pelopor kebangkitan Nasional. 

Organisasi Boedi Oetomo sendiri dibentuk oleh dr Soetomo dan para mahasiswa STOVIA lainnya. Organisasi ini menjadi organisasi modern pertama di Indonesia yang menanamkan rasa nasionalisme. 

BACA JUGA: 15 Link Twibbon Bingkai Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022, Untuk Profil WA dan Facebook

Bagi kamu yang masik penasaran dengan Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas yang jatuh pada 20 Mei ini, simak ulasannya berikut ini. 

Fakta sejarah Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas

Dilansir dari artikel bertajuk 'Rekonstruksi Sejarah Kebangkitan Nasional', Presiden Soekarno adalah orang pertama yang mencetuskan hari didirikanya organisasi Boedi Oetomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 

Hari Kebangkitan Nasional itu sendiri mulai diperingati pada 20 Mei 1948 di Istana Kepresidenan. Saat itu, Presiden Soekarno memberikan pidato tentang kebangkitan Nasional. Sayangnya, tak ada informasi jelas terkait detail isi pidato tersebut. 

Pidato tersebut disiarkan melalui radio maupun media massa. Dari situlah para pendengar radio dan media massa menyimpulkan bahwa pada hari itu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 

Bung Karno sendiri menilai bahwa Boedi Oetomo menjadi organisasi yang mempu membakar semangat masyarakat Indonesia melwan penjajahan saat itu. Lebih dari itu, organisasi tersebut juga menjadi awal kebangkitan Nasional untuk mengusir penjajah.

Pasalnya, Boedi Oetomo menjadi motor penggerak lahirnya organisasi serupa, dari mulai Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Indische Partij. Hal ini jadi membuka jalan bagi masyarakat untuk ikut aktif terlibat dalam kebangkitan Nasional itu sendiri. 

BACA JUGA: 16 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Raya Waisak, Ini Fakta Sejarah dan Ulasannya

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022

Pada tahun 2022 ini, Hari Kebangkitan Nasional diperingati untuk ke-114 kalinya. Dilansir dari laman Kemendikbudristek, tema Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022 ini adalah 'Ayo Bangkit Bersama'. 

Tema Ayo Bangkit Bersama ini menggambarkan upaya masyarakat Indonesia untuk saling menguatkan dan gotong royong untuk memulihkan kondisi Negeri kita pasca pandemi Covid-19 yang menyerang beberapa tahun belakangan. 

Biasanya, peringatan Hari Kebangkitan Nasional dilakukan dengan upacara dan ziarah ke makam pendiri Boedi Oetomo, salah satunya dr Soetomo di Surabaya. 

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa merayakan Hari Kebangkitan Nasional 2022 dengan mengunggah kalimat motivasi membangun negeri hingga foto maupun twibbon Hari Kebangkitan Nasional. 

BACA JUGA: 9 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Kemenangan Rusia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Nah itulah fakta sejarah dan ulasan lengkap terkait Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap 20 Mei. 




Hari Kebangkitan NasionalHari Kebangkitan Nasional 2022Sejarah Hari Kebangkitan Nasionalfakta sejarah Hari Kebangkitan Nasionalulasan lengkap Hari Kebangkitan Nasionalulasan Hari Kebangkitan Nasional20 Mei 2022 hari apa20 Mei hari apaTwibbon Hari Kebangkitan Nasional

Share to: